28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 19, 2024

Simak Tips Cara Memilih Power Bank Terbaik dan Berkualitas

Teknologi.info – Sebesar apapun kapasitas baterai yang diberikan pada sebuah ponsel pintar, tetap saja akan habis. Apalagi bagi para pemain game mobile online yang bisa berjam-jam atau hanya sekedar urusan pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu terkoneksi ke internet dengan multiple task yang cukup banyak; dan kesemuanya dikerjakan oleh si smartphone. Sehingga, keberadaan Powerbank ini cukup membantu bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi atau bagi mereka yang memiliki kapasitas baterai yang tidak sesuai dengan aktivitasnya.

Mungkin ada sebagian terbersit pertanyaan, mengapa baterai smartphone cepat sekali habis? Berbeda dengan zaman dulu sewaktu layar masih monokrom di mana ponsel hanya digunakan untuk telepon dan sms atau hanya bermain snake, saat ini hampir semua ponsel pintar pasti terhubung ke jaringan internet. Semakin sinyal turun-naik dalam menangkap jaringan yang ada, semakin keras juga kerja daya baterai. Makanya, jika menggunakan koneksi WIFI yang terbilang stabil, baterai cukup bisa bertahan lebih lama daripada menggunakan jaringan GSM/EDGE/3G/HSDPA/4G.

Memang tidak melulu hanya masalah koneksi, masih banyak yang mempengaruhi kenapa baterai cepat habis seperti, banyaknya program yang berjalan, kapasitas baterai, ketajaman dan kecerahan warna layar, aktivitas browsing atau memainkan musik dan video serta lain-lain. Maka dari itu keberadaan PowerBank ini merupakan solusi portable yang cukup efektif.

Di market Indonesia, ada berbagai merek, ragam, corak, ukuran, kapasitas hingga warna Power Bank saat ini. Akan tetapi, yang manakah yang sesuai dengan keinginan Anda? Bagaimana mengetahui sebuah power bank tersebut berkualitas? Seperti apa Power Bank terbaik yang ada di pasaran saat ini?

Tips Menentukan PowerBank Terbaik-Berkualitas

1. Kapasitas

Ini hal yang utama jika Anda ingin membeli power bank. Lihat berapa daya tampungnya. Jika 10000mAH dan kapasitas baterai smartphone Anda adalah 2500mAH, maka setidaknya dalam 1 kali isi penuh, power bank 10000mAH ini mampu menjadi backup hingga 4 kali jika baterai ponsel habis (meskipun pada prakteknya mungkin hanya 3 kali lebih sedikit saja).

Waspada terhadap power bank yang mengatakan kapasitas besar, ternyata isinya kecil. Belilah di toko-toko yang sudah Anda percayai. Bahkan, jika perlu buat perjanjian jika ternyata yang mereka jual hanya “pajangan” angka saja, bukan kapasitas sebenarnya. Jadi semacam garansi.

2. Fitur

Power Bank yang baik paling tidak memiliki 3 buah fitur keselamatan, yakni:

  1. Short Circuit, yang berfungsi memutuskan arus jika ada konslet listrik
  2. Over Charge, yang berguna jika kita kelupaan mencabut arus listrik ketika power bank sudah terisi penuh. Jika tidak ada ini, bukan tidak mungkin power bank akan “bengkak” atau paling parah meledak.
  3. High Temperature, alias memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi atau bisa meminimalisir panas yang terjadi ketika proses pengisian berlangsung.

3. Bentuk – Model

Sepintas bentuk atau model powerbank tidaklah menjadi kendala. Akan tetapi, powerbank yang bagus memiliki material yang berkualitas di luarnya. Anda bisa membedakan dengan cara memegangnya langsung. Selain itu, untuk ukuran bentuk dan model, sebaiknya disesuaikan dengan keperluan. Jangan sampai Anda membeli power bank yang bentuknya terlalu besar atau panjang sehingga malah menyulitkan ketika membawanya.

4. Kelengkapan dalam Penjualan

Pastikan power bank yang akan kita beli memiliki kelengkapan sesuai dengan spesifikasi ataupun yang tertera dalam dusnya. Kelengkapan ini meliputi kabel USB, buku petunjuk atau jika perlu ada kartu garansinya.

5. Merek

Merek memang tidak 100% menjamin. Akan tetapi, yang tidak bermerek atau dengan nama yang tidak familiar tentu malah tidak menjamin sama sekali. Anda boleh cari-cari review power bank dengan merek-merek yang ada di pasaran.

Demikian yang bisa kami sampaikan. Sebisa mungkin, hindari membeli power bank bekas (second hand) karena kita tidak tahu histori power bank tersebut. Yang jelas, kemampuannya sudah berkurang daripada yang baru.

Kalau Anda, apa yang diperhatikan ketika ingin membeli power bank yang berkualitas dan terbaik bagi Anda? Silakan berbagi tips-trik Anda di kolom komentar di bawah 😉

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?