28.6 C
Banjarmasin
Jumat, Mei 24, 2024

5 PC Desktop Terbaik untuk Programmer atau Coding di Tahun 2023

Teknologi.info – Bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi, layar yang lebih besar dengan kualitas hampir sebanding dengan laptop adalah suatu keharusan. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari coding dengan bahasa seperti pHP, Python, C++, dan lain-lain hingga aktivitas teknis lainnya seperti desain UI/UX, pengeditan video, dan desain grafis.

Tentu saja, layar besar dengan resolusi tinggi dan kinerja optimal sangat diperlukan untuk merender pekerjaan dengan baik, meningkatkan keterbacaan, memberikan kenyamanan (tanpa perlu zoom untuk melihat kode), dan sebagainya. Laptop dan desktop bisa terhubung dengan atau tanpa kabel, memungkinkan Anda melakukan coding dengan keyboard laptop sambil melihat kode di layar desktop.

Hal ini menjadi semakin penting, terutama jika Anda sering bekerja dari rumah atau sebagai programmer lepas (freelancer). Sebagai contoh, bagi mereka yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, membuka minimal 2 hingga 3 tab berbeda yang harus terus-menerus di-switch adalah hal umum. Termasuk di antaranya adalah IDE (Integrated Development Environment), jendela untuk menguji hasil coding, halaman web untuk mencari sumber daya online, dan jendela untuk komunikasi terus-menerus dengan klien, yang semuanya membuat proses peralihan antar tugas menjadi lebih mudah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 PC Desktop Terbaik yang sangat cocok untuk programmer atau kegiatan coding. Kami juga akan membahas tips tentang bagaimana memilih desktop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Lenovo IdeaCenter AIO3 24ALC6

LENOVO IDEACENTRE AIO 3 24ALC6 RYZEN 5 5500U 8GB 512GB SSD AMD RADEON
Pilihan Terbaik untuk Pengalaman Visual Optimal

Dengan layar FHD 23,8 inci (1920 x 1080) yang tidak mendukung sentuhan, Lenovo IdeaCentre AIO3 menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Dengan tiga sisi bezel rendah pada layar FHD, Anda dapat melihat lebih banyak dari layar dari hampir setiap sudut. IdeaCentre AIO3 juga menyuguhkan kualitas audio tinggi melalui dua speaker stereo 3W, menghadirkan suara yang tajam dan jelas.

Layar ini memiliki kecerahan sebesar 250 nits, standar umum pada all-in-one dengan anggaran terbatas dan laptop tingkat pemula. Namun, Anda akan mendapatkan layar yang lebih besar dengan warna yang lebih cerah, serta audio yang lebih jelas, memberikan suara yang kaya dan jernih. Dengan penyimpanan 256GB SSD dan RAM 8GB, Anda dapat menyimpan koleksi media seluruh keluarga dengan cepat, serta mendapatkan waktu boot dan transfer data yang efisien. IdeaCentre AIO3 mampu menghadapi tuntutan kinerja tinggi berkat CPU AMD Ryzen 5 5500U.

Kamera tersembunyi di bagian atas AIO3 memiliki resolusi hingga 5M, memberikan keaslian pada obrolan video atau konferensi. Berbagai koneksi, termasuk dua port USB 2.0, dua port USB 3.2 Gen 2 Type-A, satu port LAN 1000, satu Power DC Jack, dan satu HDMI-out, semuanya hadir dengan kecepatan transfer yang efektif. Cek Ketersediaan.

2. HP AIO 24-CB1017D

DESKTOP PC AIO HP 24-CB1017D - i5-1235U 8 512 TS23.8 W11 OHS 742M8PA
Performa Cepat untuk Pengalaman Pemrograman yang Lebih Baik

Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i5-1235U yang tangguh dengan kecepatan hingga 4.4 GHz menggunakan Intel® Turbo Boost Technology, desktop HP 24 inci menawarkan pengalaman pemrograman yang sangat responsif. Layar FHD (1920 x 1080) VA tiga sisi micro-edge dengan anti-glare memberikan tampilan yang jernih dan nyaman.

Spesifikasi lainnya meliputi RAM 8 GB DDR4-3200 MHz untuk multitasking yang lancar, penyimpanan SSD Intel® PCIe® NVMe™ sebesar 512 GB untuk kecepatan akses data yang tinggi, dan grafis Intel® Iris® Xᵉ untuk kinerja visual yang optimal. Keyboard dan mouse kabel berwarna putih menambah keindahan dan kenyamanan dalam penggunaan.

Dengan konektivitas termasuk Wi-Fi Realtek RTL8822CE 802.11a/b/g/n/ac (2×2) dan Bluetooth® 5 combo, desktop ini memberikan fleksibilitas dalam mengakses jaringan dan perangkat nirkabel. Webcam HP Wide Vision 1080p FHD IR privacy dengan mikrofon digital terintegrasi memastikan komunikasi yang jelas dalam sesi pemrograman.

Port yang tersedia mencakup 1 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps, 2 USB 2.0 Type-A, dan 1 RJ-45 untuk konektivitas yang luas. Dengan adaptor daya pintar 65 W, desktop ini efisien dalam penggunaan energi. Sistem operasi Windows 11 Home + OHS menjamin pengalaman pengguna yang canggih dan up-to-date.

Desktop ini dirancang untuk memberikan kombinasi kuat antara kinerja tinggi dan desain yang menawan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk kebutuhan pemrograman dan produktivitas Anda. Cek Harga Terbaru.

3. DELL Inspiron 24 AIO PC 5415

DELL Inspiron 24 AlO 5415 Ryzen 3 5425U 16GB 256GB SSD Win11 OHS 23,8
Daya dan Keindahan dalam Satu Desain

Dengan resolusi Full HD asli 1920 x 1080 dan layar sentuh 23,8 inci, Dell Inspiron 24 Model 5415 meningkatkan warna dan ketajaman dalam game serta film HD Anda. Teknologi anti-glare mengurangi pantulan silau dan mirip cermin.

Karena layarnya menyatukan seluruh komputer, Anda mendapatkan semua kekuatan PC dalam desain yang ramping dengan sedikit kabel, sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak ruang berkat desain all-in-one-nya. Untuk multitasking intensif dan bahkan gaming, direkomendasikan menggunakan 16GB memori sistem, tetapi jika hanya untuk coding, 8GB sudah cukup. RAM DDR4 memiliki bandwidth cepat untuk menjalankan game PC bergrafis tinggi dan perangkat lunak pengeditan video, serta banyak aplikasi dan tab browser secara bersamaan.

Kombinasi ruang penyimpanan dan kecepatan disediakan oleh hard drive 1TB dan solid-state drive (SSD) 256GB. Hard drive menawarkan penyimpanan yang cukup, sementara SSD memungkinkan waktu boot-up dan akses data yang lebih cepat. CPU dilengkapi dengan kinerja pemrosesan delapan arah dari prosesor quad-core cerdas. Ketika Anda membutuhkan daya tambahan, Teknologi Intel Turbo Boost menyediakannya, sambil meningkatkan efisiensi energi saat tidak digunakan.

Baca juga: PC Desktop Terbaik untuk Gaming

Keyboard bergaya pulau, memberikan pengalaman mengetik yang elegan dan cepat. Suara yang luar biasa, beragam konektivitas, dan kecepatan transfer file yang tinggi adalah beberapa fitur yang sering diabaikan dalam perangkat ini. Ini bukan hanya mesin untuk pemrograman, tetapi juga untuk gaming. Cek Harga Terkini.

4. Acer Aspire C27

Acer Aspire Thin Aio C27-1655 i5-1135G7 8GB 512 SSD Nivida MX330 W10
Kinerja Tinggi dalam Desain Elegan

Didukung oleh prosesor Intel Core i5-1135G7 2666MHz – hingga 4.20 GHz, dengan 4 inti, 8 utas, dan 8 MB Intel Smart Cache – Acer Aspire C27 membawa kinerja ke level tertinggi. Layar IPS LED-backlit Full HD 27,0 inci dengan grafis Iris Xe dari Intel menampilkan visual yang memukau. Memori DDR4 sebesar 12GB dan SSD M.2 NVMe 512GB memberikan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang optimal.

Windows 10 Home sudah termasuk, dengan kelayakan untuk upgrade ke Windows 11. Berbicara dengan klien Anda menjadi lebih jelas dengan webcam HD yang dilengkapi dengan 2 mikrofon stereo. Selain itu, disertakan juga keyboard dan mouse nirkabel untuk mengetik dan navigasi yang cepat.

Konektivitas yang didukung meliputi; Wi-Fi 6 AX201 802.11ax Dual-Band 2.4GHz dan 5GHz Intel Wireless, Bluetooth 5.2, LAN, 4 port USB 3.2 (Type A) Gen 2 (di bagian belakang), 1 port HDMI-out (di bagian belakang), dan kamera HD 1.0 MP terintegrasi. Bukan hanya karena desainnya yang elegan, kemampuan multitasking, tetapi juga karena harganya yang terjangkau, Acer Aspire C27 layak dipertimbangkan. Cek Harga Promo.

5. iMac 24 inci 2021

New iMac M1 Chip 4.5K 2021 24
Desain Elegan, Performa Unggul

Sistem suara dengan enam speaker memberikan pengalaman mendengarkan yang kuat dan berkualitas tinggi. Penyimpanan SSD ultra cepat hingga 512GB memastikan kecepatan dan responsivitas tinggi.

Seperti kebanyakan Macbook, terdapat dua port Thunderbolt/USB 4, serta hingga dua port USB 3. Koneksi nirkabel Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0 memberikan konektivitas tanpa kabel yang andal. Termasuk dalam paketnya adalah Magic Mouse dan Magic Keyboard dalam warna yang serasi.

Layar Retina 4.5K 24 inci yang immersif dengan kecerahan 500 nits dan gamut warna P3 lebar. Prosesor M1 Apple dengan CPU 8-core dan GPU 7-core memberikan kinerja yang luar biasa. Desainnya yang berkilau dengan ketebalan yang sangat tipis, hanya 11,5 mm, menambah kesan elegan. Kamera FaceTime HD dengan resolusi 1080p dan M1 ISP untuk kualitas video yang luar biasa. iMac 24inch 2021 tidak hanya menonjol dalam desainnya yang menakjubkan, tetapi juga memberikan performa yang unggul. Dapatkan produknya di sini.

Punya dana berlebih? Bisa ambil versi iMac M3 2023-nya.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli PC Desktop di Tahun 2023

Sebelum memilih desktop untuk kebutuhan pemrograman Anda di tahun 2023, sangat penting untuk memperhatikan empat spesifikasi teknis utama: Resolusi Layar, RAM & ROM, CPU & GPU, dan Pembaruan OS.

Baca juga: Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Resolusi Layar Monitor

Resolusi layar menentukan seberapa jelas teks dan gambar yang ditampilkan. Resolusi tinggi, seperti 1600 x 1200 piksel, menghasilkan gambar yang lebih tajam dan memungkinkan tampilan lebih banyak konten. Piksel per inci (PPI) adalah ukuran kerapatan piksel, berkontribusi pada kualitas gambar. Resolusi seperti High Definition (HD), Ultra HD, 2K Quad HD, dan 4K Quad HD umum, dengan rekomendasi minimum 1080p untuk desktop yang sangat baik pada dekade ini.

RAM dan ROM

RAM (Read Access Memory) adalah penyimpanan jangka pendek untuk proses operasional, dan lebih banyak RAM memungkinkan multitasking yang lebih lancar. ROM (Random Access Memory) adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk sistem operasi, perangkat lunak, dan file. Pertimbangkan kebutuhan Anda—8GB/256GB SSD untuk kegiatan sekolah, 8/16GB RAM, dan 512GB SSD untuk pemrograman/gaming.

CPU

CPU (Central Processing Unit) atau prosesor adalah komponen penting. Chip inti Intel umum, tetapi CPU internal semakin umum. AMD, Apple, inti Intel, dan Qualcomm memproduksi CPU, dengan perbedaan kecepatan, ukuran cache, ukuran proses, jenis soket, kemampuan dual-core, dan dukungan bit. GPU (Graphics Processing Unit) penting untuk gaming.

Pembaruan OS

Sistem operasi (OS) mengontrol alokasi sumber daya. Periksa kemampuan desktop untuk diupgrade; biasanya, memakan waktu 7-10 tahun sebelum sebuah komputer menjadi tidak memenuhi syarat untuk pembaruan OS terbaru. Pembaruan reguler meningkatkan kinerja, memperkenalkan fitur baru, dan memperkuat keamanan komputer.

Kesimpulan

Bagaimanapun, anggaran/budget biaya adalah segalanya, Anda mungkin mendapatkan semua spesifikasi yang diinginkan, tetapi pastikan tetap sesuai dengan kantong Anda. Ada banyak desktop yang dapat digunakan untuk pemrograman, yang juga tercantum dalam posting ini. Merek tidak selalu menjadi hal terpenting, fokus pada kemampuan teknis dan operasional yang sebaiknya menjadi prioritas utama. Cek juga Rekomendasi PC Desktop Rakitan yang kami tulis sebelumnya.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?