Microsoft dalam Negosiasi untuk Akuisisi Discord senilai $10 miliar?

Discord merupakan layanan obrolan yang berfokus pada game; memiliki 140 juta pengguna di 6,7 juta server.

444
Discord akan diakuisisi Microsoft
Contoh Tampilan Discord dari Team Esport RRQ Official (Rex Regum Qeon)

Teknologi.info – Microsoft dilaporkan dalam tahap akhir dari pembicaraan akuisisi $10 miliar dengan Discord, platform obrolan komunitas yang berfokus pada game, menurut “orang-orang yang mengetahui masalah tersebut” yang tidak disebutkan namanya yang berbicara kepada Bloomberg.

Epic Games dan Amazon juga terlibat dalam pembicaraan akuisisi sebelumnya, menurut sumber Bloomberg. VentureBeat juga melaporkan minggu ini bahwa Discord sedang menjajaki opsi penjualan dengan “banyak pihak.”

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, Discord memungkinkan pengguna individu membuat server publik atau pribadi yang memungkinkan anggota untuk mengobrol dengan orang lain di server itu melalui teks, gambar, suara, dan streaming video langsung. Layanan ini sekarang dilaporkan memiliki 6,7 juta server seperti itu, yang berfungsi sebagai pusat komunikasi terpusat untuk segala hal mulai dari berita resmi dan diskusi dari penerbit game dan organisasi pertandingan multipemain di antara kelompok kecil teman hingga tempat berkumpul siapapun.

Discord dilaporkan memiliki lebih dari 140 juta pengguna bulanan dan 300 juta akun terdaftar. Pada bulan Desember 2020, perusahaan mengumpulkan $140 juta dengan penilaian tersirat sebesar $7 miliar, menurut TechCrunch, lebih dari dua kali lipat penilaiannya dalam waktu kurang dari setahun.

The Wall Street Journal memperkirakan bahwa perusahaan menghasilkan sekitar $130 juta pada tahun 2020, terutama dari penjualan layanan premium $100 per tahun yang disebut Nitro. Kembali pada tahun 2018, Discord juga mulai menawarkan penjualan game langsung melalui platform, ingin menjadi pesaing Steam dan Epic Games Store dengan menawarkan kepada pengembang bagian pendapatan 90 persen. Pada 2019, perusahaan menutup penawaran terpisah yang memberi pelanggan Nitro akses gratis ke sekitar 100 game, dengan alasan penggunaan yang rendah.

Microsoft kurang dari satu tahun dihapus dari penutupan Mixer, platform live streaming yang sangat dipromosikan dan berfokus pada game, yang termasuk kesepakatan eksklusivitas $20 juta dengan Tyler “Ninja” Blevins. Tahun lalu, Microsoft juga dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi jaringan video sosial TikTok.

Microsoft juga memiliki Skype, yang digunakan banyak gamer untuk komunikasi tambahan dalam grup game sebelum Discord menjadi standar. Dan konglomerat teknologi ini menyelesaikan akuisisi Bethesda senilai $7,5 miliar, yang akan mencakup serangkaian game eksklusif untuk platform Microsoft.

Microsoft tampaknya ingin “menguasasi” pasar obrolan gaming kali ini. Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda juga salah satu pengguna Discord? Kami menggunakan Discord saat bermain Mobile Legends dan Among Us (serta game lain!)