28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

7 Cara Nonaktifkan/Mematikan Notifikasi Instagram “Orang yang Mungkin anda Kenal”

Teknologi.info – Apakah Anda saat ini menerima notifikasi “Orang yang mungkin anda kenal” atau “siapa yang mungkin anda kenal ada di Instagram” dan ingin mematikannya? (jika Instagram anda berbahasa Inggris, maka notifnya akan berbunyi “who you might know, is on instagram“)

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana Instagram menyarankan Anda orang-orang yang mungkin ingin Anda ikuti. Dan dalam melakukannya, data apa yang dikumpulkan Instagram. Kami juga akan menuliskan beberapa cara untuk menghilangkan notifikasi “Orang yang mungkin anda kenal” -yang bagi sebagian orang- mengganggu di Instagram.

yang komplain di twitter tentang notif people you may know instagram
yang komplain di twitter tentang notif people you may know instagram

Anda merasa terganggu juga dengan notifikasi ini padahal semua notifikasi sudah dimatikan? Anda tidak sendirian yang menerima dan ingin menghentikan notifikasi “orang yang mungkin anda kenal” di Instagram. Lihat lah tangkapan layar di atas, aslinya sangat banyak jika dicari (kami mencarinya di Twitter)

Arti dari “Orang yang Mungkin anda Kenal di Instagram”

“Orang yang mungkin anda kenal, ada di Instagram” berarti ini adalah saran dari Algoritma Instagram yang mungkin Anda kenal dan ingin berteman dengannya. Orang-orang yang disarankan ini bisa saja merupakan kontak/no hp yang Anda simpan, teman teman, orang di dekat lokasi Anda, teman satu hobi, teman dari Facebook, temannya teman dll.

Instagram sering mengirim notifikasi kepada orang untuk mengikuti orang lain yang mungkin mereka kenal. Hal ini dilakukan karena Instagram bertujuan untuk meningkatkan “Komunikasi dan pembangunan komunitas”. Tetapi pertanyaan utamanya adalah dari mana Instagram mendapatkan informasi tersebut?

Bagaimana Instagram Menyarankan Anda “Orang yang Mungkin anda Kenal”: Data Apa yang Dikumpulkan?

Apakah Anda pernah menyadari bahwa setelah Anda menyukai postingan atau komentar acak di Instagram, kemudian feed Anda terisi dengan konten yang serupa?

Ini berarti bahwa algoritma Instagram mengumpulkan setiap aktivitas kita, seperti postingan apa yang kita sukai, postingan apa yang kita komentari, jenis video apa yang kita tonton, dan lain sebagainya.

Karena Instagram (IG) dimiliki oleh Meta (yang juga pemilik dari Facebook), maka IG juga menyarankan teman dari Facebook dan sebaliknya.

Instagram juga memanfaatkan kontak Anda untuk menyarankan orang yang mungkin ingin Anda ikuti.

Melacak riwayat pencarian, Instagram juga mengirimkan Anda notifikasi untuk mengikuti orang yang Anda cari atau mengunjungi profil mereka berkali-kali.

Instagram juga menyarankan Anda untuk mengikuti orang dari teman-teman Anda.

Memang, Instagram mengumpulkan banyak data lain selain itu, seperti situs yang Anda kunjungi, lokasi, perangkat yang Anda gunakan, dan lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang ini, Anda dapat mengunjungi halaman kebijakan privasi data milik Instagram

Cara Menonaktifkan Notifikasi “Orang yang Mungkin anda Kenal” di Instagram

Terkadang, Instagram bisa saja menyarankan orang yang sebenarnya ingin Anda ikuti. Namun, dalam kebanyakan kasus, orang-orang yang disarankan tersebut bisa saja tidak relevan.

Notifikasi “Orang yang mungkin anda kenal” dan bagiannya di feed sering termasuk orang-orang yang berteman dengan teman-teman Anda, yang ada di kontak di telepon Anda, orang yang postingannya Anda sukai tapi tidak mengikutinya dan orang dari teman-teman yang di Facebook.

Bagi yang merasa terganggu dengan notifikasi saran ini, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkannya:

Matikan “Saran akun serupa” di Instagram

Facebook memiliki pengaturan langsung untuk menonaktifkan notifikasi “Orang yang mungkin”, tetapi Instagram tidak memiliki pengaturan seperti itu.

Namun, ada satu pengaturan di versi web Instagram yang tidak akan mengizinkan akun Anda ditampilkan di bagian teman yang disarankan orang lain. Pengaturan ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi atau sepenuhnya menghentikan notifikasi teman yang disarankan ini.

Catatan: Pengaturan di bawah ini tidak tersedia di Aplikasi Instagram yang ada di smartphone (android atau iOS). Jadi, Anda harus masuk ke Instagram di browser/peramban web.

  1. Langkah 1: Buka instagram.com di peramban di komputer atau laptop (browser smartphone juga bisa sebenarnya jika anda mengatur permintaan versi desktop (Request Desktop Website).
  2. Langkah 2: Masuk ke akun Instagram Anda dengan memasukkan nama pengguna (atau email) dan kata sandi.
  3. Langkah 3: Klik ikon profil Anda, di sudut kanan atas.
  4. Langkah 4: Sekarang, klik opsi “Pengaturan” dari menu drop-down.
  5. Langkah 5: Di sini, di bagian bawah halaman, Anda dapat melihat opsi bernama “Saran akun serupa”.
Similar Account Suggestions People Who You Might Know
Dalam bahasa Indonesia, pengaturan ini tertulis “Saran Akun Serupa“. HIlangkan saja tanda centang-nya

Sampai di sini, cukup dengan menghilangkan centang pada opsi ini untuk menonaktifkan notifikasi orang yang mungkin anda kenal di Instagram, seharusnya sudah menyelesaikan permasalahan notifikasi “orang yang mungkin anda kenal” ini. Tapi jika pengaturan lebih dalam, silakan ikuti langkah selanjutnya.

Buat Akun Instagram Anda Menjadi Pribadi

Anda dapat membuat akun menjadi pribadi (private account). Ini tidak langsung menonaktifkan notifikasi orang yang mungkin anda kenal, tetapi bisa sangat membantu mengurangi jumlah notifikasi yang Anda terima. Berikut adalah pengaturan untuk membuat akun Instagram Anda menjadi pribadi.

  1. Dari halaman utama Instagram, tap profil Anda di pojok kanan bawah.
  2. Sekarang, tap menu hamburger di pojok kanan atas.
  3. Sekarang, tap ikon pengaturan di pojok kanan bawah.
  4. Di sini, tap “Privasi”
  5. Di sini, aktifkan “Akun Pribadi”.

Jangan izinkan Instagram mengakses kontak Anda

Jika Anda telah memberikan izin untuk mengakses kontak Anda di Instagram, itu akan menunjukkan orang-orang yang ada di kontak Anda dengan siapa Anda masih belum berteman di Instagram.

Jadi, bagi anda pengguna anroid, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk “menolak” Instagram bisa mengakses kontak Anda.

  1. Buka pengaturan di telepon Anda.
  2. Sekarang, buka “Apps dan Notifikasi.”
  3. Di sini, temukan Instagram dari daftar aplikasi dan klik di sana.
  4. Sekarang, tap opsi “Izin” yang ada di sini.
  5. Di sini tap “kontak.”
  6. Di menu berikutnya, pilih opsi “Tolak.”

inilah cara Anda dapat membatasi Instagram dari mengakses kontak Anda.

Catatan: Pengaturan ini akan sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda dan versi android yang digunakan.

Bagi pengguna iOS/iPhone, silakan masuk ke setting/pengaturan, lalu ketikkan instagram di kolom pencarian, klik tulisan instagram, dan off-kan akses ke kontak seperti pada gambar di bawah ini:

jangan izinkan instagram akses kontak

Jangan Hubungkan Facebook ke Instagram

Menghubungkan Instagram ke Facebook memiliki banyak manfaat, seperti Anda bisa membagikan postingan di kedua platform pada saat yang sama dari platform manapun. Lalu kemudian pesan (DM) Anda dan Instagram terhubung, dll.

Namun, jika tujuan utama Anda adalah untuk menghilangkan saran “Orang yang Mungkin anda Kenal”, Anda harus memutus hubungan facebook dan instagram di akun anda.

Kebanyakan orang yang disarankan Instagram dan dikirimi notifikasi untuk mengikuti “orang yang mungkin dikenal” adalah orang-orang yang berteman dengan Anda di Facebook tetapi tidak mengikuti mereka di Instagram.

Jadi, jika Anda telah menghubungkan Facebook ke Instagram, Anda harus “memutuskan” hubungan tersebut.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membatalkan link antara Instagram dan Facebook:

  1. Buka profil Anda dan tap (Menu) menu hamburger .
  2. Sekarang, tap Pengaturan.
  3. Tap akun, lalu tap akun yang terhubung.
  4. Tap Facebook kemudian tap Unlink Account (iPhone) atau Unlink (Android).
  5. Untuk mengonfirmasi, tap Ya, Unlink.

Matikan Semua Notifikasi dari Instagram

Jika Anda mencoba semua cara di atas dan masih menerima banyak notifikasi untuk mengikuti orang yang mungkin anda kenal, maka opsi terakhir yang tersisa adalah menonaktifkan semua notifikasi dari Instagram.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan semua notifikasi dari Instagram.

  1. Dari halaman utama Instagram, tap profil Anda di pojok kanan bawah.
  2. Sekarang, tap “Menu Hamburger”
  3. di pojok kanan atas.
  4. Sekarang, tap “Ikon Pengaturan” di pojok kanan bawah.
  5. Di sini, tap “Notifikasi”.
  6. Sekarang, aktifkan opsi “Pause All”.

Catatan: Ini akan menonaktifkan semua notifikasi Instagram Anda, termasuk pesan, sukai, komentar, cerita, reel dll.

Hapus kontak yang tidak diinginkan di daftar kontak Anda

Karena Instagram menyarankan “orang yang mungkin anda kenal” dari kontak Anda, maka Anda mungkin ingin “menyingkirkan” kontak yang tidak diinginkan yang tersimpan di telepon atau akun Google Anda.

Jadi, hapus nomor orang dari kontak Anda yang tidak ingin Anda berteman dengannya.

Unfollow/”Batalkan ikuti” orang-orang random di Instagram

Kebanyakan orang mengikuti banyak pengguna yang tidak dikenal di Instagram, entah untuk meningkatkan jumlah pengikut mereka atau untuk berteman dengan orang baru.

Jadi, jika Anda juga telah mengikuti orang-orang secara acak di Instagram, Anda mungkin bisa unfollow akun-akun yang tidak anda kenal sama sekali untuk menghindari saran yang tidak perlu dari Instagram.

Batasi orang yang Anda ikuti di Instagram hanya pada pengguna yang Anda kenal secara pribadi.

Kesimpulan

Dengan semua cara di atas, masih tidak ada pengaturan khusus di Instagram untuk menonaktifkan notifikasi saran “Orang yang Mungkin anda Kenal” secara langsung. Namun, Anda dapat mengikuti cara di atas untuk mengurangi frekuensi notifikasi -yang katanya- mengganggu ini.

Jika Anda mengalami notifikasi ini di Facebook, Anda dapat menonaktifkannya dengan masuk ke pengaturan -> Pengaturan Notifikasi -> Orang yang Mungkin anda Kenal -> matikan.

Jika Instagram memberikan tombol langsung untuk menonaktifkan notifikasi “Orang yang anda Kenal” di masa depan, kami akan memperbarui posting ini. Jadi, pantau terus dan jangan lupa follow kami di Google (tekan tanda bintang) 😉

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!