28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

Cara Hack Akun Facebook Orang Lain dan Pencegahannya

Dengan mempelajari cara orang meng-hack akun Facebook (FB), kita bisa belajar cara memperkuat akun Facebook milik kita.

Teknologi.info – Cari-cari cara hack Facebook orang lain merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Hal ini biasanya dilakukan untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan norma atau hanya sekedar untuk mengganggu orang lain, yang tentu saja merupakan pelanggaran terhadap privasi. Namun, terkadang orang-orang yang melakukan hack Facebook harus melakukannya demi membuktikan rumor buruk yang mereka terima atau karena merasa perlu untuk mengawasi kegiatan anak-anak mereka. Meskipun tidak etis, dalam keadaan darurat, Anda mungkin dapat mencoba beberapa cara hack Facebook yang disebutkan dalam artikel ini. Namun, harap hanya gunakan untuk keperluan yang sangat mendesak.

PERHATIAN!!!

Pembahasan cara di sini bukan untuk mengajari kalian bagaimana cara hack Facebook orang lain, tapi hanya sebagai edukasi saja agar kamu lebih aware dengan keamanan akun pribadimu.

Cara Hack dengan Metode Lupa Password

Lupa Kata Sandi Forgotten Password Log In Facebook

Pada dasarnya, metode hack Facebook lupa password dilakukan ketika pemilik akun Facebook mencoba untuk mengakses akun pribadinya namun tidak ingat password yang dulu telah dibuatnya.

Cara menghack Facebook orang yang tidak dikenal cukup sulit karena memerlukan akses ke email atau nomor telepon orang tersebut dan terdapat beberapa tahap identifikasi untuk memverifikasi kebenaran dari si pemilik email atau nomor hp yang terkait dengan akun Facebook tersebut.

Meskipun terbilang sulit, namun ada saja celah yang bisa digunakan oleh orang-orang iseng. Anda bisa mempelajarinya untuk lebih mengamankan akun anda atau orang dekat anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan dalam proses hack akun Facebook.

Alur Hack Melalui Lupa Kata Sandi

  1. Masuk ke menu “Lupa Kata Sandi”
    Hacker wajib tahu alamat email ataupun nomor hp yang digunakan target untuk selanjutnya akan dimasukan ke kolom email atau nomor hp.
  2. Mencoba Reset Kata Sandi
    Hacker yang sudah tahu email target, akan menemui halaman konfirmasi. Jika akun anda diatur untuk mengirimkan kode keamanan jika ingin reset password, anda bisa sedikit lega.
    Kode Lupa Kata Sandi Tidak Dapat Masuk Facebook
  3. Akan berbeda cerita jika hacker tahu password email. Itu sebabnya, hindari menggunakan password yang sama untuk semua akun di internet anda. Jika ada kebocoran data, habis lah sudah akun-akun kita.
  4. Dalam kasus tertentu, hacker sebelumnya sudah “mengintai” target, bisa dengan pendekatan sosial atau mengirimkan aplikasi (APK) yang bisa merekam aktivitas smartphone kita (hingga kalau ada sms masuk, sang hacker pun ikut tahu, sehingga bisa menggunakan  “metoder Kirim kode melalui SMS“).
  5. Jika hacker tidak memiliki akses ke kedua opsi di ataas, dia akan mencoba untuk menggunakan menu “Tidak punya akses ke data ini lagi?”
    Kami tidak mengenali perangkat anda coba lagi
  6. Jika saat diklik, hasilnya adalah gambar di atas, anda masih aman dari serangan pembobol akun FB.
  7. Hacker biasanya akan mencoba menebak password langsung dari halaman login facebook. Bisa mencoba kombinasi tanggal lahir, kota dan lain sebagainya.

Sampai di sini, kita bisa lihat bahwa cara hack menggunakan metode lupa password ini sangatlah sulit. Terlalu banyak faktor untuk menggagalkannya. TERKECUALI akun FB target sangat ceroboh (tidak mensetting kode verifikasi email dan SMS).

Cara Hack FB dengan Keylogger dan Hoverwatch

Cara ini membutuhkan syarat: Hacker berhasil memasang Keylogger di komputer atau laptop target. Kasus yang sering terjadi di komputer publik. Ini merupakan salah satu teknik yang sering digunakan oleh para hacker, yakni menggunakan keylogging dengan metode GeekHack wajah.

Para peretas cukup memasang software keylogger pada PC atau laptop korban, dan program tersebut akan merekam semua yang diketik oleh korban menjadi sebuah log. Log tersebut kemudian dapat dikirimkan ke peretas melalui jaringan File Transfer Protocol (FTP) atau email. Cara hack Facebook menggunakan software keylogger sudah menjadi sangat populer, dan keylogger sendiri sekarang telah masuk ke dalam kategori malware.

Aplikasi lain yang sering digunakan oleh sindikat kejahatan siber untuk hack Facebook adalah Hoverwatch. Sebagaimana keylogger, Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu. Meskipun sebenarnya Hoverwatch memiliki beberapa manfaat yang positif, seperti melacak lokasi pelaku kriminal dan membobol akun media sosial pelaku kejahatan, aplikasi ini malah disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab, seperti mengintip pesan seseorang yang dikirimkan melalui Facebook.

Cara ini akan gagal jika peretas tidak berhasil memasang malware tersebut. Jadi, gunakan antivirus dan antimalware yang terpercaya serta, hindari login di komputer publik (perpustakaan atau warnet).

Cara Hack FB dengan Termux

Salah satu metode hack Facebook yang telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir adalah metode hack Facebook melalui Termux. Termux adalah aplikasi yang membawa fungsionalitas Linux ke dalam sistem operasi Android, yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan script untuk hack akun Facebook. Meskipun cukup teknis, pengguna dapat dengan mudah menjalankan script yang dibuat oleh pengguna lain. Metode hack Facebook melalui Termux juga cukup berbahaya karena dapat dilakukan tanpa menggunakan HP root dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tips: Jangan sembarangan install aplikasi tidak jelas di smartphone anda

Cara Hack FB dengan Fake Login

Dengan menggunakan teknik phising, sangat mudah untuk menipu pengguna agar dengan sukarela mengirimkan informasi login mereka. Salah satu cara menghack Facebook orang yang tidak dikenal adalah dengan memancing korban menggunakan halaman login palsu yang persis seperti halaman login Facebook asli, namun memiliki URL yang berbeda. Saat proses login biasa, korban akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi yang kemudian akan tersimpan dalam sebuah file teks oleh hacker. File teks ini kemudian akan disimpan sebagai cara hack Facebook dengan mudah dan cepat karena informasi email dan password sudah tersedia. Ini sangat menyeramkan, bukan?

Kami sering melihat di grup-grup gaming ada yang menyebarkan link seperti berbagi diamond gratis mobile legends, free fire, PUBG mobile dan lain. Saat dibuka, yang muncul adalah form login. Ini kalau anda terkecoh, anda bisa tanpa sadar memasukan email dan password. Ini yang mengakibatkan akun game anda tiba-tiba bisa dihack/diambil orang.

Jadi, sebelum login, pastikan alamatnya benar. Jika muncul login Facebook, cek alamatnya, apakah benar facebook.com? Jangan sampai alamatnya adalah loginfacebook.co.cc (misalnya saja ini).

Cara Hack Akun Facebook dengan Situs atau Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak situs di luaran sana yang bisa digunakan meskipun tujuan awal situs tersebut untuk mengecek seberapa kuat atau lemah password target. Namun ternyata sering disalah-gunakan. Kami tidak akan memberikan contohnya di sini.

Terdapat banyak cara untuk hack akun Facebook. Mayoritas akun orang biasa dapat dihack. Prosesnya sangat sederhana bagi peretas handal karena semuanya sudah disiapkan, dan diprogram. Semuanya tergantung pada kekuatan kata sandi, biasanya akan membutuhkan beberapa menit untuk mendapatkan kata sandi tersebut.

Bagaimana cara hack akun Facebook?

Jika korban menggunakan kata sandi yang sangat kuat, kemungkinan peretas tidak akan mampu memecahkan kata sandi tersebut atau akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam kasus ini, teknik lain harus diterapkan untuk mengakses akun target.

Teknik-teknik ini tidak dapat diotomatisasi. Biasanya, teknik-teknik ini memerlukan pengetahuan pemrograman dan hack yang lanjut, dan biasanya melibatkan menipu korban agar mereka sendiri yang mengungkapkan kata sandi mereka. Contohnya, membuat halaman login Facebook palsu melalui phising, atau menggunakan keylogger. Teknik-teknik ini sangat berisiko dan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi bagi hacker untuk tertangkap.

Bagaimana cara kerjanya?

Keamanan di Facebook selalu diperbarui dan terus meningkat, namun masih ada beberapa celah yang dapat digunakan oleh hacker Facebook untuk mendapatkan akses ke akun.

Salah satu alasan mengapa metode ini bekerja dengan baik bahkan pada tahun 2022 adalah kesalahan pengguna/korban. Mayoritas orang menggunakan kata sandi yang buruk. Kata sandi yang digunakan oleh orang lain juga atau yang sudah tercompromise sebelumnya. Mayoritas orang juga menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs web.

Setiap kata sandi yang pernah dihack di situs web manapun (data leak; kebocoran data), nanti akan “masuk” ke dalam database peretas. Ini sudah termasuk sebagian besar akun yang digunakan di Facebook dan Instagram. Banyak database ini dapat ditemukan di seluruh internet.

Bagaimana memperkuat keamanan akun facebook agar tidak mudah diretas?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat keamanan akun Facebook Anda agar tidak mudah diretas:

  1. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik. Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama keluarga Anda. Lebih baik gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak mudah ditebak. Anda bisa menggunakan Password Generator (gratis, koq)
  2. Aktifkan autentikasi dua faktor. Ini akan meminta Anda untuk memasukkan kode konfirmasi sebelum masuk ke akun Facebook Anda dari perangkat atau lokasi yang tidak biasa.
  3. Hapus aplikasi yang tidak Anda perlukan atau tidak dikenal dari daftar aplikasi yang terhubung ke akun Facebook Anda.
  4. Jangan membagikan informasi pribadi yang terlalu banyak di Facebook, terutama informasi yang bisa digunakan untuk membobol kata sandi Anda.
  5. Jangan klik pada tautan yang tidak dikenal atau meminta Anda untuk masuk ke akun Facebook Anda.
  6. Gunakan aplikasi keamanan seperti antivirus untuk membantu menjaga keamanan akun Facebook Anda.
  7. Jika Anda merasa akun Facebook Anda telah dibajak atau diretas, segera ganti kata sandi dan juga kode keamanan (jika Anda mengaktifkannya) serta hapus semua aplikasi yang tidak dikenal yang terhubung ke akun Anda. Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan Facebook untuk bantuan lebih lanjut.
  8. Jika Anda menggunakan komputer atau perangkat mobile yang sering digunakan bersama dengan orang lain, pastikan untuk selalu log out dari akun Facebook Anda setelah menggunakannya.
  9. Jangan membagikan kata sandi Anda dengan orang lain. Selalu pastikan untuk mengingat kata sandi Anda sendiri dan jangan memberikannya kepada orang lain, bahkan kepada teman atau keluarga yang dekat.
  10. Selalu memperbarui sistem operasi perangkat Anda dan aplikasi-aplikasi yang terinstall dengan versi terbaru. Ini akan membantu menjaga keamanan akun Facebook Anda dari ancaman keamanan terbaru.

Baca juga: Jangan Sharing Hal Ini di Facebook

Demikian, cara terbaik untuk menghalau peretas adalah dengan mempelajari bagaimana proses peretasannya sehingga kita bisa melakukan langkah pencegahan untuk memperkuat keamanan akun FB kita.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!