Cara Menghapus Virus dan Malware di Smartphone Android

1853
Cara Mengatasi Malware dan Virus Android
Cara Mengatasi Malware dan Virus Android

Teknologi.info – Makin canggihnya sebuah smartphone, sehingga tidak hanya komputer saja yang bisa terserang virus atau malware, terlebih ponsel cerdas berbasis Android. Dilaporkan sudah banyak Android device yang terjangkit malware atau virus atau bahkan keduanya. Hal ini biasanya dikarenakan oleh aplikasi bajakan atau aplikasi yang tidak diunduh dan dipasang melalui Google Play Store. Tidak sedikit yang frustasi saat smartphone Android mereka diserbu virus dan malware.

Kendala utama ponsel yang terjangkit malware umumnya akan jadi lebih lambat responnya. Hal ini disebabkan adanya aktivitas download secara otomatis yang tanpa kita sadari. Proses download ini bisa berupa aplikasi tambahan atau file. Skenario paling buruk adalah data yang ada di ponsel cerdas kita bisa dicuri serta digunakan oleh orang-orang yang tidak berhak.

Jika merasa ponsel Android Anda terserang malware atau virus, segeralah untuk menghapus virus atau malware tersebut. Kami sarankan Anda untuk secepatnya mengunduh dan memasang aplikasi anti virus seperti ESET Mobile Security & Antivirus via Google Play Store. Setelah aplikasi terpasang, jalankan perintah scan/pindai terhadap perangkat smartphone Anda dengan apps ESET Mobile Security & Antivirus. Jika ditemukan adanya virus atau malware, segera hapus virus itu dari ponsel Anda.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu, Anda tidak dapat menghapus virus yang terdeteksi dengan aplikasi antivirus tersebut. Jika ini yang terjadi, hapus saja secara manual nama aplikasi yang terdeteksi ada virus atau malwarenya dengan cara masuk ke setelan/setting aplikasi dan matikan/remove secara manual. Force Quit atau berhentikan paksa, off-kan notifikasi, disable dan bersihkan data yang tersisa via setting aplikasi smartphone Anda.

Jadi, segera pindai virus dan malware di ponsel cerdas milik Anda.

Advertisements