Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android

568
Keamanan Smartphone Android
Keamanan Smartphone Android

Teknologi.info – Sebagai pengguna Smartphone, tentunya Anda dituntut untuk smart dalam mengoperasikannya, karena Smartphone sendiri memang bisa dibilang ponsel yang serba guna dan fleksibel. Untuk itu Smartphone bisa dipakai untuk berbagai keperluan pribadi sehingga penting sekali untuk mengetahui cara menjaga keamanan android Anda.

Terlebih lagi, sudah banyak sekali jenis dan tipe smartphone yang dijual dipasaran dan kegiatan menjaga keamanan sistem android tentu semakin “menantang”. Biasanya penyakit Smartphone berasal dari virus yang didapat ketika melakukan browsing ataupun menginstal aplikasi atau bahkan berasal dari iklan. Dan jika dibiarkan tentunya data yang ada didalam Smartphone akan rusak hingga membuat sistem menjadi rusak.

Untuk itu dibawah ini ada beberapa tips android selalu terjaga untuk menjaga keamanan Smartphone antara lain sebagai berikut:

  • Cobalah untuk memperhatikan aplikasi yang terinstal di Smartphone Anda
    Jangan sembarangan untuk menginstal aplikasi yang berasal dari developer yang tidak terpercaya, sebaiknya Anda menginstal aplikasi yang tidak merusak sistem Smartphone atau yang kemungkinan ada virus dalam aplikasi tersebut.
  • Selalu Rajin mengupdate software

    Dengan anda secara rutin mengupdate perangkat lunak maka sistem keamanan yang ada pada android pun juga ikut diperbarui, sehingga sistem keamanan selalu baru.
  • Atur Verify Apps untuk keamanan lebih
    Sistem keamanan dari Android versi lama hingga versi baru pun sebenarnya masih rentan terhadap serangan malware ataupun virus. Disarankan sebaiknya mengatur sistem keamanan masing-masing untuk mengantisipasi serangan virus yang tak diinginkan. Pengaturan ini fungsinya salah untuk mengingatkan pengguna ketika setiap kali ingin menginstal aplikasi apapun, dengan adanya peringatan ini maka pengguna akan lebih waspada lagi ketika akan meginstal aplikasi apapun.
  • Instal aplikasi antivirus

    Bila perlu untuk menambah sistem pengamanan extra hp android anda bisa dengan menginstal aplikasi antivirus sebagai pengaman tambahan seperti Avast, McAfee serta beberapa antivirus terbaik yang terkenal demi keamanan ekstra ponsel anda.
  • Gunakan password pada ponsel anda (agar lebih privasi)
    Mungkin bisa saja ketika seseorang menggunakan ponsel anda dan melakuka aktivitas yang memungkinkan virus untuk bisa menginfeksi smartphone anda. Sehingga menggunakan password merupakan salah satu cara yang sederhana mengamankan ponsel anda.

Jadi itulah beberapa tips cara menjaga keamanan android Anda, cobalah untuk menerapkan tips yang sudah diberikan diatas supaya keamanan Smartphone bisa selalu terjaga.