Babak Baru Nokia: Bersistem Operasi Android?

713
Nokia Android
Nokia "bangkit" Kembali

Teknologi.info – Setelah “bercerai” dengan Microsoft, Nokia telah memantapkan diri untuk kembali ke dunia seluler. Kepastian tentang kembalinya Nokia diperoleh setelah Microsoft “menjual” bisnis ponsel cerdas ke pihak Foxconn melalui subsidiarynya, FIH Mobile.

Angka yang disebutkan dalam transaksi tersebut tidak kurang dari $350 juta US. Pembelian secara bersama-sama dengan HMD Global Oy (HMD) akan melancarkan debut kembali Nokia ke pasar mobile berupa lisensi selama 10 tahun kepada HMD Global Oy.

Melalui situs Venture Beat, Presiden Nokia Tech. mengatakan:

“Hari ini menjadi permulaan babak yang baru untuk Nokia di dunia industri ponsel. Nama Nokia yang sebelumnya telah dikenal luas akan dibangkitkan kembali melalui HMD selaku produsen untuk smartphone dan tablet. Hal ini bisa menumbuhkan dan memperluas nama Nokia di pasar dunia.” tutup Tamzi Haidamus

Di lain pihak, HMD siap menginvestasikan dana $500 juta untuk jangka waktu 3 tahun ke depan dalam melakukan penetrasi pasar dengan handset Nokia. Pihaknya yakin jika brand Nokia masih memiliki tempat di hati konsumen karena Nokia pernah menjadi “ponsel sejuta umat” di dunia.

Saat ini Nokia memang tidak mempunyai fasilitas produksi lagi seperti di masa kejayaannya, maka dari itu mereka memerlukan dukungan dan kerjasama dari pihak lain; dalam hal ini adalah HMD yang CEO-nya sendiri adalah mantan eksekutif Microsoft dan Nokia; Arto Numella.

Dengan adanya kerjasama dan kesepahaman dengan HMD, Nokia Technologies nantinya akan mendapat royalti dari HMD atas penjualan seluler dengan brand Nokia. HMD sendiri memfokuskan diri untuk memproduksi feature phone, tablet dan smartphone dengan merek Nokia. Kerjasama ini secara tidak langsung menjadikan HMD sebagai pemegang lisensi tunggal untuk semua produk Nokia.

Nokia Dipastikan akan menggunakan Android

Disamping pernyataan tentang “berpindah tangan”-nya Nokia, pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa Nokia akan menggunakan operating system (OS) paling populer saat ini; Android. Keputusan Nokia sebelumnya menggunakan Windows Phone dianggap gagal karena Nokia bersistem Windows makin terpuruk. Pengalaman yang kurang mengenakkan inilah yang mungkin membuat Nokia melirik Android.

Tentu tidak semudah membalik telapak tangan jika ingin sukses hanya bermodalkan nama besar dan sistem terpopuler mengingat smartphone Android saat ini sangat banyak dengan berbagai vendornya.

Meski demikian, Nokia tetap optimis karena HMD memiliki portofolio tablet dan ponsel pintar yang bagus, terlebih keputusannya mengandeng Android yang notabene memiliki komunitas developer tersendiri untuk aplikasinya.

Kita nantikan saja kiprah baru Nokia dengan sistem operasi Android-nya.

Advertisements