Penjualan Windows Phone di Awal 2016 Terus Menurun

643
Awal 2016 Penjualan Windows Phone Merosot
Awal 2016 Penjualan Windows Phone Merosot

Teknologi.info – Lima tahun yang lalu, Microsoft merilis smartphone bersistem operasi Windows dengan nama Windows Phone. Di awal-awal masa kemunculannya, Windows Phone digadang-gadangkan akan merebut pasar BlackBerry, Android dan iOS. Hal ini wajar, mengingat sebagain pengguna komputer sangat familiar dengan sistem operasi milik Microsoft; Windows. Akan tetapi, kenyataan berbicara lain. Sejak 2014, makin ke sini penjualan Windows Phone semakin terpuruk.

Bahkan, hingga kuartal keempat tahun 2015, Windows Phone hanya mencetak angka penjualan tidak lebih dari 4,6 juta unit smartphone Windows Lumia. Jika diperbandingkan pada kuartal yang sama di tahun sebelumnya (2014), sangat jelas terlihat kemerosotannya yang menyentuh level 57 persen! Jika kita tengok 5 tahun ke belakang, total penjualan Microsoft yang mengandeng Nokia hanya 111 jutaan saja untuk Windows Phone.

Bandingkan dengan angka yang dicetak iOS dan Android. Bak bumi dan langit. Pada kuartal yang sama, iOS dan Android masing-masing sanggup menjual kurang lebih 4 miliar unit lebih. Jika dihitung secara global, Windows Phone hanya terserap oleh pasar sebanyak 1% lebih saja; windows semakin terpuruk.

Kecilnya angka penjualan smarphone milik Microsoft dan Nokia ini diduga karena variasi dan jenis yang terbatas dari Windows Phone. Apalagi di tahun 2016 ini, setelah Nokia hengkang dari Microsoft, entah seperti apa nanti strategi mereka. Yang jelas, nokia sudah menyiapkan smartphone terbaru di 2016 ini. Sehingga tidak heran jika Microsoft akan hati-hati dan tidak sebanyak dulu lagi dalam memproduksi ponsel Lumia mereka.

Comments