Kembali ke Masa Lalu dengan Google Street View?

258
google maps street view Indonesia

Teknologi.infoGoogle Street View merupakan cara terbaik untuk melihat peta dari sudut pandang orang pertama (POV). Anda bisa menggunakannya untuk membantu menemukan alamat, melakukan sedikit tamasya virtual, atau menggunakan data histori Street View untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu.

Cara Melihat “Masa Lalu” di Street View

Google biasanya memperbaharui data Street View-nya setiap beberapa tahun di banyak area, dan Anda dapat melihat gambar Street View lama menggunakan Google Maps versi desktop. Untuk melakukan ini, buka maps.google.com di browser web pc/komputer (saat ini, fitur history tidak bisa diakses melalui smartphone).

Sekarang, tampilkan Street View dengan mengeklik atau menyeret ikon Street View (lihat gambar di bawah) lalu melepaskannya sambil mengarahkan kursor ke jalan yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengeklik lokasi, lalu mengeklik lagi gambar mini Street View yang muncul di bagian bawah layar.

cara masuk ke google street viewUntuk melihat masa lampau dalam citra Street View, lihat sudut kanan atas Google Maps. Jika citra lama Street View tersedia, Anda akan melihat ikon jam dengan panah seperti gambar berikut ini.

histori di Google Street View
Fitur History di Google Street View

Klik panah untuk melihat gambar yang diambil oleh tim Street View di masa lalu. Anda dapat mengeklik dan menyeret penggeser untuk bergerak mundur dan maju sepanjang garis waktu yang tersedia. Anda dapat bergerak dan mengubah perspektif dan tampilan akan diperbarui secara real-time. Klik pada gambar yang diambil untuk melihatnya dalam layar penuh.

memilih tahun histori Street View
Pilih tahun yang ingin Anda lihat

Untuk kembali ke Street View saat ini, seret penggeser ke paling kanan dan klik gambar lagi.

Dengan cache data Street View yang terus berkembang, Google Maps memiliki cakupan terbaik di dunia. Tempat tinggal Anda pada akhirnya menentukan berapa banyak data historis Street View yang akan tersedia untuk Anda.

Misalnya Jalan-jalan di sekitar KM 0 Banjarmasin Kalimantan Selatan Indonesia, memiliki data Street View yang berasal dari tahun 2015. Bagi kota besar, seperti California yang notabene sebagai kota pertama yang “disinggahi” Google Street View memiiki histori dari tahun 2005 meskipun sebagian besar citra dari akhir tahun 2000-an memiliki resolusi lebih rendah dibandingkan dengan data Street View saat ini.

Jika Anda tidak melihat ikon jam dengan panah tarik-turun saat berada di Street View, berarti Anda sedang melihat satu-satunya citra gambar yang dibuat oleh tim Street View.

Banyak hal bisa dilakukan dengn Google Maps. Anda bisa merencanakan perjalanan atau sekedar ingin mencari makan siang berbeda saat istirahat. Anda dapat menggunakannya untuk membuat peta kustom Anda sendiri atau merencanakan perjalanan darat dengan banyak tujuan, dan sebagian besarnya, Anda bisa mengakses semuanya di ponsel cerdas Anda. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk melacak teman dan keluarga Anda.

Jadi, lokasi mana yang Anda ingin lihat di masa lalu? Semoga gambar citra-nya tersedia, ya? 🙂