Review Smartphone OPPO F7 Selfie Expert Berteknologi Artificial Intelligence Beauty

365
oppo depan

Teknologi.info – Berdasar data dari IDC hingga kuartal keempat 2017, OPPO termasuk salah satu dari 5 vendor teratas ponsel cerdas dengan market share terbanyak di dunia. Sejak kemunculannya, OPPO memposisikan dirinya sebagai “selfie expert” yang mengedepankan pentingnya kesempurnaan dalam swafoto menggunakan smartphone.

Seri F pada OPPO F7 memang bukan sebuah Flagship karena seri tertinggi saat ini ada pada kode R15. Namun, OPPO F7 menggunakan teknologi yang sebagian besar juga digunakan pada R15. Sebut saja chipset prosesor MediaTek Helio P60 SoC yang terkenal dengan performa dan ketahanan baterainya.

OPPO menawarkan 2 opsi RAM 4GB dan 6GB. Unit yang kami tes saat ini kebetulan adalah yang memiliki RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan 64GB.

SPESIFIKASI OPPO F7
Dimensi: 156 x 75,3 x 7,8 mm
Sistem Operasi: ColorOS 5.0 Android 8.1 (Oreo)
Ukuran layar: 6,23 inci
Resolusi: 1080 x 2280 piksel
CPU: MediaTek Helio P60
RAM: 4GB / 6GB
Penyimpanan: 64GB / 128GB
Baterai: 3,400 mAh
Kamera belakang: 16MP
Kamera depan: 25MP

Desain dan Tampilan

Dipandang sekilas, jelas OPPO F7 tidak terlihat murah. Namun, tidak juga terlalu premium mengingat target pasar tipe ini adalah segmen menengah. Saat kita memegangnya, berat dan dimensinya seolah-olah membuat genggaman semakin mantap. Tidak terlalu berat, juga tidak terlalu ringan. Benar-benar pas.

Sensor sidik jari dan kamera utama terletak di bagian belakang ponsel. Di bagian bawah terdapat lubang MicroUSB, jack headphone 3.5mm, mic dan speaker. Ketiadaan port Type-C bukan hal yang besar karena port yang ada sudah cukup standar untuk saat ini.

oppo f7 belakang

Smartphone OPPO yang baru ini menganut layar “poni” (Notch). Layar OPPO F7 memiliki fitur yang memungkinkan aplikasi berjalan dalam layar penuh (full screen) dan memberikan pilihan di layar untuk memaksa aplikasi ke layar penuh jika saat itu aplikasi yang ada tidak kompatibel.

Dengan layar 6,23 inci, yang hobi nonton video atau bermain game di ponsel ini akan merasa lebih kompak serta ergonomis.

Performa dan Perangkat Lunak

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, unit tes kami OPPO F7 memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Akan tetapi, OPPO F7 juga tersedia dalam RAM 6GB dan varian penyimpanan 128GB. Sistem operasi menggunakan Android 8.1 (Oreo) namun dikemas dengan sistem operasi milik OPPO sendiri, yakni ColorOS 5.0.

Hanya perlu sedikit waktu untuk terbiasa dengan antarmuka ColorOS yang dimiliki OPPO F7. Selebihnya tidak akan terasa jauh berbeda dengan Android pada umumnya. Perbedaan paling terasa jika Anda baru saja menggunakan ColorOS adalah pada saat ingin menghapus notifikasi yang muncul di bar atas, jika pada Android umumnya tinggal digeser/swipe, pada ColorOS selain di swipe, Anda juga harus menekan tulisan delete yang muncul saat kita melakukan swipe.

Chipset menggunakan MediaTek Helio P60 yang memiliki 2 set quad-cores dalam 1 paket, ARM Cortex A73s yang mempunyai performa tinggi dan Cortex A53s yang terkenal dengan efisiensi daya.

Chipset yang disematkan juga memiliki AI processing yang membantu proses realtime HDR dan pengenalan wajah (Face Recognition).

Berbeda dengan pesaing di kelasnya yang kadang ditemukan aplikasi kamera yang “crash”; tidak se-efisien MediaTek Helio P60 pada OPPO F7.

Sensor sidik jari dan sensor wajah (face unlock) sangat responsive saat dicoba membuka/unlock ponsel yang dikunci. Hanya saja, fitur face unlock hanya bisa untuk membuka ponsel saja. Untuk membuka aplikasi yang terproteksi hanya bisa dengan sidik jari.

Selain fitur keamanan di atas, PIN atau password serta opsi Pattern masih tersedia. Fitur lain yang cukup keren pada sisi keamanan ini adalah fitur Security Keyboard. Sehingga, apa yang Anda ketik melalui keyboard OPPO F7 akan terjaga privasinya.

Fitur keamanan yang tidak kalah penting khususnya bagi yang memiliki anak adalah “Kids Space”. Aplikasi ini dapat mengontrol aplikasi mana yang tidak bisa diakses saat anak menggunakan smartphone. Mirip dengan versi Youtube Kids atau Facebook Messenger Kids.

OPPO Game Acceleration
OPPO Game Acceleration

Pengalaman bermain game dengan OPPO F7 juga mengasyikan. Salah satu fitur kerennya adalah opsi untuk mengnonaktifkan notifikasi (disable notification) saat sedang bermain. Fitur lain yang mendukung dalam bermain adalah “Game Acceleration” yang mengoptimasi sistem sedemikian rupa agar didapat pengalaman bermain yang lebih baik.

Baterai

Secara mengejutkan, baterai OPPO F7 mampu bertahan seharian dengan aktivitas menonton Youtube dan bermain game, hal ini dikarenakan adanya fitur AI Battery Management yang mengelola konsumsi daya pada baterai OPPO F7. Salah satu kekurangannya adalah belum adanya fitur Fast Charging saat melakukan pengisian baterai.

Kamera

Inilah yang dinanti-nanti karena sedari awal, OPPO fokus ke kamera yang dimilikinya. Ini juga yang pertama kali kami coba mengingat tag line perusahaan ini selalu ingin melihat “apa bedanya?”

OPPO F7 memiliki kamera depan dengan resolusi 25MP (megapixel). Iyap, Anda tidak salah baca atau saya salah ketik. Resolusi untuk selfie-nya memang dahsyat, apalagi dengan aperture f/2.2. Kamera belakang “hanya” 16MP dengan f/1.8. Sehingga, kamera depan lah yang menjadi “highlight”.

Penggemar selfie memang wajib memiliki smartphone ini karena kamera depannya memiliki fitur AI Beauty yang memiliki algoritma bagaimana membuat wajah Anda terlihat lebih menarik tanpa editing yang berlebihan. Bahkan, semakin sering Anda selfie, algoritma kameranya akan semakin mempelajari bagaimana hasil foto terbaik yang nanti dihasilkan oleh AI Beauty.

Hasil Foto Selfie OPPO F7
Hasil Foto Selfie OPPO F7

Tidak perlu takut jika hasilya nanti terlihat tidak natural karena Anda bisa menentukan level AI Beauty yang digunakan. Bahkan, jika menggunakan efek Bokeh, hasil foto benar-benar terlihat menakjubkan dengan warna yang terang.

Fitur kamera lain yang cukup “fun” adalah AR Stickers. Fitur ini memungkinkan kita selfie dengan beragam sticker seperti kacamata, kumis kucing imut dan lain-lain.

Untuk kamera belakang, hasil foto yang dihasilkan juga terlihat natural dengan pencahayaan yang cukup. Hanya saja jika dalam situasi kurang cahaya, hasil foto tampak “over expose”.

Untuk pengambilan foto macro, detail gambar super jelas dan exposure terlihat sangat seimbang.

Foto Macro

Bagi para profesional, Anda juga bisa melakukan penyetelan terhadap ISO, white balance, kecepatan shutter dan sebagainya di menu. Selain HDR, ada juga opsi Vivid Mode.

Kesimpulan

Kamera yang disematkan oleh OPPO F7 memang lebih baik untuk ponsel sejenis di rentang harga 4 jutaan.

Mengingat tangan kami berkeringat lebih, sehingga kekurangan yang sangat kami rasakan adalah bodi plastik belakang yang mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Dengan rentang harga yang ditawarkan, OPPO F7 jelas menawarkan nilai lebih dibanding pesaing di kelasnya. Sebut saja baterai yang lebih tahan lama, performa dan kemampuan layar serta kualitas kamera terlebih bagi yang hobi selfie.

Satu hal lainnya yang spesial untuk pecinta sepakbola nih dari OPPO. Dapatkan OPPO F7 Neymar Jr. Special Gift Box dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: http://bit.ly/OPPOxNJR_

Advertisements