28.6 C
Banjarmasin
Jumat, Mei 24, 2024

Samsung Solve for Tomorrow 2024: Mencetak Talenta AI Indonesia

Teknologi.info – Samsung kembali menggelar program Samsung Solve for Tomorrow (SFT) tahun 2024, sebuah inisiatif untuk mendorong peningkatan literasi digital serta menghasilkan talenta-talenta AI di Indonesia. Program ini merupakan ajang pembelajaran dan kompetisi dalam bidang Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) yang membuka kesempatan bagi para mahasiswa (D3, D4, dan S1) serta siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat (SMA, SMK, dan MA) untuk mengembangkan solusi inovatif guna menyelesaikan masalah sosial.

“Setelah keberhasilan tahun lalu, kami memperluas program SFT tahun 2024 untuk melibatkan para mahasiswa, sebagai bagian dari visi kami untuk mencetak talenta digital muda Indonesia. Kami berkomitmen untuk mendukung agenda Indonesia Emas 2045 dengan berperan aktif dalam pembangunan generasi muda yang berpotensi membawa perubahan positif,”
Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Pada tahun 2023, program ini diikuti oleh 309 tim dengan 1.087 peserta dari Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Keberhasilannya diakui dengan penghargaan Platinum Award kategori Best in Provision of Literacy and Education Award dalam The 16th Annual Global CSR & ESG Summit and Awards™ 2024 di Hanoi, Vietnam.

Tim Qalam Malaq SMA 78 Jakarta
Tim Qalam Malaq dari SMA 78 Jakarta, salah satu pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2023

Salah satu tim perempuan yang berhasil pada SFT 2023 adalah tim Qalam Malaq dari SMAN 78 Jakarta. Mereka menciptakan inovasi pembersih udara menggunakan MicroALgae AQuarium (MALAQ) yang kini digunakan di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta.

“Keseruan dalam Samsung Solve For Tomorrow adalah membangun koneksi dengan tim lain dan mendapatkan ide-ide menarik untuk menyelesaikan masalah serta tantangan diri sendiri.”
Michelina Maureen Rahardjo, anggota tim Qalam Malaq

Para peserta lainnya juga terus mengembangkan prototipe inovasi mereka. Tim dari SMA Negeri 16 Surabaya mengembangkan superapps Tresurian dengan AI untuk pengelolaan sampah berkelanjutan. Sementara tim dari SMA Negeri Sumatera Selatan merancang Wapetsu, sebuah sistem pemantau pH dan kekeruhan air yang terintegrasi dengan bot Telegram untuk memudahkan masyarakat memantau kualitas air.

Samsung SFT 2024 akan fokus pada tema Education & Learning, Environment & Sustainability, serta tema baru Health & Wellness. Para peserta akan menggunakan STEM untuk menciptakan solusi inovatif yang dapat meminimalkan masalah lingkungan dan meningkatkan gaya hidup sehat.

Pendaftaran untuk Samsung SFT 2024 akan dibuka pada bulan Mei 2024 melalui website resmi program Solve for Tomorrow. Ini adalah kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dalam menghadapi tantangan sosial dan berkontribusi pada pembangunan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?