Asus ROG Phone 3: Smartphone Gaming Paling Gila!

Smartphone ultimate gaming PERTAMA yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming

2362

Teknologi.info – Siapa yang tidak kenal dengan Asus? Perusahaan komputer terkemuka ini hampir ada di setiap bagian atau komponen PC mulai dari RAM, motherboard sampai ke monitor canggih.

Nah, beberapa tahun kebelakang ini Asus menjadi terkenal karena memiliki produk khusus gaming. Asus membuat laptop, monitor, mouse, dan bahkan motherboard khusus untuk bermain game di bawah label ROG (Republic of Gamers).

Rasanya cukup masuk akal ketika Asus memutuskan untuk membuat ROG Phone pada tahun 2018 silam. Ini adalah waktu yang tepat untuk keberadaan sebuah ponsel gaming dengan spesifikasi yang terbilang luar biasa dan fitur unik yang memberikan keunggulan kompetitif bagi para pemain game di smartphone. Asus melangkah lebih jauh dari pesaingnya dengan mengontrak Qualcomm untuk melakukan overclock prosesor andalan mereka, yaitu chip Snapdragon 845 untuk menghasilkan ponsel tercepat di pasaran saat itu.

Di tahun 2020 ini, Asus kembali merilis ponsel gaming generasi ketiga mereka yang diberi nama ROG Phone 3. Hal ini semakin membuat penasaran, komponen terbaik apa lagi yang mereka sematkan di versi paling gres ini? Apakah spesifikasi “monster” yang ditawarkan berbanding lurus dengan pengalaman pengguna yang lebih baik?

Baca sampai habis ya, Teknologi.info akan mencoba melakukan preview dari berbagai sumber tentang Asus ROG Phone 3.

Desain dan Display: Sederhana & Cepat

Desain dan Layar ROH Phone 3

Baca juga:

  • Dimensi 171 x 78 x 9.85mm, berat 240g
  • Notifikasi LED
  • Sistem Pendingin Aerodynamic
  • Fitur Air Triggers
  • Dual USB-C port (side)
  • Layar 6.59-inch AMOLED (2,340 piksel x 1,080 piksel)
  • 19.5:9 aspect ratio
  • Small bezels (Tidak “Berponi”)
  • 144Hz refresh rate
  • Stereo front-facing speakers

Meskipun desain dari seri ROG Phone tidak berubah secara drastis selama dua tahun terakhir, akan tetapi modelnya memang tidak lekang dimakan waktu. Jika pada generasi pertama terdapat beberapa aksen oranye cerah dengan ventilasi udara yang terlihat, kemudian menjadi ventilasi tunggal pada generasi kedua. Dengan ROG Phone 3, Asus memilih ruang pendingin transparan dengan garis tajam yang lebih sederhana namun tetap elegan.

Logo ROG di belakang masih memancarkan cahaya RGB tetap dipertahankan. Ini ciri khas yang mungkin akan selalu ditunggu. Para gamer pasti familiar dengan aksen RGB menyala. Roh gamingnya semakin terasa jika ada RGB.

Secara keseluruhan, bagian belakang cukup rapi dengan beberapa garis tajam yang jika dilihat sepintas pun, jelas ini ditujukan untuk para gamer.

Asus ROG Phone 3 cooling window

Bodi ponsel dibalut rel aluminium di sepanjang sisinya bersanding dengan Gorilla Glass 6. Karena ventilasi udara panas ada di bagian belakang, ponsel ini jelas belum memegang lisensi tahan air. Meskipun mungkin masih baik-baik saja jika terkena percikan hujan atau kabut basah. Namun yang pasti, pengguna wajib hati-hati, ga mungkin juga kan main game di ponsel sambil menyelam?

Tempat bersemanyam kamera utama berbentuk persegi yang memiliki sudut tajam di kanan atas jika dilihat dari belakang. Di samping modul kamera, Anda akan menemukan LED untuk flash dan pencahayaan fotografi. Di bawah kamera, Anda akan menemukan LED RGB lain yang dibuat untuk menerangi casing khusus yang dijual Asus untuk ponsel ini.

Heat Vent

Asus ROG Phone 3 heat vent

USB Ports Samping

Asus ROG Phone 3 side USB ports

USB Ports Bawah

Asus ROG Phone 3 bottom USB ports

Di bagian bawah ponsel, Anda akan menemukan port USB-C bergeser agak ke kiri. Bagi beberapa, mungkin ini adalah pilihan desain yang sedikit aneh, tetapi Asus mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan agar desain motherboard yang sangat spesifik tidak terganggu.

Tidak ada jack headphone 3,5mm di bagian bawah ROG Phone 3. Ini yang paling terasa jika sebelumnya Anda menggunakan dua ponsel ROG terdahulu. Sepertinya hal ini dilakukan agar ada ruang ekstra yang dibutuhkan oleh modem X55 yang menyertai Qualcomm Snapdragon 865 Plus.

Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Di sisi sebelah kiri, Anda akan menemukan dual port USB-C khusus di samping tempat kartu SIM. Anda dapat mencolokkan pengisi daya ke samping ponsel untuk posisi optimal dalam mode landscape, ini hal yang mungkin akan disukai para gamer karena tidak menganggu saat memainkan ponsel secara lanskap. Tujuan port itu sebenarnya adalah untuk aksesoris kipas pendingin AeroActive 3.

AeroActive 3 cooling fan

Kipas AeroActive 3 ini membantu mendinginkan perangkat saat bermain game dalam mode kinerja khusus yang disebut Mode X. Aksesoris ini juga memiliki port USB-C ekstra dan jack headphone untuk mengisi daya dan mendengarkan saat bermain game. Kipasnya pun kali ini memiliki penyangga, yang memungkinkan Anda memiringkan ponsel pada sudut yang nyaman saat bermain game dengan pengontrol tambahan atau sekedar menonton. Logo RGB ROG juga akan menyala di aksesoris ini. Keren!

Membawa aksesori tambahan ke mana-mana memang terlihat ribet. Namun, fakta bahwa aksesori tersebut membawa kelebihan seperti sudut charging yang lebih baik, headphone port, penyangga, dan juga berfungsi sebagai pendingin perangkat, rasa-rasanya kata “ribet” tidak akan menjadi masalah saat membawanya.

Asus juga akan menjual sejumlah besar aksesori lain untuk perangkat ini seperti yang ada pada saat ROG Phone 2 dulu. Akan ada gamepad yang secara efektif mengubah Ponsel ROG Anda menjadi Nintendo Switch, sebuah dok untuk menggunakan ROG Phone 3 Anda ke monitor dengan mouse dan keyboard, dan dock untuk menghubungkan ponsel ke TV Anda. Semuanya sama efektifnya dengan versi terdahulu tentunya dengan sedikit peningkatan.

Bagian atas ponsel tidak memiliki tombol atau port apa pun, tetapi sisi kanannya sedikit lebih menarik. Meskipun Anda akan menemukan tombol power dan tombol volume, ada juga beberapa tombol ultrasonik yang disebut Air Triggers yang dapat digunakan sebagai tombol. Dalam game seperti penembak yang membutuhkan jempol untuk navigasi, sangat berguna untuk memiliki tombol tambahan yang dapat diakses dengan mudah menggunakan jari telunjuk Anda.

Asus ROG Phone 3 air tirggers

Bagian depan ponsel sama menariknya dengan bagian belakang. Alih-alih menggunakan tampilan “poni” (notch) atau punch-hole pada layar, Asus memilih opsi bezel tipis, seperti yang kita lihat di ROG Phone 2. Pada bezel inilah kamera depan, LED notifikasi RGB, dan speaker depan berada. Disetting oleh Dirac, sebuah perusahaan audio yang mengkhususkan diri pada koreksi ruangan digital dan solusi audio otomotif.

Speakernya telah ditingkatkan sejak tahun lalu, dan sekarang menggunakan tujuh magnet untuk respons bass yang lebih baik. Speaker ini sangat mengesankan. Hasilnya jadi cukup keras namun tidak terasa terdistorsi pada volume yang lebih tinggi. Respons bass jauh lebih baik daripada kebanyakan ponsel cerdas lainnya.

Game FX Audio System

ROG Phone pertama adalah salah satu ponsel pertama yang menggunakan layar 90Hz. Generasi kedua ditingkatkan ke 120Hz. Dan sekarang, ROG Phone 3 memiliki panel layar 144Hz!

Layar memiliki tingkat respons 1ms dan tingkat pengambilan sampel sentuh telah ditingkatkan dari 240Hz menjadi 270Hz. Hasilnya? Ponsel terasa secepat kilat ketika digunakan. Kami masih tidak percaya jika ada ponsel yang menerapkan kecepatan refresh seperti ini. Sungguh tidak masuk akal. Great Job, ASUS!

Layar 6,59 inci memiliki resolusi 2.340 piksel x 1.080 piksel. Memang bukan jumlah piksel tertinggi di layar ponsel, akan tetapi, kalau kami pribadi sih lebih memilih yang 144Hz daripada yang piksel lebih besar namun hanya mampu 120 Hz 😆

ROG Phone 3 mampu menampilkan warna 10-bit dan disetel agar terlihat sebagus mungkin selama bermain game. Asus memang menyediakan sejumlah profil alternatif untuk tampilan, dan menurut beberapa video yang kami tonton, profil Cinematic lebih akurat warnanya jika Anda lebih suka menggunakan perangkat untuk menonton film.

144Hz Amoled Display

Performa dan Baterai: The BEST lah ini!

Worlds Fastest Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform
  • Kapasitas Penyimpanan 128-512GB
  • 30W Quick charging
  • Baterai 6.000 mAh
  • Qualcomm Snapdragon 865 Plus
  • X55 5G mobile platform
  • 8-16GB RAM

Asus adalah salah satu pembuat ponsel pertama yang menggunakan prosesor yang di-overclock dari Qualcomm, dimulai dengan Snapdragon 845 khusus di ROG Phone. Sejak itu, Qualcomm telah membuat chip ini menjadi SKU unik, dengan nama Plus.

ROG Phone 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 Plus, yang membebani core utama CPU ke 3.1GHz. Ini menjadikannya salah satu ponsel tercepat mutlak di pasaran saat ini, terutama ketika dipasangkan dengan penyimpanan UFS 3.1 super cepat dan RAM GDDR5.

ROG Phone 3 adalah SMARTPHONE TERCEPAT

Ranking AnTuTu Benchmark ASUS ROG PHONE 3
Ranking AnTuTu Benchmark | sumber: www.antutu.com/en/ranking/rank1.htm

ROG Phone 3 memiliki standar yang cukup tinggi. ROG Phone 3 mencetak skor tertinggi di Antutu Benchmark. Bener-bener dah ini ponsel.

ROG Phone 3 hadir dalam beberapa varian, dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan 512GB. Itu jumlah RAM yang gila, laptop saat kami menulis ini saja masih 8GB!  Mengingat Asus menjual aksesori yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel dengan monitor, mouse, dan keyboard, Anda dapat menggunakannya dengan serius sebagai PC dan juga ponsel. Jadi, apakah laptop ini kami jual saja untuk membeli ROG Phone 3? 😭

Monster Battery to Play Nonstop 6000mAh

Asus ROG Phone 3 memiliki baterai 6.000 mAh yang luar biasa. Pengisi daya yang disertakan dalam pembelian juga besar, yakni 30W. Mengisi daya ponsel bisa cukup cepat mengingat seberapa besar baterainya. Dalam beberapa artikel pengujian di dunia nyata, rata-rata untuk sampai ke 50% terisi hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit dan untuk full charge, kurang lebih 100 menit. Sepertinya semakin mendekati pengisian penuh, semakin “lambat”. Tapi tetap saja, kita saat ini berbicara tentang baterai 6.000 mAh! 😱

Kamera: Kata Siapa Ponsel Gaming Tidak Perlu Kamera Bagus?

ASUS ROG Phone 3 Camera
  • Kamera Utama: 64MP
  • Lensa Wide: 13MP
  • Lensa Macro: 5MP
  • Kamera Depan: 24MP

Baca juga:

Di awal, kami merasa maklum jika sistem kamera pada ponsel gaming tidak menjadi prioritas pabrikan. Karena itu, kami cukup terkejut dengan betapa bagusnya hasil pengambilan gambar dari ROG Phone 3 yang kami lihat di ranah internet.

Sensor utama di ROG Phone 3 adalah 64MP Sony IMX686. Gambar dari sensor ini memiliki warna yang bagus dan jangkauan dinamis yang baik. Sensor kamera ini menunjukkan jumlah detail bayangan yang layak tanpa terlihat pudar.

Secara keseluruhan, kami sangat terkesan dengan kamera yang ada pada ROG Phone 3 ini. Sebuah hal yang tidak terduga dari sebuah smartphone khusus main game.

Kamera ROG PHONE 3 Di Luar Perkiraan Awal Kami

Sensor sudut lebar (wide) memiliki profil warna yang mirip dengan sensor utama; enak dilihat. Gambar dari kamera makro 5MP terlihat cukup bagus. Warna dan kontrasnya bagus dan gambarnya sangat tajam.

Kamera depan berkekuatan 24MP menawarkan foto diri yang sangat bagus. Warna dan ketajaman sangat menarik, bahkan dalam situasi yang kurang cahaya.

Kamera ROG Phone 3 juga dapat merekam video. Tidak tanggung-tanggung, video hasil rekamannya bisa 8K! Sekali lagi, GILA ini ponsel gaming. Dari beberapa video yang kami lihat, sepertinya ROG Phone 3 ini juga sangat stabil saat digunakan merekam 8K.

Aplikasi kamera pada Asus ROG Phone 3 terbilang sederhana, dengan pengaturan utama dapat diakses melalui carousel di bagian bawah. Silakan masuk ke pengaturan, dan Anda akan menemukan banyak pilihan terkait kamera.

Simple Mode vs Gamer Mode

Mode Gamer

Ketika Asus membuat Zenfone 6, itu sepenuhnya mendesain ulang “launcher”nya menjadi lebih minimalis. Tampilannya lebih mirip dengan standar Android, tetapi Asus juga menambahkan beberapa fitur yang berguna, seperti screen recording bawaan. Ini penting, karena sebagai Gamer, mungkin ada kalanya memerlukan beberapa momen untuk direkam tanpa bantuan aplikasi tambahan atau komputer.

Di ROG Phone 2, Asus memberikan launcher minimal yang sama namun kali ini sebagai opsi. Sekarang, ROG Phone 3 pun juga membawa opsi tersebut.

Saat Anda pertama kali menyiapkan ROG Phone 3, Anda akan disajikan pilihan 4 gaya berbeda untuk dalam mengakses menu. Ada 3 tema ROG bawaan yang berbeda, masing-masing dengan wallpaper dan ikon gamer Y yang tampak agresif. Anda juga akan mendapatkan opsi untuk tema klasik, yang merupakan versi minimalis dari ZenUI yang akan Anda temukan di Zenfone 6, sekarang disebut Asus Launcher. Meskipun tema tidak mengubah fungsi ponsel, beberapa tema, seperti yang disebut Quantum Infinity Core, akan bergerak dan berubah warna saat Anda memasuki Mode X.

Mode X adalah profil khusus pada perangkat yang meningkatkan kinerja dan mempertahankan optimasi tinggi untuk pengalaman bermain game terbaik. Anda dapat mengubah pengaturan Mode X yang tepat di aplikasi Game Genie Asus, di mana Anda juga akan memiliki kemampuan untuk mengubah lampu latar RGB dari logo ROG di bagian belakang perangkat, mengubah pengaturan kecepatan kipas, dan bahkan menyesuaikan preferensi Air Triggers.

Asus memberi Anda tingkat kontrol yang luar biasa komplit atas setiap aspek yang ada di ROG Phone 3. Bahkan, jika mau, Anda juga bisa mengubah kecepatan clock setiap core. Ini mirip seperti konsol BIOS pada PC, memberikan kepada user kendali lebih dalam terkait pengaturan yang ada. GGWP memang lah ya!

Mungkin kebanyakan pengguna akan merasa “cukup” dengan setting bawaan ROG Phone 3. Tapi, jika Anda termasuk yang hobi mengutak-atik berbagai hal, dapat dipastikan Anda akan sangat menikmatinya. Berasa memiliki panel BIOS di tangan.

Semua aksesori tambahan yang disediakan oleh Asus pun benar-benar bisa membuat para gamer semakin betah dengan ponsel gamingnya. Tahun ini Asus semakin menggebrak di segmen mobile gaming.  Bermain-main dengan Game Genie dan Air Triggers di ROG Phone 3, jelas Asus berupaya keras untuk software ini. Pengguna bisa membuat masing-masing profil Air Triggers khusus untuk setiap game yang dimainkan, jadi pengguna tidak perlu mengatur ulang setiap bermain. Game Genie juga memungkinkan Anda menghentikan pesan, merekam alur game, menambahkan crosshair, membuat makro, dan banyak lagi. Jika Anda seorang gamer yang sebagian waktu bermain di ponsel, apa yang ditawarkan oleh Asus ROG Phone 3 ini adalah yang terbaik di kelasnya saat ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone 3

ROG Phone 3
Processor 3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 650
UI Android™ 10 with ROG UI
Display 6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage no SD-card reader; NTFS support for external HDD
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera 64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera 13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera 5MP Macro, F2.0
Front Camera 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording 8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless Technology WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2×2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
Interface Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC Support (Card mode support in power off)
OS Android™ 10
Battery 6.000mAh
Charger Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions 171mm, 78mm, 9.85mm
Weight 240 grams
Price Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

Pada akhirnya, kami pikir Asus ROG Phone 3 menawarkan nilai lebih daripada harga yang ditawarkan. Meskipun tidak memiliki fitur smartphone konvensional seperti tahan air, pengisian nirkabel, atau port headphone, ROG Phone 3 mengantinya dengan hal-hal yang memang diperlukan bagi seorang gamer, sebut saja Air Triggers, performa, dan layar 144Hz dalam bermain game.

Kesimpulan; Haruskah Anda Membelinya?

ROG Phone 3 Game Changer

Mengapa saya harus membeli Asus ROG Phone 3 ini?

Dari semua uraian di atas, ada sedikitnya 5 poin yang patut Anda pertimbangkan terkait kelebihan ROG Phone 3 dari Asus ini. Lima poin tersebut adalah:

Prosesor Snapdragon 865 Plus yang sangat powerful dan kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz, frame rate tinggi dan tetap dingin saat diguanakan. Tidak ada lagi istilah “Hape Kentang” jika bermain game populer saat ini dengan Asus ROG Phone 3. Langsung wussh wussh lancar!

Sekali lagi, ini ponsel loh ya, koq bisa-bisanya 144 Hz? Jelas mata akan semakin dimanjakan ketika bermain game dengan refresh rate setinggi itu. Fitur 10 bit HDR10+ juga sangat responsive karena memiliki fitur respone time 1ms! Sekali lagi; GILA!

Sobat tekno bayangin deh, 6000 mAh ini bukan baterai yang kecil. Tidak ada lagi istilah kehabisan baterai untuk bermain game. Kalau habis? Isi aja dengan ROG 30W HyperCharging. 100 menit lebih dikit udah full lagi tu baterai. 🤩

Ini ponsel pintar yang memang didesain secara khusus untuk para gamer dengan berbagai macam fitur unggulan seperti:

  • Side Charging Design sehingga kamu bisa bermain dengan nyaman ketika men-charge smartphone,
  • Air Trigger 3 Technology, membuat ROG Phone 3 kamu selayaknya konsol game dengan joystick,
  • Dual Front Speaker,
  • Multi Antena Wi-Fi untuk sinyal yang stabil dan,
  • Quad Mic Noise Canceling Array.

Membayangkan main game Moba dengan ROG Phone 3, sepertinya bakal win streak ini 😎

ROG Kunai 3 Gamepad + ROG TwinView Dock 3 + ROG AeroActive Cooling 3. Aksesoris lengkap yang bikin ROG Phone jadi ponsel “Paling Gaming dan unik”

Ini ponsel cerdas yang mengutamakan kinerja terbaik, refresh rate tinggi, baterai berkapasitas besar, dan kamera keren. Saya pikir, SIAPA SAJA akan menyukai ROG Phone 3 ini. Apalagi jika Anda mencari perangkat yang lebih serius untuk bermain game dengan layar 144Hz maka, 100% smartphone ini cocok untuk Anda!

REVIEW OVERVIEW
Baterai
Layar
Kamera
Performa
Software
Desain
Audio
SHARE
Previous articleLeague of Legends Wild Rift Beta Terbuka
Next articleBeragam Manfaat Market Research Tools untuk Bisnis
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.