Indves – Platform Crowdfunding Untuk Permodalan UKM Bebas Riba

346
Dapatkan modal atau jadi investor berbasis syariah di Indves

Teknologi.info – Dikry Paren, mahasiswa jurusan Bisnis Islam Universitas Indonesia terilhami untuk membuat platform crowdfunding setelah diajarkan tentang bagaimana aliran uang.

Saat perkuliahan, ia mendapatkan pengajaran bahwa uang itu harus mengalir dan tidak berputar di lingkungan tertentu saja. Transaksi berbasis bunga harus diganti dengan sistem bagi hasil serta harus adanya pemerataan dalam akses keuangan.

Di Indonesia, jumlah UKM sendiri mencapai lebih dari 57,9 juta dan kebanyakan dari UKM tersebut masih belum mempunyai rekening bank. Hal inilah yang membuat mereka sulit untuk mendapatkan akses untuk pendanaan, terlebih khusus yang berbasis syariah.

Oleh karena itu, Indves dibuat untuk menjawab permasalahan tersebut. Bagi Anda pelaku UKM yang ingin mendapat suntikan modal berbasis syariah, Anda bisa langsung mengajukan proposal kepada tim Indves.

Selanjutnya, tim Indves akan melakukan studi kelayakan bisnis terhadap bisnis yang Anda ajukan proposalnya. Jika terbukti layak, maka Indves akan mempublikasikanya di platform mereka.

Jika Anda lebih suka menjadi investor, silakan ajukan menjadi pengguna Indves dan pelajari tiap usaha yang telah dipublikasikan. Jika tertarik, Anda bisa langsung kirimkan nominal uang untuk berinvestasi.

Tertarik mengajukan proposal usaha di Indves?
Tertarik mengajukan proposal usaha di Indves?

Dalam tiap proyek investasi, sudah tertera waktu proyek tersebut berjalan, serta berapa persen keuntungan yang didapat investor nantinya. Jika dana sudah terkumpul, Indves akan menyalurkannya secara langsung kepada pemilik UKM.

Jika target tidak tercapai, Indves akan berdiskusi dengan pelaku UKM yang bersangkutan dan memberikan tiga opsi, yakni: Pelaku UKM tetap menerima dana yang sudah terkumpul, memperpanjang waktu publikasi funding, atau mengembalikan seluruh dana kepada para investor.

Salah satu proyek yang sedang berjalan.
Salah satu proyek yang sedang berjalan.

Dikry, selaku CEO Indves mengajak rekan-rekannya yang juga lulusan UI untuk sama-sama mengembangkan Indves. Mereka adalah Choirudin (sarjana Sistem Informasi) sebagai CTO, dan Muhammad Hasan (mahasiswa Management Marketing) sebagai CMO.

Tim Indves
CEO Indves beserta tim.

Indves juga memiliki divisi khusus dimana mereka bertugas untuk mengkaji isu-isu keuangan terkini serta prinsip-prinsip syariah.

Diharapkan sistem crowdfunding syariah pada Indves akan mampu menjadi pilihan berinvestasi tanpa riba bagi masyarakat Indonesia. Sebagai tambahan informasi, di Indonesia sendiri sudah ada startup investasi syariah di bidang pertanian, yakni iGrow.