JNE Sambangi Banjarmasin Kenalkan Layanan Baru di Bidang IT dan Infrastruktur

700
Logo JNE
Logo JNE

Teknologi.info – Di bulan Maret 2016 tadi, JNE melakukan peluncuran layanan baru mereka yang dinamakan JNE Seven Magnificent. Layanan tersebut berfokus terhadap pengembangan perusahaan logistik yang berdiri sejak tahun 1990 ini di bidang teknologi informasi dan komunikasi (IT) dan infrastruktur.

Dalam kesempatannya di acara JNE Blogger & Media Gathering  di Banjarmasin tepatnya pada Selasa, 24 Mei 2016 di Jukung Coffee Shop, Swiss-BellHotel Borneo Banjarmasin, dijelaskan tentang inovasi terbaru yaitu JNE Seven Magnificent dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan untuk mendistribusikan barang mereka kepada penerima.

Perwakilan JNE Pusat yaitu Hendrianida Primanti selaku Head of Marketing Media Relations Dept JNE Pusat menyebutkan Seven Magnificent adalah 7 layanan atau program terbaru JNE di bidang IT dan infrastruktur untuk memberikan pelayanan maksimal dalam seluruh proses, mulai dari pengiriman sampai dengan proses pengemasan hingga proses penerimaan paket oleh penerima.

Layanan tersebut juga ada karena kebutuhan masyarakat yang meningkat akan distribusi barang akibat pertumbuhan e-Commerce. Sehingga membuat JNE melakukan fokus pengembangan di bidang IT, infrastruktur, dan jaringan seperti gateway, gedung operasional, maupun gerai layanan.

Berikut ini adalah produk atau layanan JNE Seven Magnificent

MyJNE

Aplikasi terbaru dari JNE yang baru dibuat untuk smartphone berbasis Android memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, memonitor status pengiriman paket, mengecek lokasi JNE terdekat, dan melakukan transaksi jual beli antara pejual dan pembeli individual.

Untuk pengguna JNE yang memiliki iPhone dan iPad, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan untuk iOS. Aplikasi ini terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Fitur andalan adalah My COD, MyCOD Wallet/escrow dan JNE Nearby.

JNE – PopBox

JNE bekerjasama dengan PopBox Asia yang merupakan penyedia loker untuk memudahkan bagi penerima mengambil paketnya di loker yang ditentukan bersama dengan pengirim. Hal ini sangat cocok dengan penerima paket yang selalu mobile dan jarang berada di rumah. Lokasi loker tersebar di mall, stasiun kereta api dan kampus.

Produk layanan ini bisa didapatkan di 61 titik di Indonesia yang menyediakan layanan YES (Yakin Esok Sampai) atau di kantor-kantor cabang utama JNE. Kiriman paket dari seluruh Indonesia dengan tujuan ke 33 titik lokasi loker di Jakarta, karena loker PopBox baru tersedia di daerah Jakarta.

Loker untuk menyimpan kiriman sangat mudah dan aman digunakan oleh seluruh pelanggan, baik bagi pelanggan yang mempunya JNE Loyalty Card (JLC) atau bukan. Ukuran loker tesedia ada XL (Extra Large), L (Large), M (Medium), S (Small) dan XS (Extra Small).

Proses untuk menggunakan JNE – PopBox sebagai berikut, pelanggan membawa paket ke JNE dan memilih ukuran loker sesuai dengan pilihan pengiriman. Selanjutnya, menentukan lokasi loker PopBox terdekat dengan penerima. Kemudian, penerima akan mendapatkan SMS berupa kode PIN untuk membuka loker dan membawa pulang paketnya.

Ada batas waktu pengambilan barang dalam layanan JNE – PopBOx yaitu 71 jam atau 3 hari sejak paket disimpan di dalam loker. Jika paket tidak ambil dalam waktu yang ditentukan, maka penerima akan mengambil paket di service center JNE yang telah ditentukan.

JNE Trucking

Layanan ini menggunakan kendaraan truk jenis double-decker sehingga paket dengan minimal berat pengiriman 10 kg akan aman dan mengurangi resiko kerusakan pada saat proses pengiriman. Untuk jumlah, ukuran dan jenis paket yang dapat dikirimkan lebih banyak, besar dan lebih bervariasi, contohnya dapat mengirim sepeda motor untuk kategori <150 cc dan >150 cc dengan tarif tersendiri beda dengan kiriman paket.

Jadwal pengiriman layanan ini tetap yang tidak peka waktu, tidak cocok untuk pengiriman makanan yang hanya bertahan dalam beberapa jam. JNE memberikan estimasi waktu pengiriman antara 3 sampai dengan 7 hari kerja tergantung kota tujuan. Untuk menggunakan layanan ini dapat menghubungi contact center JNE.

JNE International Shipment

Bagi yang mau mengirim barang atau paket ke luar negeri, JNE mempunyai layanan pengiriman internasional dengan bekerja sama mitra strategis. Pengiriman ini mencakup ke lebih dari 200 negara utama tujuan di semua benua.

JNE menawarkan harga yang kompetitif serta dapat melakukan monitoring status paket di website sehingga pelanggan tahu dimana paket berada sekarang. JNE melaporkan pengiriman menggunakan layanan ini mencapai lebih dari 1.000 kiriman.

@Box Pre-Paid

JNE sekarang menyediakan kardus kotak atau box untuk mengemas barang dan persediaannya terbatas di berbagai gerai. Dengan box ini dapat digunakan sebagai alat pendukung pengiriman dan diperjualbelikan untuk kepentngan pengiriman dimana harga box sudah termasuk ongkos kirim.

Tersedia dua jenis box yaitu @Box 2 Prepaid 2 dengan ukuran: P.30 x L.30 x T.12 dengan volume 1,9 meter kubik dan berat maksimal 3 kg. sedangkan @Box Prepaid 3 dengan ukuran: P.35 x L.33 x T.17 dengan volume 2,7 meter kubik dan berat maksimal 5 kg.

CD Musik

Sebagai bentuk dukungan JNE terhadap musik Indonesia dan kampanye “Stop CD Bajakan”, maka terjalinlah kerjasama dengan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia) dengan memasarkan CD Musik Indonesia  terlebih dahulu di gerai JNE sekitar Jakarta. Selain itu, CD musik ini juga dijual di website Pesona.

Super Speed

JNE memberikan layanan untuk pengiriman barang dalam satu hari dengan nama Super Speed yang disingkat SS.

Selain itu, JNE juga memiliki fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan yang ekstra terhadap pelanggan. Seperti akun resmi social media JNE untuk melakukan komunikasi langsung kepada pelanggan, JNE memiliki Facebook (JNE), Twitter (@JNE_ID), Instagram (JNE), Youtube (JNE) dan LinkedIn (JNE).

Tidak hanya di aplikasi mobile, pelanggan dapat mengecek status pengiriman  maupun posisi barang alias trace and tracking di website JNE. Termasuk juga melakuan cek tariff pengiriman agar memudahkan proses transaksi jual beli dalam aktifitas online.

Ada juga layanan online untuk mendaftarkan paket yang ingin dikirimkan kepada pelanggan dengan mendapatkan nomor resi secara online dan tidak perlu mengantri lama di counter. Layanan itu bernama JNE Online Booking (JOB) memberikan kemudahan bagi pelanggan online marketplace seperti Lazada ketika melakukan transaksi online.

Tidak hanya itu, customer service JNE dengan jumlahnya 100 orang siap membantu selama 24 jam dan terbuka melalui berbagai saluran komunikasi, yaitu:

  • Contact center di nomor telepon 021-29278888
  • Email: [email protected] untuk seluruh retail customer dan email khusus pickup service (corporate customer) [email protected]
  • Akun Twitter @JNEcare
  • Walk in Center Customer Care di Gedung JNE Lantai Mezanine Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat

DukunganTerhadap UKM

JNE sangat mendukung terhadap keberadaan UKM (Usaha Kecil Menengah), selain dengan membantu dalam proses pengiriman barang sampai ke penerima. JNE mendirikan PESONA (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) pada tahun 2010 sebagai wadah bagi para UKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

Awalnya, PESONA menjual produk UKM secara offline sekarang pembeli dapat mengakses secara online melalui website www.pesonanusantara.co.id serta tersedia melalui aplikasi mobile. Dalam website terdapat 3000 jenis makanan dari seluruh Indonesia yang dapat dipesan lalu dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Bagi UKM yang ingin menjadi vendor di PESONA dapat melihat persyaratannya pada website di halaman tentang Syarat dan Ketentuan.

Advertisements