28.6 C
Banjarmasin
Rabu, Februari 8, 2023

Tanya Veronika Asisten Virtual

Pelanggan Telkomsel kini bisa berinteraksi dengan Asisten Virtual. Yuk, Tanya Veronika

Teknologi.infoTanya Veronika Asisten Virtual – Generasi 90an mungkin sudah tidak asing lagi dengan Telkomsel Veronika. Dulu memang ada yang namanya Veronica (menggunakan C bukan K) karena merupakan akronim dari Voice Response and Info Care. Fitur ini dulu seperti mesin penjawab yang bisa diakses melalui nomor 222 kala itu. Nah, sejak Agustus tahun 2017, Telkomsel menghadirkan kembali Veronika dalam bentuk Asisten Virtual yang kali ini memiliki basis chatting untuk menjawab tanya dari para pelanggan.

Apa itu Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel?

Veronika merupakan asisten virtual dari Telkomsel yang berfokus pada layanan pelanggan secara digital berbasis chatbot. Hal ini tentu saja untuk mempermudah pelanggan Telkomsel saat membutuhkan Customer Service (Pelayanan Pelanggan). Jadi, jika ada kendala, tinggal Tanya Veronika saja.

Apa saja yang bisa kita tanyakan kepada Veronika?

  • Mengecek sisa kuota Internet yang tersedia
  • Penukaran Telkomsel POIN
  • Mencari lokasi GraPARI yang paling dekat dengan posisi Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengetik “GraPARI terdekat” di kolom chat, lalu aktifkan fitur “Share Location”.
  • Pembelian paket Internet
  • dan informasi seputar layanan dan produk lainnya milik Telkomsel

Layanan Asisten Virtual Veronika dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

Asyiknya, layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini bisa diakses kapan saja dan darimana saja asalkan Anda terhubung dengan internet dan saluran yang disediakan. Apa saja saluran (channel) yang bisa Anda gunakan untuk dapat mengakses Veronika?

Hingga tulisan ini terbit, sedikitnya ada 6 channel yang bisa Anda pakai untuk bertanya ke asisten virtual Veronika, yakni:

  1. MyTelkomsel di https://my.telkomsel.com/app/chatbot?_ga=2.81706135.1092704767.1611639522-651816181.1611544393 atau unduh aplikasinya di https://www.telkomsel.com/mytelkomsel?_ga=2.103060736.1092704767.1611639522-651816181.1611544393 (lihat contoh di akhir tulisan ini)
  2. Situs resmi website Telkomsel di https://www.telkomsel.com/
  3. Via WhatsApp di https://tsel.me/wa3
  4. Dengan Facebook Messenger di https://tsel.me/fbVA3
  5. Melalui Telegram di https://tsel.me/TelegramVA3
  6. serta aplikasi LINE di https://tsel.me/lineVA3

Untuk memulai pertanyaan atau percakapan dengan Veronika si asisten virtual ini, Anda cukup mengirimkan pesan dengan mengetik “Halo”, “Hai” atau memilih opsi yang tersedia di menu “Quick Response”.

Jangan khawatir jika Anda takut ada yang mengaku-ngaku sebagai Anda dan memasukan nomor seluler Anda kemudian menyalahgunakan data pribadi Anda (misalnya untuk penipuan dan sebagainya.). Sebab, saat memulai percakapan, nanti Veronika Telkomsel meminta semacam tahap verifikasi untuk memasukan nomor handphone milik kita. Saat kita mengirimkan nomor HP kita di dalam chat, nanti akan ada kode verifikasi yang terkirim melalui SMS ke nomor Telkomsel kita.

SMS OTP Verifikasi Tanya Veronika
SMS OTP Verifikasi Tanya Veronika

Mohon sangat berhati-hati ketika memasukkan Kode OTP (Verifikasi) di dalam chat, sebab jika salah 3x memasukan kode OTP berturut-turut, Anda akan terblokir selama 5 menit. Hal yang sama juga akan terjadi jika Anda request kode OTP sebanyak 3x. Bagaimana jika masih saja salah? Asisten Virtual Veronika memberikan batas maksimal 9x dalam sehari. Artinya, jika Anda -setelah 9x- gagal, Anda akan terblokir selama 24 jam. Kemudian bisa menghubungi Veronika esok harinya. So, berhati-hatilah dalam memasukan kode OTP. Kebangetan mah kalau sampai salah 9x, kecuali memang orang-orang iseng yang mencoba memasukan yang bukan nomor milik mereka sendiri.

Jika Anda sudah mendapat jawaban melalui channel yang tersedia kemudian ingin mengakhiri chat atau pertanyaan, cukup ketik “Cancel” atau “Batal”. Perintah ini juga berlaku jika Anda ingin menganti topik pertanyaan di dalam chat.

Berbagai Contoh Perintah atau Tanya Veronika

Kami mencoba merangkum dengan menelusuri tagar #TanyaVeronika di Facebook dan Twitter, ternyata lumayan banyak loh yang bisa dilakukan asisten virtual Veronika ini. Berikut beberapa yang kami rangkum di lapangan:

No.Ketik PerintahFungsi
1Kuota Ketengan InstagramKuota untuk online di Instagram
2OMGSatu paket untuk Facebook, Twitter, Instagram hingga Youtube
3Cek Masa AktifCek masa aktif nomor telepon selular Anda
4DisneyPaket untuk menonton HotStar Disney
5Bayar TagihanMeminta Veronika untuk membantu membayar tagihan Kartu Halo
6ComboPilihan beragam paket Combo dari Telkomsel
7Ganti KartuMeminta informasi terkait pengantian kartu SIM Card milik Anda
8Isi KuotaPerintah untuk memilih opsi paket data yang tersedia
9Kuota Ketengan YoutubeKuota untuk menonton Youtube
10KuisPerintah untuk Veronika agar menampilkan pertanyaan dan Anda bisa menjawabnya
11Beli PaketPerintah untuk memilih opsi pembelian paket data
12CloudXPerintah untuk mengatur jadwal Video Call
13HumorVeronika akan memberikan candaan/jokes
14KulinerInformasi tentang makanan
15PromoUntuk mengetahui promo apa saja yang tersedia

Masih banyak sebenarnya dan Anda bisa mencoba-cobanya sendiri. Jika lupa, cukup sapa saja Veronika, nanti akan keluar opsi menu default-nya.

Lebih Mudah Tanya Veronika Asisten Virtual via Aplikasi MyTelkomsel

Dengan aplikasi MyTelkomsel, bertanya ke Veronika menjadi lebih mudah. Dalam pengalaman kami, kami tidak perlu memasukan kode rahasia (berbeda dengan saat mencoba di situs Telkomsel). Hal ini bisa dimaklumi, karena dengan aplikasi MyTelkomsel, nomor kita sudah terverifikasi sebelumnya.

Bagaimana Cara Bertanya dengan Veronika di MyTelkomsel?

Caranya cukup mudah, silakan lihat langkah dan tangkapan layar berikut ini:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel di smartphone Anda. Jika belum memiliki, silakan download terlebih dahulu di sini.
  2. Setelah berhasil login, silakan scroll ke bawah hingga menemukan section “Layanan Konsumen”, nanti ada menu “Tanya Veronika” (seperti ditunjukan dengan panah pada gambar di bawah ini.

    Menu Tanya Veronika Asisten Virtual di Aplikasi MyTelkomsel
    Menu Tanya Veronika Asisten Virtual di Aplikasi MyTelkomsel
  3. Silakan mulai bertanya.

    Tanya Veronika via MyTelkomsel
    Tanya Veronika via MyTelkomsel
  4. Dan berikut beberapa contoh percakapan yang kami coba, mulai yang formal sampai yang “gombal” wkwkwk.

Apakah interaksi hanya melalui chat? Tidak, opsi berbicara dengan operator tetap disediakan koq untuk kasus-kasus khusus. Cukup mudah, bukan? Jadi, sekarang jika Ada kendala bisa langsung Tanya Veronika Asisten Virtual serbaguna milik Telkomsel saja.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!