28.6 C
Banjarmasin
Minggu, Desember 10, 2023

Cara Buka Situs yang Diblokir

Teknologi.info – Kenapa ada situs yang diblokir? Ada beberapa alasan mengapa suatu situs dapat diblokir di browser seperti Google Chrome. Hal ini mungkin disebabkan oleh pemerintah atau penyedia layanan internet yang memutuskan untuk memblokir akses ke situs tersebut karena alasan keamanan atau konten yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka. Namun, kadang-kadang situs dapat diblokir karena ada kesalahan konfigurasi atau masalah teknis yang membuat situs tidak dapat diakses. Bagaimana cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome tanpa aplikasi tambahan?

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Anda dapat menggunakan VPN gratis atau berbayar untuk terhubung ke jaringan internet melalui server di negara lain, yang dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir di negara Anda. Anda juga dapat mencoba menggunakan proxy online atau mengatur proxy di pengaturan browser Anda untuk mengakses situs yang diblokir.

Pada artikel kali ini, kami khusus membahas cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome (karena berdasarkan statistik kami, pengunjung Teknologi.info ini lebih banyak menggunakan Chrome daripada browser lain (Firefox di urutan kedua, diikuti Opera, Safari dan Edge)

Beberapa Cara untuk Membuka Situs yang diblokir melalui Google Chrome

Untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

  1. Coba periksa apakah ada kesalahan pengetikan atau tanda baca di URL situs yang Anda masukkan. Jika ada kesalahan, coba ketik ulang URL dengan benar.
  2. Coba buka situs tersebut menggunakan proxy. Anda dapat menggunakan layanan proxy online gratis atau mengatur proxy di pengaturan browser Anda.
  3. Coba gunakan VPN (Virtual Private Network) untuk terhubung ke jaringan internet melalui server di negara lain. Ini dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir di negara Anda.
  4. Jika masalahnya adalah koneksi internet yang lambat, coba restart modem atau router Anda atau hubungi penyedia layanan internet Anda untuk memastikan bahwa semua perangkat Anda terhubung dengan benar.
  5. Jika masalahnya adalah blokir akses ke situs tersebut oleh pemerintah atau penyedia layanan internet Anda, Anda mungkin perlu menggunakan teknik lain seperti menggunakan Tor Browser atau mengatur proxy di perangkat Anda.

Cara Paling Mudah tanpa Aplikasi Tambahan

Lebih spesifik, kami akan mencontohkan cara paling mudah buka situs yang diblokir di browser Chrome, yakni dengan menggunakan fitur DNS yang sudah tersedia dari Chrome. Anda tidak perlu lagi instal ekstension atau add on tambahan lain. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Google Chrome anda dan klik pada kanan atas dan pilih “Settings“:
    menu settings google chrome
  2. Begitu menu baru terbuka, silakan pilih “Privacy and Security” lalu klik bagian menu yang bertuliskan “Security“:
    Settings Privacy and security chrome
  3. Setelah menu “Security” terbuka, silakan scroll/geser ke bawah hingga bertemu dengan pengaturan “Use Secure DNS“:
    use secure dns chrome
  4. Tinggal pilih Cloudflare (1.1.1.1) atau Google (Public DNS).
  5. Selesai, silakan coba buka situs yang sebelumnya diblokir. Jika masih terblokir, coba gunakan Hard Refresh dengan menekan CTRL+F5 (beberapa komputer/laptop yang lain haru menekan tombol Fn juga, sehingga menjadi CTRL+Fn+F5 secara bersamaan)

Beberapa rekan menggunakan cara ini untuk membuka Reddit. Apa yang dicari di sana? Mereka mengatakan ingin melihat diskusi di subreddit R/One Piece seperti spoiler ataupun spekulasi para nakama. Sayangnya Reddit diblokir di Indonesia, jadilah menggunakan DNS dari Cloudflare untuk mengaksesnya.

Yang manapun, pastikan anda untuk memahami risiko terkait dengan penggunaan teknik tersebut dan pertimbangkan apakah ini tindakan yang legal dan sesuai dengan prinsip-prinsip etika Anda.

Apakah Berbahaya Menggunakan DNS Public?

Menggunakan public DNS pada Google Chrome dapat memiliki beberapa resiko, terutama jika Anda tidak memahami bagaimana DNS (Domain Name System) bekerja atau tidak memperhatikan keamanan dan privasi Anda. Berikut ini beberapa resiko yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan public DNS:

  1. Keamanan: Jika Anda tidak memasang keamanan yang tepat, penyerang dapat menyusup ke dalam jaringan Anda melalui public DNS yang Anda gunakan.
  2. Privasi: Public DNS dapat memonitor aktivitas internet Anda dan mengumpulkan data tentang situs yang Anda kunjungi. Ini dapat menjadi masalah privasi jika Anda tidak ingin data Anda dikumpulkan atau dijual kepada pihak ketiga.
  3. Kemungkinan gagal: Public DNS dapat gagal atau terputus, yang dapat menyebabkan Anda tidak dapat mengakses beberapa situs atau layanan yang Anda gunakan.
  4. Biaya: Meskipun beberapa public DNS gratis, ada juga yang berbayar. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan public DNS berbayar, pastikan untuk memperhitungkan biaya yang terkait dan pertimbangkan apakah itu merupakan pengeluaran yang layak bagi Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan DNS publik yang aman dan terpercaya yang memperhatikan privasi dan keamanan Anda (seperti milik Cloudflare dan Google), atau Anda dapat mengatur DNS pribadi yang aman di jaringan Anda. Pastikan untuk memahami risiko yang terkait dengan penggunaan DNS publik dan pertimbangkan apakah ini tindakan yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Cloudflare dan Apple membuat Protokol DNS Baru untuk Lindungi Data dari ISP

Oh iya, cara di atas juga bisa untuk membatasi aktivitas internet anak. Pilih saja opsi “Clean Browsing (Family Filter)“. Akan tetapi, tetap dipantau, ya? 🙂

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?
error: