Yahoo dibeli Verizon dengan Nilai Hampir 65 Triliun Rupiah?

455
Yahoo dibeli Verizon
5 Miliar US Dolar disiapkan Verizon untuk membeli Yahoo

Teknologi.info – Verizon sepertinya akan mengumumkan hal terkait kesepakatan untuk membeli Yahoo dengan nilai US$5 miliar atau setara dengan hampir 65 triliun Rupiah. Menurut situs Recode, proses pembelian ini belum selesai. Akan tetapi, dewan direksi Yahoo sudah menetapkan bahwa Verizon yang nanti akan berperan sebagai pemilik baru.

Jika benar, ini merupakan langkah terbaru bagi Verizon untuk menjadi lebih dari sekedar perusahaan telekomunikasi. Tahun 2015 yang lalu, Verizon juga membeli AOL dengan angka US$ 4,4 miliar. Pada masa itu, banyak pihak menanyakan langkah yang diambil Verizon ini.

Tidak berhenti pada “keanehan” pembelian AOL; tahun 2016 ini, Yahoo akan menjadi versi “aneh” kedua dari langkah yang ditetapkan Verizon karena banyak pakar menilai, layanan dari Yahoo sudah banyak yang “usang”. Bahkan beberapa pengunjung TheNextWeb mengatakan, “ayolah, mana ada orang yang membicarakan Yahoo di tahun 2016 ini?”

Seperti diketahui, layanan milik Yahoo yang masih disukai adalah Berita dan Yahoo Sport serta email. Kemungkinan besar, layanan lain akan dihapuskan jika Verizon sudah resmi mengambil alih Yahoo.

Menariknya, nilai yang digunakan Verizon untuk membeli Yahoo bukanlah jumlah dolar yang besar, meningat layanan sosial seperti WhatsApp dan LinkedIn yang baru-baru ini dijual bernilai 4-5x lebih tinggi dibanding harga yang disematkan pada Yahoo.

Sebenarnya masih ada Flickr dan Tumblr di Yahoo yang juga harus dipertimbangkan Verizon. Kendati demikian, belum diketahui pasti seperti apa rencana Verizon untuk Yahoo ke depannya; apakah beroperasi sebagai anak perusahaan, atau mengoperasikannya langsung di bawah nama Verizon? Sehingga, tidak heran ada kekhawatiran beberapa layanan favorit yang sudah ada sebelumnya akan berubah drastis atau mungkin ditiadakan sama sekali.

Verizon tidak menginginkan Marissa Mayer

Marissa Mayer CEO Yahoo
CEO Yahoo: Marissa Mayer

Sejak mengambil alih Yahoo, Marissa Mayer membuat dirinya sibuk untuk melakukan akuisisi perusahaan kecil yang kebanyakan fokus kepada teknologi mobile. Beberapa hasil yang bisa terlihat semenjak Mayer menjabat CEO adalah aplikasi mobile Yahoo yang lebih modern dan menarik, terutama pada aplikasi eMail.

Lainnya? Tidak begitu banyak. Gizmodo menulis apa yang dilakukan Mayer -mengakuisisi perusahan-perusahaan kecil- terlihat tidak begitu ada pengaruhnya ke Yahoo.

Flickr dan Tumblr, dua andalan Yahoo, juga mendapat sorotan. Keduanya memiliki nilai yang seharusnya cukup besar dan kuat. Meski begitu, belum bisa begitu mengangkat Yahoo kala itu. Padahal, Flickr pernah menjadi situs sharing foto nomor 1 di dunia dan Tumblr juga menjadi alternatif lain untuk platform blog yang dipakai para selebritis.

Dan mungkin, karena inilah Verizon dilaporkan tidak tertarik untuk “mempertahankan” Mayer di Yahoo jika mereka resmi membelinya. Kandidat terkuat penerusnya adalah Tim Armstrong yang saat ini masih menjabat sebagai “bos” AOL. Bukan tanpa alasan, Armstrong pernah mengusulkan merger antara AOL dan Yahoo meski Mayer ketika itu menolaknya.

Baca juga: Jika dipecat, Ini Nilai Pesangon Marissa Mayer dari Yahoo!

Kita lihat saja seperti apa terobosan Verizon terhadap Yahoo nanti. Mungkin Yahoo menyesali mengapa berpuluh-puluh tahun lalu mereka menolak sistem pencarian dari Larry dan Sergey sebelum keduanya mendirikan Google; yang ternyata mampu jauh melampaui Yahoo saat ini.

Advertisements