Bukalapak Tidak Gentar dengan Datangnya Amazon di Indonesia

682
CEO Bukalapak.com Achmad Zaky
CEO Bukalapak.com Achmad Zaky (Foto: Instagram)

Teknologi.info – Berita akan hadirnya raksasa eCommerce dunia Amazon.com di Indonesia beberapa waktu lalu mendapat tanggapan dari Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak.com. Achmad Zaky mengatakan jika kabar tersebut tidak perlu terlalu dibesar-besarkan.

Kemarin Kamis (23/06/2016) di Jakarta, saat event Ngelapak Bareng Media, Zaky mengatakan:

“Seolah-olah rakyat Indonesia itu memiliki anggapanjika buatan luar negeri selalu lebih baik dibanding produk lokal. Kesan yang tertangkap seperti itu”

“Jika ada pemain eCommerce luar negeri ke Indonesia, saya justru senang. Ibaratnya kita seperti masuk kelas unggulan. Kaget jelas iya, namun akan membuat kita menjadi lebih baik lagi” tuturnya.

Baca juga: $US600 juta disiapkan Amazon untuk Gempur Pasar Indonesia

Oleh sebab itu, Zaky juga seraya mengingatkan jika dalam berbinis wajib memiliki mental kecoa; berusaha meski dengan kondisi yang apa adanya namun memiliki kemauan untuk terus maju dan berkembang.

“Pandangan orang kebanyakan harus dibenahi, rakyat Indonesia butuh mental pejuang. Di Bukalapak, mental ini yang sedang saya bangun,” sambungnya.

Maka dari itu, Zaky juga menyerukan kepada pelaku UKM serta penggiat usaha untuk tidak perlu gentar terhadap serangan raksasa eCommerce seperti Amazon.

“Normal saja, tidak perlu takut. Kita wajib berkompetisi dengan berani serta terus berkembang. Kita juga harus bisa berkreasi, tidak melulu hanya menjadi konsumen saja,” tutupnya.

Memang, melihat fakta nilai investasi yang dicanangkan Amazon ke Indonesia bukanlah hal yang sepele. Perusahaan eCommerce yang dipunggawai oleh Jeff Bezos ini siap merogoh kocek hingga 7,8 triliun Rupiah! Amazon yang berkantor pusat di Seatlle Washington adalah perusahaan online pengecer terbesar di Amerika Serikat. Amazon memiliki banyak varian produk, mulai produk digital sampai ke produk-produk yang bersifat kebendaan seperti alat elektronik, furniture hingga buku.

Selain itu juga, Amazon juga memiliki tablet dan smartphone dengan merek Kindle dan Kindle Fire. Bahkan, beberapa waktu yang lalu pihak Amazon juga mengembangkan bisnis travelling ke luar angkasa!

Sangat menarik memperhatikan kiprah Amazon di Indonesia serta melihat perusahaan lokal Indonesia bersaing. Dengan tingginya kompetisi yang ada, pada akhirnya konsumen juga yang akan diuntungkan dengan beragam inovasi dan tentunya promosi.