Bailang Papadaan: Dari Forum Mahasiswa Menjadi Ikatan Mahasiswa IT Kalimantan Selatan

Share:

Teknologi.info – Acara Bailang Papadaan (Jaringan Mahasiswa IT se-Kalsel) yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM) FMIPA Universitas Lambung Mangkurat dengan tema “Batamuan Bahadapan, Barunding Barakatan, Matan Kita Papadaan” berhasil diselenggarakan dengan sukses dan lancar.

Pertemuan yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (21-22 Mei 2016) kemarin di Aula Dekanat FMIPA dan Rusunawa Universitas Lambung Mangkurat(ULM) Banjarbaru juga dihadiri perwakilan Gubernur dan Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Ibu Mariatul Asiyah selaku Asisten 2 Bidang Pembangunan sebagai perwakilan Gubernur Kalimantan Selatan mengatakan bahwa, “Pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini, guna membantu pemerintah dalam peningkatan Teknologi Informasi, mudah-mudahan forum ini nantinya bisa memberikan peran positif demi kemajuan Kalimantan Selatan.” Selain memberikan sambutan, beliau juga membuka secara resmi acara ini.

Mariatul Asiyah, Kalsel, Organisasi Mahasiswa, IT

Ibu Mariatul Asiyah, Asisten 2 Bidang Pembangunan Pemprov Kalsel dalam pembukaan Bailang Papadaan (Jaringan Mahasiswa IT se-Kalsel)

Sedangkan sambutan dari Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Selatan oleh H. Bahrom Majie selaku Kasi Telekomunikasi dan Telematika menyampaikan tentang e-Government dan Internet Sehat, “Sekarang ini pemerintah sedang rajin-rajinnya menggalakkan e-Government, disinilah peran mahasiswa terlebih mahasiswa IT untuk berkontribusi bagi kemajuan daerah. Namun seiring dengan majunya TI kita harus selalu mawas diri dengan bahayanya konten negatif di internet. Karena seks bebas lebih berbahaya ketimbang narkoba.”

Dalam acara yang mengundang 10 organisasi mahasiswa (ormawa) IT dari 8 Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan yang bisa berhadir hanya 8, sedangkan 2 yang lainnya berhalangan hadir karena terhalang kegiatan masing-masing kampusnya. Adapun ormawa yang hadir yaitu HIMAKOM FMIPA ULM, HIMPIKOM FKIP ULM, HMTI FT ULM, HME POLIBAN, HMPTI STKIP PGRI Banjarmasin, HMPTI UNISKA Banjarmasin, HIMA TI Politeknik Hasnur Banjarmasin, dan HIMA TI  Politeknik Tanah Laut.

Respon yang positif dan setuju dari peserta berbagai ormawa dalam pertemuan ini dengan terbentuknya Forum Mahasiswa IT se-Kalsel dan dilanjutkan dengan usaha untuk membentuk Ikatan Mahasiswa IT se-Kalsel.

Hal itu tertuang dalam berita acara yang ditandatangani seluruh perwakilan ormawa IT yang hadir. Sehingga diharapkan dengan terbentuknya forum ini, seluruh ormawa IT di Kalsel bisa mempererat tali persaudaraan dan berjalan berirama untuk mengembangkan serta memajukan potensi-potensi daerah.

Rangkaian kegiatan setelah acara pembukaan yaitu pertama Studi Banding yaitu memperkenalkan masing-masing organisasi mahasiswa serta program kerja mereka. Selanjutnya, diadakan Focus Group Discussion dengan membagi acak ormawa menjadi 4 kelompok dengan isu berupa topik khusus dan permasalah yang sedang dialami mahasiswa IT di Kalsel.

Kegiatan diakhiri dengan kesepakatan hasil diskusi yaitu diadakannya konferensi dimana setiap ormawa sepakat untuk membuat sebuah Forum Mahasiswa IT se-Kalsel dan memproses pembentukan sebuah Ikatan Mahasiswa IT Kalimantan Selatan.

organisasi mahasiswa IT, kalsel,

Foto Bersama seluruh Ormawa IT yang hadir di Acara Bailang Papadaan (Jaringan Mahasiswa IT se-Kalsel)

*Teknologi.info adalah Media Partner untuk kegiatan Bailang Papadaan (Jaringan Mahasiswa IT se-Kalsel)

Bailang Papadaan: Dari Forum Mahasiswa Menjadi Ikatan Mahasiswa IT Kalimantan Selatan | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar