28.6 C
Banjarmasin
Jumat, Maret 29, 2024

Bersama Lippo Group, Grab Kembangkan Platform Pembayaran e-Money

Teknologi.info – Kerjasama kedua perusahaan besar kembali dilakukan antara Grab sebagai layanan pemesanan kendaraan terbesar Asia Tenggara berbasis aplikasi dengan Lippo Group yaitu salah satu grup perusahaan layanan konsumen terbesar di Indonesia. Kolaborasi yang dilakukan adalah mengembangkan platform pembayaran e-Money di Indonesia.

Hadirnya layanan pembayaran ini bisa dapat digunakan oleh lebih dari 50 juta pelanggan yang ditotalkan dari kedua perusahaan tersebut. Pelanggan dapat memakainya saat melakukan pembayaran dari aplikasi Grab untuk seluruh layanan lintas perusahaan ritel Lippo baik itu department store, Hypermart, Matahari, bioskop, kedai kopi hingga e-Commerce.

Apa yang dilakukan Grab dan Lippo Group merupakan perluasan kemitraan strategis yang ditandatangani kedua perusahaan tersebut pada bulan Maret tadi. Lippo Group akan membuat platform pembayaran universal yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk men-top up akun e-Money mereka dan menggunakannya untuk membayar layanan dan produk dari Lippo secara digital.

Sedangkan Grab akan mengintegrasikan platform pembayaran aplikasi Grab sebagai opsi mobile wallet di dalam fitur GrabPay. Sehingga pengguna smartphone dapat menggunakan aplikasi Grab tidak hanya untuk membayar kebutuhan transportasi, namun juga layanan dan produk gaya hidup lainnya.

Dalam rilis pers-nya, Anthony Tan sebagai Co-Founder dan CEO dari Grab menyatakan, “Kami sangat menghargai upaya pemerintah untuk mendorong Indonesia menuju masyarakat non-tunai, dan kami menantikan untuk dapat berkontribusi guna mencapai tujuan ini. Kemitraan Grab dengan Lippo Group untuk mengembangkan platform pembayaran universal akan menjadi langkah maju untuk e-Money di Indonesia. Dengan pertumubhan pesat dari kelas menengah, masyarakat akan menginginkan opsi mobile wallet di dalam aplikasi Grab, yang dapat mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk transportasi atau pembayaran transaksi-transaksi mendasar lain.”

“Mengembangkan platform pembayaran mobile di Asia Tenggara memiliki potensi yang tidak terbatas. Banyak masyarakat Asia Tenggara yang belum menggunakan layanan perbankan, namun memiliki perangkat mobile. Kita perlu mencari solusi non-tunai yang dapat membantu mereka mengelola uang, dan mobile wallet merupakan salah satu jawabannya. Kemitraan dengan Lippo Group ini merupakan satu langkah maju guna mencapai tujuan Grab untuk menyediakan solusi pembayaran mobile kepada jutaan orang di Asia Tenggara. Kami akan bekerja sama dengan mitra lokal untuk mewujudukan transaksi non-tunai bagi sebagian besar masyarakat Asia Tenggara,” tambah Anthony Tan.

Pilihan Indonesia sebagai tempat pengembangan layanan pembayaran ini karena merupakan pasar terbesar bagi Grab sehingga mereka siap berinvestasi untuk membuat layanan-layanan baru yang sesuai untuk masyarakat Indonesia.

Hal itu diperjelas oleh Ridzki Kramadibrata sebagai Managing Director untuk Grab Indonesia, “Indonesia merupakan pasar terbesar Grab, dan kami berinvestasi untuk mengembangkan layanan-layanan baru yang sesuai untuk masyarakat Indonesia. Ada kesempatan yang sangat besar untuk meningkatkan pembayaran non-tunai mobile di Indonesia. Kami ingin membantu sekitar 95% masyarakat Indonesia yang tidak menggunakan kartu kredit, untuk dapat menikmati pengalaman yang mulus dari pembayaran non-tunai. Selain tumpangan yang aman dan nyaman, kami akan terus bermitra dengan perusahaan Indonesia terbaik di kelasnya untuk meluncurkan layanan-layanan baru untuk dapat lebih baik lagi melayani masyarakat di Indonesia.”

Direktur dari Lippo Group, Adrian Suherman juga memberi keterangannya, “Lippo Group berkomitmen untuk mentransformasi kehidupan masyarakat Indonesia, dan kami ingin bekerja sama dengan mitra seperti Grab yang memiliki visi yang sejalan. Platform pembayaran universal ini akan memungkinkan pelanggan kami untuk membayar secara non-tunai di perusahaan ritel online dan offline kami – Dan kami juga akan memperkenalkan lebih banyak merchant dan layanan dari para mitra kami. Masyarakat Indonesia sekarang dapat menikmati kenyamanan dalam menggunakan perangkat mobile dan aplikasi Grab mereka untuk melakukan top-up dan pembayaran, serta mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.”

Peluncuran platform pembayaran kerja sama Grab dan Lippo Group ini mulai dari kuartal keempat tahun 2016. Dimulai diluncurkan untuk perusahaan-perusahaan dari Lippo Group dan selanjutnya diintegrasikan ke dalam aplikasi Grab secara bertahap.

Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?
ROG Phone 8