Ketahui Fakta-Fakta tentang Laptop Hybrid

869
Laptop Hybrid, 2 in 1,
Laptop Hybrid (sumber: www.2013laptop.com)

Teknologi.info – Sekarang lagi tren konsep produk laptop dengan bentuk yang dapat dilepas dan dapat dipasang keyboard-nya di pasaran Indonesia. Banyak penamaan untuk produk tersebut, ada yang menyebut dengan tablet, ada juga yang menyebut dengan 2 in 1 dan terakhir disebut dengan laptop hybrid.

Laptop hybrid alias 2 in 1 pertama dikeluarkan oleh vendor Dell dengan namanya Compaq TC1000. Produk ini layarnya bisa diputar berbagai arah sampai menjadi sebuah tablet tanpa dioperasikan dengan keyboard. Untuk menggantikan peran keyboard, maka digunakan stylus memakai baterai AAAA dengan nama julukann finepoint. Produk ini mendapatkan penghargaan Good Design Award tahun 2003.

Compaq TC1000
Compaq TC1000

Convertible adalah penamaan untuk desain pada laptop hybrid dimana keyboardnya yang dapat sembunyi baik dilipat atau digeser ke belakang tanpa melepasnya. Beberapa vendor membuat keyboard dengan cara sliding agar lebih mudah dioperasikan. Karena masih terasa seperti laptop maka jenis keyboard seperti itu banyak peminatnya.

Samsung pun tidak ketinggalan, untuk pertama kalinya mereka merilis produk laptop hybrid dengan memberi nama Galaxy TabPro S. Spesifikasinya dengan layar 10 inci memakai Windows 10, tebal 6,3 mm dan berat 693 gram. Ditambah koneksi kabel untuk port microHDMI dan USB Type A dan C. Fitur yang disematkan ialah Flow yang mampu berhubungan dengan smartphone Android Samsung Galaxy melalui sambungan NFC (Near Field Communication).

Samsung, Galaxy TabPro S
Samsung Galaxy TabPro S

Makin berkembangnya zaman dan teknologi serta menguatnya minat terhadap tablet. Maka muncul laptop hybrid yang detachable alias keyboard dapat dilepas dengan layarnya. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah dibawa karena lebih ringan dan bisa menggunakan keyboard virtual jika ingin mengetik.

Laptop hybrid untuk anak-anak juga disediakan, vendornya yang membuat adalah Kurio dinamakan Smart. Spesifikasinya adalah layar 8,9 inci, processor Bay Trail 1,8 GHz dari Intel dengan keyboard dapat dilepas. Memakai sistem operasi Windows 8.1 yang diklaim bisa upgrade ke Windows 10. Memori laptop ROM 32 GB dengan kapasitas baterai 4.000 mAh. Laptop ini juga ditambahkan aplikasi Family Safety supaya orang tua bisa mengontrol penggunaan untuk anak.

Kurio, Smart, laptop hybrid
Kurio produksi laptop hybrid untuk anak dengan nama Smart

Microsoft ikut juga memproduksi dengan nama Surface untuk laptop hybrid. Tahun 2013 dibuatlah Surface 2, tapi tak bisa disebut 2 in 1 karena tak disediakan keyboard hanya tablet saja seperti iPad. Namun hal itu bisa ditambah sebuah keyboard yang fleksibel sehingga bisa berfungsi jadi laptop hybrid. Surface sendiri sudah mempunyai banyak seri.

Versi Surface pertama tahun 2012, selanjutnya Surface Pro, Surface 2, Surface Pro 2, Surface Pro 3, Surface 3, Surface Hub, Surface Pro 4 dan Surface Book. Untuk Surface Book lebih disebut notebook daripada laptop hybrid.

surface, microsoft
Surface, laptop hybrid dari Microsoft

Microsoft pun mengemas Surface dengan keyboard convertible yang diberi nama Surface Book. Seri ini menggunakan processor dari Intel yang bertenaga namanya Skylake dengan layar 13,5 inci yang banyak diburu konsumen karena lebih besar layarnya daripada yang biasanya.

Bagaimana dengan Apple? Apakah ikut memproduksi laptop hybrid juga? Hal itu ditanyakan banyak jurnalis kepada Tim Cook sebagai CEO Apple Corp untuk menggabungkan konsep iPad dengan MacBook. Tapi apa jawaban Tim Cook, inilah jawabannya. “Apa pun bisa digabungkan. Tetapi ketika Anda menggabungkan antara pemanggan roti dan kulkas, maka mungkin hal itu akan berkenan bagi konsumen.”

iPad Pro, Apple
iPad Pro dari Apple

Sehingga MacBook dan iPad tidak bisa digabungkan dalam konsep 2 in 1 alias laptop hybrid. Padahal kalau dilihat produk Apple yang bernama iPad Pro pun sudah disebut sebagai 2 in 1, namun Apple memang punya definisi sendiri terhadap laptop hybrid.

Comments