Inilah 5 Aplikasi untuk Memajukan Pertanian Indonesia

Share:

Teknologi.info – Pada Senin, 11 April 2016 bertempat di Sub Terminal Agribisnis (STA) Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat. Banyak program yang dikeluarkan untuk mendukung perekonomian, salah satu bidang yang diluncurkan adalah dari teknologi.

Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meluncurkan 5 aplikasi dari startup Indonesia sebagai bagian dari program tersebut. Dengan pemanfaatan aplikasi tersebut bertujuan sebagai solusi bagi peningkatan ekonomi rakyat selain dukungan modal usaha, penyuluhan dan peralatan.

Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) memberikan keterangannya terkait peluncuran 5 aplikasi tersebut, “Pemerintah sangat ingin memajukan petani Indonesia dan aplikasi untuk petani ini dibuat khusus untuk meningkatkan produktivitas para petani.”

Menkominfo menambahkan dengan hadirnya 5 aplikasi itu diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani kepada konsumen. Selain itu, Rudiantara mengatakan banyak permasalahan petani yang dapat diselesaikan dengan penggunaan teknologi mobile, “Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah juga mendorong petani atau UMKM Indonesia untuk Go Digital.”

Nah, berikut ini adalah 5 aplikasi untuk membantu petani di Indonesia.

Petani

Petani

Aplikasi Petani di Play Store

Aplikasi berbasis Android buatan 8Villages bertujuan untuk memudahkan pertukaran informas antara pakar pertanian dan petani. Ketika petani mengalami kesulitan dalam tanaman, bisa mengirimkan foto kondisi tanaman dan detailnya ke aplikasi, baru pakar menjawab permasalahan tersebut. Aplikasi juga seperti forum online untuk komunikasi antara petani. Aplikasi dapat digunakan pengguna untuk memberikan informasi hasil panen beserta harga dan menjual ke pembeli tanpa perantara.

TaniHub

TaniHub

Aplikas TaniHub di Google Play Store

Aplikasi yang berbasis Android ini muncul saat ajang Startup Weekend pada tahun 2015. TaniHub ingin memberikan keadilan bagi petani agar bebas dari perantara yang bermain harga dan menekan mereka. Untuk itulah TaniHub dibuat agar pengguna bisa mendapatkan hasil dari petani secara langsung dengan produk segar, harga adil, dapat dipesan dengan cepat dan mudah.

LimaKilo

LimaKilo

Aplikasi LimaKilo di Google Play Store

LimaKilo hadir saat kompetisi yang diadakan oleh Code4Nation bertajuk Hackathon Merdeka lalu mendapatkan gelar juara pertama. LimaKilo ingin menghubungkan petani secara langsung dengan konsumen baik pembelian besar maupun kecil. Sistem transaksi pun terbuka sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak hingga mendapatkan harga yang optimal daripada menggunakan jalur distribusi yang panjang.

Aplikasi ini menawarkan fitur toko online komoditas pangan dengan harga dari petani yang stabil. Pengguna dapat melakukan pre-order hasil dari petani, juga bisa melakukan bidding alias penawaran.

Pantau Harga

Pantau Harga

Aplikasi Pantau Harga di Google Play Store

Sama dengan LimaKilo, aplikasi Pantau Harga juga lahir dari event Hackathon Merdeka sebagai juara ketiga. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui informasi berupa harga resmi pangan di pasar. Sehingga pengguna dapat melakukan transaksi dengan petani secara langsung dan transparan karena disediakan informasi petani melalui aplikasi. Fitur utama aplikasi adalah Cek Harga, Kirim Harga dan Jual Komoditas.

Nurbaya Initiative

Nurbaya Initiative

Nurbaya Initiative adalah layanan toko online buat Petani dan UMKM

Merupakan layanan untuk membantu petani atau UKM untuk menjual produk melalui platform yang disediakan. Platform tersebut adalah toko online yang dibuatkan tim Nurbaya Initiatives, dibantu juga promosinya. Jika ada pesanan yang masuk, petani hanya menyiapkan produk dan kirimkan melalui partner logistik-nya Nurbaya Initiatives. Setelah pesanan sampai ke pembeli, maka petani akan mendapatkan uang pembayaran.

Inilah 5 Aplikasi untuk Memajukan Pertanian Indonesia | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar