Limakilo.id, Marketplace-nya Petani Indonesia

1439
Limakilo.id

Teknologi.info – Sekarang konsumen dapat membeli komoditas sehari-hari langsung dari petani tanpa perantara pedagang. Shortcut atau jalan pintas antara petani dan konsumen ini diwujudkan dalam bentuk sebuah marketplace khusus komoditas.

Melalui kementerian komunikasi dan informatika, Rudiantara selaku Menkominfo menyatakan bahwa situs toko online ini diciptakan khusus untuk transaksi jual-beli komoditas petani, seperti beras, sayuran, bawang merah, dan cabai.

Menurut Rudiantara, sosialisasi dan penggunaan situs ini belum resmi dilakukan. Akan tetapi, pengembangan situs ini sendiri sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu.

Untuk saat ini hanya tersedia di Bandung dan Jakarta saja. Dengan hadirnya situs ini, diharapkan dapat memutus mata rantai sehingga harga komoditas yang sampai ke konsumen dapat lebih murah.

Dengan nama limakilo.id, situs toko online khusus para petani ini dapat diakses melalui ponsel pintar ataupun melalui desktop layaknya situs-situs yang lain. Untuk berbelanja, konsumen bisa melakukan pre-order dengan terlebih dahulu login melalui akun Facebook.

Dengan tampilan antarmuka yang sederhana beserta hashtag #YukBelanjaKePetani, diharapkan limakilo.id yang merupakan salah satu dari komunitas Code4Nation ini dapat membantu petani-petani Indonesia untuk menjual komoditasnya denga harga yang lebih baik.