Collab: Aplikasi Musik Facebook yang Baru saja dirilis ke Publik

Sementara baru tersedia di App Store

547
Aplikasi Musik Collab Band Together di App Store
Aplikasi Musik Collab | Gambar: App Store

Teknologi.info – Facebook akhirnya merilis Music App bernama Collab untuk umum. Aplikasi pembuat musik ini sebelumnya diluncurkan dalam tahap uji coba (Beta) khusus bagi yang diinvite saja.

Dengan aplikasi Collab ini, pengguna bisa membuat video musik pendek dengan menggabungkan hingga 3 video independen. Jadi, misalnya ada 3 musisi, masing-masing dapat memainkan bagian lagu yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu video. Yang menarik, setiap video yang dibuat juga akan terposting ke feed “Collab” secara publik sehingga pengguna lain dapat menonton video tersebut.

Bahkan, Anda juga bisa merekam satu bagian, lalu menggabungkannya dengan dua bagian milik orang lain yang Anda temukan di beranda Collab. Atau, bisa juga Anda mengkombinasikan video milik orang lain (dan Anda tidak perlu merekam sendiri).

Bagaimana dengan “hak cipta”? Menurut Facebook, setiap pengguna akan mendapatkan “credit” sesuai atas kontribusinya.

Bagaimana dengan proses sinkronisasi? Menurut keterangan di halaman App Store, pengguna tidak perlu khawatir untuk menyinkronkan bagian-bagian video yang berbeda secara bersama-sama.

“Kami memastikan bahwa saat Anda mengatur, video akan diplay pada saat yang tepat untuk disinkronkan”.

Aplikasi ini tidak terintegrasi langsung dengan Facebook (setidaknya untuk saat ini), tetapi Anda dapat mengekspor produk jadi ke cerita Instagram Anda (serta platform lain, termasuk TikTok) melalui menu share di iOS.

Aplikasi Collab bisa didownload gratis di App Store. Bagi pengguna Android, silakan bersabar dulu untuk sementara karena hingga berita ini kami tulis, Collab belum tersedia di Play Store.