28.6 C
Banjarmasin
Minggu, April 28, 2024

PC Desktop tapi Pakai Baterai? HP Envy Move PC Jawabannya

Teknologi.info – Biasanya, komputer (PC) desktop mengandalkan daya dari power supply unit (PSU) dan input listrik. Namun, ada satu PC desktop yang berbeda, karena bisa beroperasi tanpa langsung mengandalkan sumber listrik, berkat kehadiran baterai serupa yang biasa dijumpai pada laptop.

Ini adalah HP Envy Move PC, sebuah produk komputer desktop All-in-One (AiO) portabel terbaru dari Hewlett-Packard (HP). Dengan HP Envy Move PC, Anda dapat membawanya ke mana-mana seperti koper, karena didukung oleh baterai 6-cell berkapasitas 83 Wh. Baterai yang cukup besar ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan HP Envy Move PC selama empat jam dalam penggunaan normal.

Artikel Terkait: Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Ketika baterai habis, pengguna dapat dengan cepat mengisi daya menggunakan adapter power 90 watt yang sudah disertakan dalam paket penjualan, yang diklaim dapat mengisi daya Envy Move PC dari 0 sampai 50% dalam kurun waktu kurang lebih 45 menit.

Meskipun memiliki kemampuan serupa dengan laptop, Envy Move PC tetap merupakan komputer desktop dengan desain khasnya sendiri. HP Envy Move PC dilengkapi dengan layar IPS 23,8 inci beresolusi QHD (2.560 x 1.440 piksel).

Di bagian atas layar, terdapat pegangan atau handle yang mempermudah pengguna membawa PC desktop ini saat bepergian. Untuk penggunaan komputernya, HP menyertakan keyboard eksternal dengan touchpad. Keyboard ini dapat disimpan di bagian belakang PC untuk kenyamanan pengguna.

HP ENVY Move All-in-One 23,8 inci

Dari segi performa, HP Envy Move PC ditenagai oleh prosesor (CPU) Intel Core Generasi ke-13, dengan model hingga Intel Core i5. Dukungan RAM LPDDR5 hingga 16 GB serta media penyimpanan hingga 1 TB juga menjadi bagian dari spesifikasi komputer ini.

Karena merupakan PC All-in-One, semua komponen hardware Envy Move PC, termasuk CPU dan RAM, terintegrasi dalam satu rumah dengan layar. Fitur pendukung lainnya meliputi HP Wide Vision Camera 5 MP, Privacy Shutter, konektor USB-A dengan kecepatan 10 Gbps, USB-C berkecepatan 10 Gbps, HDMI, speaker surround, dan banyak lagi.

Di pasar global, HP Envy Move PC dijual dengan harga sekitar 899 dolar AS (sekitar Rp 14 juta) dan sudah tersedia untuk pembelian di situs web HP.com mulai kemarin 8 Oktober 2023.

HP Envy Move PC membawa konsep yang inovatif dengan menggabungkan kecanggihan komputer desktop dengan portabilitas baterai, mirip dengan laptop. Ini memberi pengguna fleksibilitas yang luar biasa dalam penggunaan komputer, karena mereka dapat membawa perangkat ini ke mana saja tanpa perlu khawatir tentang sumber daya listrik yang tersedia.

Keberadaan layar beresolusi tinggi dan spesifikasi performa yang cukup kuat, seperti prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan RAM hingga 16 GB, membuat HP Envy Move PC tampaknya cocok untuk berbagai tugas, termasuk produktivitas, hiburan, dan bahkan gaming ringan.

Selain itu, desainnya yang kompak dengan pegangan yang memudahkan pengguna dalam membawanya menjadi daya tarik tersendiri. Kemampuan untuk menyimpan keyboard di bagian belakang juga menunjukkan perhatian terhadap rincian praktis dalam desainnya.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah harganya, hampir 900 USD. Harga ini mungkin akan menjadi faktor penentu bagi banyak calon pembeli. Saya juga akan sangat tertarik untuk melihat apakah produk ini akan tersedia di pasar Indonesia, karena portabilitas dan daya tahan baterainya dapat menjadi nilai tambah yang besar di negara dengan mobilitas tinggi seperti Indonesia.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?