Mau Nonton Live Streaming Gerhana Matahari Total, Cek Disini!

Share:

Teknologi.info –  Peristiwa penting akan menjadi perhatian seluruh warga dunia termasuk Indonesia. Tanggal 9 Maret 2016, akan terjadi peristiwa Gerhana Matahari yaitu ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Hal itu disebabkan akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan yang hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan kejadian langka yang membutuhkan waktu selama 350 tahun lagi untuk disaksikan di tempat yang sama saat melintas. Gerhana Matahari Total adalah fenomena alam dimana posisi Matahari, Bulan dan Bumi pada satu garis lurus. Sehingga Bumi akan terkena bayangan gelap Bulan dan tidak melihat Matahari.

Berikut ini provinsi yang dilewati oleh GMT yaitu: Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Bagi kamu yang daerahnya tidak dilewati oleh GMT, jangan khawatir kalian dapat melihatnya secara langsung melalui website-website berikut ini yang mengadakan live streaming GMT.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Melalui akun Facebooknya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo) mengabarkan akan mengadakan live streaming GMT melalui website resminya yaitu hilal.kominfo.go.id dan media.kominfo.go.id.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Hanya di Indonesia.
Live streaming di hilal.kominfo.go.id dan media.kominfo.go.id #GMT2016

Dikirim oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada 5 Maret 2016

Pada hilal.kominfo.go.id yang juga merupakan website untuk Sistem Informasi Pengamatan Hilal memberikan tampilan peta Indonesia dengan titik-titik lokasi GMT sesuai provinsi.

live streaming, gmt, kominfo

Live Streaming di hilal.kominfo.go.id untuk GMT

Sedangkan media.kominfo.go.id menyediakan video untuk melihat langsung kejadian GMT di lokasi.

live streaming, kominfo, gmt

Live Streaming di media.kominfo.go.id untuk GMT

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Melalui rilisnya, BMKG akan melakukan pengamatan di 7 kota yaitu Mukomuko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

live streaming, bmkg, gmt

Live Streaming di BMKG untuk GMT

BMKG juga menyediakan live streaming di http://media.bmkg.go.id/gmt. Di situ disediakan pilihan kota yang mengalami Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian.

Okezone.com

Media online milik MNC Group, Okezone.com siap menggelar live streaming Gerhana Matahari Total (GMT) bekerjasa dengan iNews-TV. Okezone.com akan menayangkannya di website sejak pukul 06.00-10.00 WIB.

live streaming, okezone.com, GMT

Live Streaming di Okezone.com untuk GMT

Bosscha ITB

Observatorium Bosscha yang terletak di Lembang, Jawa Barat juga ikut andil dalam menayangkan live streaming GMT. Observatorium yang merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – Institur Teknologi Bandung (ITB). Observatorium ini digunakan khususnya bagi Program Studi Astronomi, FMIPA – ITB, serta dibuka untuk umum. Untuk melihat live streaming-nya melalui http://bosscha.itb.ac.id/unawe/gmt/.

live streaming, observatorium bosscha, gmt

Live Streaming di web Observatorium Bosscha untuk GMT

Assalaam Observatory

Observatorium Assalaam adalah nama resmi untuk Laboratorium Astronomi bagi para santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam yang tergabung dalam klub astronomi yang dinamakan CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Untuk menyaksikan live streaming kunjungi http://assalaamobs.casa/.

live streaming, assalaam observatory, gmt

Live Streaming di Assalaam Observatory untuk GMT

Gerhana-Indonesia.id

Melalui website yang beralamatkan di http://gerhana-indonesia.id/ merupakan situs yang berisi informasi terkait Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 dikelola oleh Panitia Nasional Persiapan dan Pengamatan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.

live streaming, gmt, gerhana-indonesia.id

Live Streaming di Gerhana-Indonesia.id untuk GMT

Panitia tersebut berisi orang-orang yang berasal dari beberapa instansi yang memiliki tugas, wewenang dan kepentingan terkait fenomena Gerhana Matahari Total. Panitia terdiri dari orang-orang dari yaitu:

  • Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  • Langitselatan.com
  • Universe Awareness (UNAWE) Indonesia
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)
  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf)
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)
Mau Nonton Live Streaming Gerhana Matahari Total, Cek Disini! | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar