HIMAKOM & Komunitas Bukalapak Banjarmasin Adakan Workshop E-Commerce

204
Fajeri Hidayat Koordinator Komunitas Bukalapak Banjarmasin

Teknologi.info – Sabtu, 8 Oktober 2016 bertempat di Laboratorium Komputer Prodi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lambung Mangkurat digelar acara workshop tentang berjualan secara online melalui E-Commerce. Workshop tersebut diadakan atas kerja sama Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM) FMIPA ULM dengan Komunitas Bukalapak Banjarmasin.

Komunitas Bukalapak Banjarmasin adalah wadah berkumpulnya para pelapak-pelapak (penjual) yang ada di Bukalapak dari Kota Banjarmasin. Tujuan adanya komunitas ini ingin mengangkat UKM-UKM di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan penjualan lewat online dengan mentoring langsung dari komunitas. Komunitas ini diresmikan langsung oleh Achmad Zaky (Founder & CEO) saat di Banjarmasin.

Workshop E-Commerce oleh HIMAKOM dan Komunitas Bukalapak Banjarmasin
Workshop E-Commerce oleh HIMAKOM dan Komunitas Bukalapak Banjarmasin

Fajeri Hidayat sebagai koordinator menjadi pemateri dalam workshop ini. Peserta diarahkan untuk membuat akun di Bukalapak. Setelah akun dibuat, peserta melakukan riset untuk menjual produk. Riset ada dua yaitu apakah sudah mempunyai produk yang dibuat/diincar atau jika belum ada bisa berjualan dengan apa yang disukai alias hobi. Misalkan hobi anda suka bola, maka bisa berjualan kaos bola, celana bola hingga perlengkapan bola.

Selanjutnya peserta melengkapi lapak yang dibuat seperti foto seperti logo dan header, menambahkan deskripsi dan syarat ketentuan, hingga menentukan pengiriman yang dipilih. Disarankan untuk pemula menggunakan pengiriman regular karena masih tahap awal berjualan. Termasuk juga berjualan produk pilih menjadi dropshipper, karena tidak dipusingkan dengan stok, pengepakan hingga pengiriman barang.

Dalam workshop ini, setelah diberi waktu untuk melakukan praktek, maka setiap lapak peserta di review bersama-sama baik oleh pemateri dan peserta.

Jangan Takut Tidak Laku

Fajeri dalam materinya bahwa berjualan online itu butuh proses, tapi jangan takut apa yang kita jual itu laku atau tidak. Anda bisa menjual apa saja yang ada di sekitar kita, sesuai dengan istilah palu gada (apa yang lu mau gua ada). Foto produk dengan tetap memperhatikan estetikanya, lalu upload dengan kuantitas yang besar.

Tetapi Fajeri mengingatkan bahwa lebih baiknya pelapak mempunyai ciri khas dalam berjualan. Seperti lapaknya yaitu Pondok Oleh-Oleh Bang Fajeri dimana yang dijual adalah produk-produk dari Kalimantan Selatan seperti lampit rotan, amplang ikan, ikan kering, pasak bumi dan masih banyak lagi.

Akhir acara, dipilih tiga peserta yang lapaknya terbaik dan mendapatkan hadiah dari komunitas. Selanjutnya antara komunitas dan panitia melakukan penukaran souvenir sebagai kenang-kenangan.

Advertisements