7 Situs Web Terbaik untuk Download Font Gratis

137
situs font gratis terbaik
Yang mana situs font gratis favorit pilihan Anda?

Teknologi.info – Font yang bagus benar-benar dapat membuat perbedaan dalam sebuah proyek. Jadi, Anda tidak boleh terpaku pada font default yang sudah terinstal sebelumnya di PC atau komputer Anda saat ini. Ada banyak font gratis di internet yang dapat Anda gunakan, dan situs web di bawah ini adalah situs agregator font gratis terbaik menurut pendadapat kami.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Situs Web Font Gratis?

Situs web ini memiliki tujuan yang sederhana, dan dengan jumlah yang ada saat ini, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan yang terbaik dari yang terbaik. Jadi, inilah yang disediakan oleh situs font terbaik, dan apa yang perlu Anda perlu ketahui tentang download/mengunduh font gratis secara umum.

  • Pemilihan Font: Anda akan terkejut betapa banyak situs web font gratis di luar sana dan berapa banyak font berbeda yang mereka tawarkan. Kami mencoba menyaring dan menemukan situs web terbaik, yang semuanya menawarkan ratusan (bahkan ribuan) font gratis. Situs-situs ini karena perbendaharaannya yang luas dan beragam, jadi menemukan sesuatu yang Anda sukai seharusnya tidak menjadi masalah.
  • Penyusunan Font: Tidak ada gunanya memiliki banyak font yang tersedia jika Anda tidak dapat dengan mudah memilah-milahnya. Mampu mencari font berdasarkan nama, lisensi, atau gaya adalah fitur yang sangat penting untuk dimiliki sebuah “perpustakaan” font. Tentu saja, jika Anda belum tahu apa yang Anda inginkan dan hanya ingin menelusuri semua font yang dimiliki agregator, ini tidak masalah. Dalam hal ini, situs web yang memiliki antarmuka yang mampu membedakan font dengan jelas jauh lebih penting.
  • Lisensi: Ada dua jenis utama lisensi font yang harus Anda perhatikan: Pribadi (Personal) dan Komersial (Commercial). Terkadang bervariasi, tetapi secara umum, lisensi Personal tidak mengizinkan Anda menggunakan font dalam proyek yang menghasilkan uang atau akan dilihat oleh banyak orang, versi Commercial lah yang bisa. Font mungkin gratis untuk penggunaan pribadi, tetapi tidak komersial, ini yang wajib Anda garisbawahi. Semua situs di sini menawarkan font komersial gratis dan beberapa opsi berbayar, jadi selalu periksa kembali lisensi mana yang gratis sebelum menggunakannya. Penulis font tertentu mungkin juga memiliki aturan khusus tentang bagaimana font mereka dapat digunakan yang tercantum di halaman unduhan yang harus ditaati.

Oke langsung saja, mari kita ke situs untuk download font gratis terbaik versi Teknologi.info:

Google Font – Paling Mudah Diakses

Meskipun Google Fonts memiliki salah satu koleksi yang lebih “sedikit”, desain yang bersih dan pengelompokan yang sangat baik menjadikannya situs web yang layak untuk dikunjungi. Font ditampilkan dengan jelas (Anda juga dapat menyesuaikan apa yang dikatakan teks sampel dan ukuran teks), Anda dapat mengurutkannya berdasarkan gaya dan bahasa, dan setiap font di situs ini gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial.

Seperti yang Anda harapkan dari Google, Font cepat dan mudah digunakan, dan karena Anda mungkin sudah memiliki akun Google, ini adalah situs yang paling mudah diakses yang akan kita bicarakan hari ini.

FontBundles – Bervariasi

FontBundles? Bukannya situs ini berbayar, ya? Iya, tetapi juga menyediakan katalog font gratis untuk penggunaan komersial, koq. Font premium ini dilisensikan langsung dari para pembuatnya untuk diberikan secara gratis. Tujuannya sederhana, agar pengguna bisa merasakan font profesional dengan anggaran terbatas bahkan gratis. Dari kaligrafi tulisan tangan yang indah hingga grafiti, semuanya diatur ke dalam berbagai kategori untuk kenyamanan menjelajah Anda.

Behance – Media Sosial-nya Font Creator

Tidak seperti situs lainnya di sini, Behance lebih merupakan platform media sosial (dimiliki dan dikelola oleh Adobe) di mana pengguna dapat mengunggah dan menjual font buatannya sendiri. Font di sini semuanya diunggah oleh pembuatnya masing-masing, jadi tidak semuanya gratis untuk penggunaan komersial, tetapi masih ada berbagai macam font. Sayangnya, alat pencarian terbatas pada pencarian berdasarkan nama dan tidak ada bagian khusus di situs untuk font gratis. Namun, dengan mencari “font gratis” dan kemudian menerapkan salah satu dari banyak tag (seperti vintage, sans serif, dan skrip), Anda dapat mempersempit pencarian Anda untuk menemukan apa yang Anda inginkan.

Satu peringatan umum tentang Behance: Karena ini lebih merupakan platform media sosial daripada web agregator font khusus, Anda tidak mengunduh font melalui situs. Sebaliknya, penulis font menautkan ke sumber unduhan eksternal di situs web mereka. Meskipun sebagian besar akan baik-baik saja, ini masih menimbulkan kemungkinan adanya bahaya saat mengunduh file dari internet. Kami merekomendasikan untuk tetap menggunakan font dengan jumlah tampilan/view tinggi dan disukai banyak pengguna demi keamanan.

DaFont – Database Terbanyak?

Jika Anda pernah mengunjungi situs agregator font sebelumnya, besar kemungkinan Anda sudah pernah ke DaFont. Situs web ini telah ada sejak lama. Meskipun desain situs webnya pasti terlihat lebih tua, DaFont memiliki ribuan font yang masih tertata rapi ke dalam berbagai kategori berdasarkan gaya. Faktanya, itulah alasan utama Anda menggunakan DaFont: Meskipun antarmuka pengguna bukanlah selera semua orang, memiliki salah satu database font terbanyak adaah kelebihannya.

Tidak semua font di DaFont gratis untuk penggunaan komersial, tetapi ada penanda yang jelas di setiap halaman font yang merinci dengan tepat lisensi apa saja yang gratis.

FontSpace – Situs Pencari Font Terbaik

FontSpace membuatnya sangat mudah untuk menemukan font yang tepat yang Anda inginkan berkat berbagai alat pencarian yang tersedia. Anda bahkan dapat memfilter font yang tidak gratis untuk penggunaan komersial dengan menekan sebuah tombol. Meskipun database FontSpace lebih sedikit, mereka memiliki beberapa alat pencarian paling oke dari situs mana pun dalam daftar ini. Jika Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jenis font yang Anda inginkan, FontSpace bisa menjadi pencarian yang cepat.

Pixel Surplus – Navigasi Mudah

Ada banyak font berkualitas tinggi di situs Pixel Surplus, banyak di antaranya gratis untuk penggunaan komersial. Situs web ini mudah dinavigasi dan ada banyak font keren yang bisa ditemukan di sini. Thumbnail yang besar dan berbeda memudahkan untuk membedakan font, dan setiap halaman unduhan font memperjelas apakah itu gratis untuk penggunaan komersial atau tidak.

FontStruct – Buat Font Anda Sendiri

Meskipun FontStruct memungkinkan Anda untuk menelusuri dan mengunduh font dari pengguna lain (beberapa gratis untuk penggunaan komersial, yang lain tidak, jadi periksa lisensinya), fitur yang paling menentukan adalah membuat font sendiri. Ini adalah alat yang dapat Anda gunakan di browser untuk mendesain font Anda sendiri. Alatnya terbatas dibandingkan dengan program desain khusus, tetapi masih ada cukup banyak untuk membuat beberapa hal keren. Jika Anda memiliki ide desain font tetapi tidak dapat menemukannya di mana pun, maka FontStruct memberi Anda kemampuan untuk membuatnya sendiri.

Setelah font Anda selesai, Anda dapat mengunggahnya ke Galeri untuk digunakan orang lain jika Anda mau. Di sana juga Anda dapat menelusuri kreasi orang lain, dan font diatur dengan jelas menurut gaya dan popularitas. Apakah Anda ingin membuat font sendiri atau tidak, FontStruct layak untuk dicoba.

Bagaimana? Situs apa yang biasa Anda gunakan untuk mendownload font keren secara gratis? Mari berbagi di kolom komentar di bawah 😉