Google Uji Coba Hasil Pencarian untuk Video TikTok dan Instagram?

"Memburu" dan melihat video TikTok yang sudah dihapus bisa dilakukan jika Google sebelumnya sudah meng-index postingan tersebut?

486
Video Pendek di Pencarian Google
Video Pendek di Pencarian Google

Teknologi.info – Jika Anda pernah menonton video TikTok yang sekiranya cukup keren, tetapi lupa untuk love/like/menyukainya, mungkin nanti akan lebih mudah untuk mencarinya lagi di Google Pencarian. Sebab, dikabarkan untuk beberapa kata kunci tertentu sudah mulai muncul bagian “Short Videos” di hasil penelusuran Google versi mobile.

Menurut laporan dari Search Engine Roundtable, Brian Freiesleben dan TechCrunch, Google sedang menguji fitur pencarian yang menyoroti konten dari TikTok dan Instagram dalam carousel hasil pencarian “Video Pendek”.

Google mengatakan kepada TechCrunch dalam sebuah pernyataan bahwa fitur tersebut saat ini terbatas pada sekelompok kecil pengguna dan tidak akan muncul untuk setiap penelusuran hasil pencarian. Sementara ini baru tersedia saat Anda mencari sesuatu di Google melalui seluler serta melalui aplikasi khusus penelusuran Android dan iOS.

Video TikTok Instagram Muncul SERP Google
Video TikTok dan Instagram Muncul di SERP Google | Gambar: @type_SEO

Google sebelumnya hanya berkonsentrasi pada pengindeksan video dari platform YouTube miliknya sendiri dan layanan streaming video yang berfokus pada desktop. Tes terbaru ini tampaknya lebih fokus pada platform media sosial dari perangkat seluler. Hal ini menandai pergeseran signifikan untuk raksasa pencarian itu.

Meskipun berguna untuk menemukan video yang mungkin Anda cari-cari karena lupa meng-like atau bookmark, memunculkan video seluler dalam penelusuran cukup masuk akal bagi Google jika dilihat dari perspektif iklan karena hal itu mengakibatkan pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di halaman pencarian dan bukan di dalam Instagram atau TikTok. Pintar ya Google? Ya iya lah 😀

Yang pasti, para agensi SEO pun sepertinya sudah mulai menyiapkan “peluru” untuk mengoptimasi laman profile Instagram atau TikTok milik klien mereka. Semoga video singkat ini menjadi pemicu para pembuat konten untuk membikin karya yang lebih kreatif lagi di masa mendatang.