Bagaimana Cara Memilih Agensi-Perusahaan Jasa SEO yang Bisa Diandalkan?

289
Master SEO Indonesia
Teknologi.info - Secara individual, Indonesia adalah markas para top master SEO. Tapi secara agensi? Bagaimana menentukan Jasa SEO yang ditawarkan Perusahaan?

Suatu ketika, ada seorang rekan yang mengerutu, merasa bersalah; marah campur-aduk karena telah membuang-buang energi, uang dan waktu untuk sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan yang ada.

Apakah saya sedang menggambarkan seseorang yang telah menyesal memilih untuk menggunakan jasa dari suatu agensi SEO?

Saya teringat cerita seorang yang bercerita tentang bagaimana buruknya pengalamannya dalam menggunakan jasa SEO. Dua tahun bekerjasama tanpa terlihat hasil apa-apa hingga pemilik bisnis akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerjasama dengan perusahaan SEO tersebut. Ternyata situasi semakin bertambah parah. Perusahaan SEO sebelumnya tidak pernah merilis data historis apa pun; juga tidak akan mentransfer kepemilikan laman Facebook (FansPage) yang mereka buat untuk kliennya, dan bahkan “mengambil” situs web klien karena klien tidak secara teknis memilikinya. Wow!

Skenario terburuk? Semua ini bisa saja dihindari jika sang pemilik usaha bisa memilih perusahaan SEO yang expert, handal dan dapat dipercaya. Masalahnya adalah, seringkali pemilik bisnis tidak tahu seperti apa jasa SEO yang baik itu atau tidak mengerti apa tujuan dari melakukan sewa jasa dari suatu perusahaan/agensi untuk mengoptimasi website mereka.

Jika saat ini Anda adalah seorang pemilik bisnis dan berniat ingin mencari jasa SEO (SEO services), entah di Surabaya, Jogja, Medan, Bandung, Semarang, Bali, Jakarta, Tangerang, Bogor, Purwokerto atau di manapun di Indonesia ini, Anda beruntung. Di bawah ini saya mencoba untuk memberi semacam panduan dalam menemukan dan memilih perusahaan SEO yang andal, termasuk apa yang seharusnya Anda cari, apa yang harus dihindari, pertanyaan yang harus diajukan, dan standar yang harus ditetapkan sejak awal sebelum Anda bekerjasama.

Apa Keuntungan Menggunakan Jasa dari Agensi atau Perusahaan SEO?

jasa seo handal terpercaya

Seperti yang diilustrasikan oleh kisah di atas, “keuntungan” dari mempekerjakan perusahaan SEO dapat berakibat FATAL jika Anda memilih mitra SEO yang salah. Bagi Anda yang masih ragu untuk membayar perusahaan untuk menangani SEO Anda, berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Ketika Anda menyewa perusahaan SEO untuk meningkatkan visibilitas online Anda secara organik, Anda seharusnya mendapatkan:

  • Lebih banyak waktu untuk fokus menjalankan bisnis Anda
  • Peningkatan Situs bisnis Anda dan pengalaman pengguna (User Experience) yang lebih baik
  • Peringkat di mesin pencari seperti Google dan Bing mengalami peningkatan

Di negara barat yang pesat, beberapa agensi bahkan menawarkan hal lain yang membuat pengoptimalan situs Anda lebih dari sekadar SEO. Sehingga, jika bertemu agensi yang seperti ini, Anda seperti memiliki paket yang lengkap selain SEO. Misalnya SEM (Search Engine Marketing); pemasaran konten (Content Marketing), kampanye bayar per klik (PPC – Pay per Click), manajemen media sosial, pemasaran email (Email Marketing), Influencer Marketing dan banyak lagi! Ketika Anda menyewa perusahaan yang tepat untuk melakukan pekerjaan kompleks ini, Anda dapat fokus menjalankan bisnis Anda alih-alih mencoba mempelajari algoritma SEO dan mempraktekkannya.

5 Tips Memilih Perusahaan Jasa SEO Terbaik

Bagaimana Anda tahu perusahaan mana yang bisa memberi Anda hasil yang Anda harapkan? Untuk membantu mempersempit pencarian Anda, gunakan lima tips di bawah ini untuk membantu Anda menemukan mitra SEO yang tepat untuk bisnis Anda.

TIPS 1 – Tentukan Tujuan SEO Anda dengan Jelas

Untuk menemukan tim SEO yang tepat untuk pekerjaan ini, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu; “APA” yang ingin Anda tingkatkan dari keberadaan situs bisnis Anda secara online? Anda mungkin perlu situs yang benar-benar baru atau Anda hanya perlu SEO saja? Jika Anda tidak yakin “APA” yang perlu ditingkatkan, maka lakukan Digital Marketing Analysis (analisis pemasaran digital). Agensi atau perusahaan SEO yang baik akan memiliki data yang diperlukan untuk membuktikan “APA” yang paling menguntungkan untuk difokuskan dari situs bisnis milik Anda.

TIPS 2 – Cari Agensi Jasa SEO yang Bisa Menggunakan Data Anda

Untuk menemukan solusi SEO terbaik untuk bisnis Anda, Anda pasti ingin menggunakan perusahaan SEO yang dapat melacak dan mengukur semua data perusahaan Anda; Termasuk di dalamnya adalah data berupa panggilan telepon, formulir kontak, kunjungan situs, CTR (Click Through Rates), dan lain-lain. Hal ini semata-mata agar nanti strategi SEO yang digunakan sesuai dengan bisnis Anda. Sehingga Anda memilihnya berdasarkan data, bukan insting apalagi berdasarkan kata kunci “Master SEO Indonesia” pada kolom pencarian Google X_X

TIPS 3 – Cari Review, Studi Kasus dan Testimoni dari Pengguna Jasa SEO

Cara terbaik untuk mendapatkan opini yang objektif tentang perusahaan yang bergerak di bidang SEO adalah mencari ulasan atau review mengenai perusahan tersebut. Anda akan sering menemukan ulasan ini dengan menjelajahi situs perusahaan atau mencarinya di situs-situs seperti Google atau bahkan Glassdoor (untuk melihat pendapat karyawan tentang cara mereka bekerja di suatu perusahaan).

Untuk informasi yang lebih menyeluruh, minta studi kasus dari agensi dengan menelepon mereka atau mengirimkan formulir online. Ini adalah salah satu cara bagus untuk melihat apa yang mampu dilakukan agensi. Cara lainnya adalah dengan meminta referensi. Agen yang memiliki reputasi baik harus dapat menghubungkan Anda dengan klien saat ini sehingga Anda dapat berbicara dengan mereka tentang pengalaman dan tingkat kepuasan mereka sendiri.

TIPS 4 – Buat Jadwal Konsultasi secara Rutin

Tidak perduli apakah jarak kantor Anda dengan perusahaan SEO; jauh atau dekat, Anda wajib membuat jadwal untuk konsultasi. Konsultasi akan membantu Anda memahami tipe orang di tim SEO mereka dan tingkat semangat serta kreativitas mereka. Umumnya, sang agensi yang baik akan dengan senang hati melakukan ini.

Sangat penting untuk membangun hubungan saling percaya dengan agensi SEO Anda. Jadi, gunakan ini sebagai kesempatan untuk melihat seberapa “nyambung” Anda dengan agensi; Apakah Anda mengerti semua yang mereka jelaskan? Bagaimana sikap mereka? Apakah mereka tampak bersemangat dengan pekerjaan yang mereka lakukan? Di jadwal konsultasi inilah Anda bisa mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik kepada mereka.

TIPS 5 – Tentukan Anggaran Dana SEO Anda

Jangan lupa untuk merencanakan anggaran dana untuk SEO Anda sebelumnya. Tanyakan apakah ada penawaran berbentuk bundling (paket) dan kisaran harganya agar Anda tidak layu sebelum berkembang. Hehehe…

Sebagian besar perusahaan SEO biasanya memiliki beragam paket bulanan untuk dipilih. Ketika tiba saatnya untuk memilih paket, lihat kembali tujuan awal Anda untuk melihat paket mana yang akan membawa Anda ke tujuan Anda (TIPS #1).

Kesalahan Paling Umum yang Harus Dihindari Saat Memilih Jasa SEO

Kesalahan Memilih Jasa SEO

Terkadang lebih mudah untuk mengetahui apa yang harus Anda hindari daripada apa yang harus Anda cari. Berikut adalah 5 kesalahan yang paling sering terjadi dan wajib sebisa mungkin dihindari ketika memilih perusahaan SEO:

  1. “Takjub” pada presentasi SEO yang disajikan. Kita semua diajarkan untuk TIDAK menilai sebuah buku dari sampul luarnya. Namun, kita diajarkan juga untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Masih banyak yang harus Anda telisik lebih dalam terkait orang/agensi yang menawarkan jasa SEO. Maksud saya, menetapkan bahwa “ya, saya memilih Anda untuk mengurus SEO web perusahaan kami” jangan berdasarkan presentasi saja.
  2. Jatuh pada perangkap “jurus rahasia”. Sejatinya, tidak ada yang tahu pasti algoritma mesin pencari itu seperti apa. Sehingga, “jurus rahasia” SEO sebenarnya hanya “bumbu-bumbu” untuk menarik minat. Mesin pencari seperti Google hanya memberikan panduan SEO secara umum. Apa yang membedakan amatir dari para ahli SEO adalah pengalaman dan keberhasilan yang telah terbukti.
  3. Memilih agen SEO murah. Meski tidak selalu, namun ingat prinsip:
    -Jika Murah dan Cepat, Jangan Minta Bagus
    -Jika Murah dan Bagus, Jangan Minta Cepat
    -Jika Bagus dan Cepat, Jangan Minta Murah
  4. Memilih perusahaan SEO lokal hanya karena mereka lokal. Hal hebat tentang SEO adalah Anda dapat melakukannya dari mana saja, artinya Anda tidak terjebak dengan terbatasnya wilayah. Memilih lokal tidak sepenuhnya keliru, terkadang kendala komunikasi yang mengurungkan niat untuk menggunakan jasa SEO dari luar.
  5. Tidak melakukan riset. Lihatlah studi kasus perusahaan penyedia layanan SEO. Baca testimoni online mereka. Jelajahi blog mereka. Apakah bahasa mereka cocok dengan Anda? Apakah klien mereka mengingatkan Anda tentang perusahaan Anda? Apakah mereka telah mendokumentasikan hasil yang serupa dengan yang Anda inginkan?

Bagaimana Saya Menemukan Perusahaan SEO Terbaik untuk Kebutuhan Saya?

Pertanyaan bagus. Entah Anda sedang mencari perusahaan SEO lokal terbaik untuk UMKM/bisnis kecil atau membutuhkan solusi dengan skala perusahaan besar, memilih perusahaan agensi SEO yang tepat sangatlah penting. Kemitraan SEO bersifat jangka panjang, jadi Anda harus yakin dengan siapa yang Anda pilih. Tidak semua perusahaan SEO atau perusahaan pemasaran konten memenuhi janji mereka. Sebaiknya, hindari perusahaan SEO yang menjanjikan hal-hal seperti berikut ini:

  • Peningkatan Peringkat dalam semalam; “Page One bisa Anda raih hanya dengan X hari”
  • Traffic kunjungan meningkat 2x lipat
  • Prospek instan
  • Submit ke mesin pencari ini-itu
  • Jumlah backlink sebanyak ini-itu
  • Proyeksi ROI

Jika Anda menginginkan janji seperti itu, Anda dapat menemukannya — tetapi Anda akan menyesalinya nanti ketika hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda daftarkan.

TANDA BLACK HAT SEO

Black hat SEO adalah apa yang kita sebut praktik SEO yang bertentangan -bahkan ilegal- dengan guideline milik mesin pencari (Google misalnya). Google akan menghukum situs yang menggunakan teknik “topi hitam”, dan kerusakannya bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk memperbaiki. Intinya: jika yang ditawarkan cara-cara yang tidak wajar, ada baiknya Anda berpikir ribuan kali untuk meng-iya-kan.

Jika pakar SEO membuat segala jenis jaminan atau janji tentang hasil dalam jumlah waktu tertenu, jalankan. Dan ingatlah hal berikut ini sebagai tanda-tanda Anda mungkin akan terpedaya terhadap strategi SEO yang diterapkan, misalnya:

  • Membeli banyak tautan/link dari situs web/blog seacara acak dengan kualitas buruk
  • Menggunakan program/software/script tertentu untuk menghasilkan ratusan halaman berkualitas rendah (auto generated contents)
  • Menggunakan konten duplikat atau hasil dari scraping
  • Mengirimkan siaran pers palsu demi mendapatkan backlink atau tautan yang berujung spam

Jika Anda belum pernah menggunakan taktik SEO black hat di situs Anda, jangan mulai. Tetapi jika sudah, kami sarankan bekerja dengan perusahaan SEO yang andal yang dapat membantu membersihkan situs web Anda. Jangan mengambil risiko peluang mendapat penalti Google.

Saran tambahan:
Jangan berbisnis dengan siapa pun yang bersikeras mempertahankan hak cipta untuk setiap dan semua metadata yang mereka buat, edit, atau analisa untuk Anda. Jika mereka diberikan atau memiliki hak ini, mereka dapat -secara hukum- melarang Anda untuk menggunakan atau benar-benar menghapus situs Anda jika Anda memilih untuk meninggalkan (membatalkan perjanjian kerjasama SEO) mereka untuk/saat berpindah ke perusahaan penyedia SEO Service lain. Pastikan semua yang dikerjakan pihak agensi adalah milik Anda; sekarang dan selamanya.

Apa Yang Harus Ditanyakan kepada Penyedia Jasa SEO sebelum Menyewa Mereka?

Sebelum Anda hanya memilih satu dari daftar perusahaan SEO di Indonesia (atau di manapun), pastikan Anda melihat review perusahaan SEO. Semuanya. Jika banyak netizen melaporkan memiliki masalah dengan perusahaan SEO tertentu, pasti ada “sesuatu” yang terjadi. Tanyakan di depan untuk contoh ulasan dan studi kasus yang membuktikan keberhasilan di niche industri Anda. Sangat penting mereka telah membuktikan keberhasilan dalam industri Anda karena setiap industri memiliki nuansa dan harapan konsumen yang berbeda. Anda juga harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang ada dalam kontrak saya saat ini? Baca kembali kontraknya. Apa yang termasuk di dalamnya? Kapan kontrak berakhir? dan sejenisnya.
  • Seperti apa proses untuk membatalkan perjanjian? Terkadang kontrak memiliki tanggal akhir atau biaya untuk membatalkan sebelum jangka waktu tertentu.
  • Bagaimana kita berkomunikasi dan seberapa sering? Tetapkan bagaimana Anda berkomunikasi, kalau perlu sampai ada jadwal hari atau yang fleksibel agar tidak hilang komunikasi.
  • Apakah saya memiliki akses penuh ke akun Analytics-Adwords dan situs saya? Sangat membantu untuk mengetahui siapa yang memiliki akses FTP, akses CMS, akses Analytics, dan akses AdWords.
  • Akankah saya memiliki situs web saya? Banyak perusahaan SEO memiliki klausul kepemilikan situs web yang dibangun dalam kontrak mereka. Misalnya, beberapa akan membangun situs web “gratis” tetapi jika Anda meninggalkan kontrak lebih awal, Anda kehilangan semua hak untuk itu.
  • Apakah Anda memberikan jaminan kinerja? Perusahaan SEO yang andal umumnya tidak memberikan garansi. Karena kedinamisan di ranah SEO (update algoritma misalnya) dan karena setiap situs web berbeda, tidak mungkin untuk menjamin hasil. Hanya saja, Anda bisa meyakinkan untuk mendapat semacam garansi jika ada poin-poin kesepakatan yang tidak tercapai.
  • Pernahkah Anda melakukan pekerjaan seperti ini untuk perusahaan yang mirip dengan saya? Ini sangat penting. Industri yang berbeda memiliki nuansa dan persyaratan SEO yang berbeda, yang berarti Anda perlu menemukan penyedia SEO yang mengetahui industri spesifik seperti milik Anda.
  • Kontrak, anggaran, dan opsi apa yang tersedia? Anggaran bergantung pada rencana awal Anda mencari jasa SEO, sasaran apa yang ingin dicapai, tingkat persaingan/kompetitif, dan kemampuan internal Anda sendiri. Tidak ada “satu harga untuk semua” — tidak ada, setidaknya tidak dari perusahaan SEO terbaik.
  • Apa saja biaya dan opsi pembayaran yang tersedia? Pastikan Anda tahu setiap aspek tentang bagaimana Anda akan membayar biaya SEO. Jangan sampai agensi hanya menerima pembayaran via Payoneer atau Paypal, sedang Anda tidak memiliki atau belum mengerti.

Jasa SEO yang baik fokus kepada hubungan jangka panjang, bukan semata mengakuisisi klien.
Jimmy Ahyari, Founder Teknologi.info

Selebihnya, umumnya tim SEO yang ahli memiliki strategi-strategi baru dan unik agar klien mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Yang mengaku Master SEO biasanya mampu melacak data setiap klien, menguji strategi SEO, mengukur hasil, dan mengulanginya! Ketika Anda berada di tangan yang tepat, Anda seharusnya mendapatkan tim khusus seperti spesialis konten, webmaster, desainer grafis (web design), spesialis PPC, dan manajer akun Anda sendiri.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa membantu Anda menemukan agensi penyedia layanan jasa SEO yang baik dan mampu menaikan rating perusahaan Anda serta melampaui pesaing. Selamat “berburu” 🙂