HP Oppo F9 Laris di Pasaran, Ini Spesifikasinya

139
HP Oppo F9 Jade Green 19 Edition Special Package
HP Oppo F9 Jade Green 19 Edition Special Package

Teknologi.info – HP Oppo kini tengah populer di Indonesia. Selain kualitas produknya diakui oleh para pengguna ponsel pintar, juga perusahaan ini gencar melakukan promosi, baik melalui iklan televisi maupun iklan di media lainnya. Oppo kini sudah menjelma menjadi brand smartphone papan atas di Indonesia. Bahkan, Oppo mampu bertahan di pasaran meski kini banyak merk smartphone baru bermunculan.

Produk HP Oppo yang kini tengah laris di pasar smartphone Indonesia adalah merk Oppo F9. Selain kualitas dan spesifikasinya mumpuni, juga harganya terjangkau. Anda cukup mengeluarkan uang tidak lebih dari Rp. 4 juta untuk bisa memiliki ponsel pintar tersebut. Untuk mengenal Oppo F9 lebih dalam, mari simak ulasannya.

Desain Oppo F9 Elegan

Oppo F9 Jade Green

Oppo F9 dibuat dengan dimensi 156.7 x 74 x 7.99 mm dan memiliki berat 169 gram. Bentuknya pun unik. Pada bagian depan layarnya tidak terlalu persegi panjang. Di bagian paling atas terdapat notch tepat di tengah-tengah berukuran sangat kecil. Notch ini mirip dengan tetesan air. Makanya notch itu disebut sebagai waterdrop screen. Notch yang bentuknya kecil itu digunakan untuk meletakkan kamera depan. Dengan begitu, tidak ada bagian depan yang terbuang percuma karena notch yang besar.

Besar layar smartphone ini berukuran 6.23 inci. Memang sedikit panjang. Namun tidak terlalu lebar. Sehingga pas di genggaman. Layar yang digunakan untuk Oppo F9 yaitu panel IPS LCD dengan resolusi mencapai 2340 x 1080 pixels. Jangan heran apabila tampilan gambar yang ditampilkan pun cukup cerah dan enak dilihat.

Sementara untuk melindungi layar dari kerusakan akibat jatuh atau terbentur, pada smartphone ini terdapat Corning Gorilla Glass 6. Fungsinya untuk menahan body apabila terjadi benturan.

Spesifikasi Oppo F9

HP Oppo tidak hanya terlihat keren pada tampilannya, namun juga didukung oleh dapur pacunya yang mumpuni. Pada chipsetnya menggunakan MediaTek Helio P60. Selain itu, smartphone inipun dilengkapi prosesor yang berkecepatan 4 x 2.0GHz Cortex-A73 dan 4 x 2.0GHz Cortex-A53. Walau chipsetnya masih sama dengan seri sebelumnya yaitu F7, namun cukup baik dalam pengoperasian aplikasi.

Anda yang hobi bermain game kelas menengah dapat bermain dengan nyaman menggunakan smpartphone ini. Terlebih, pada spesifikasi Oppo F9 dilengkapi dengan RAM 4GB dan 6GB. Tidak hanya itu, penyimpanan memorinya pun mencapai 64 GB. Di sampang itu dapat disisipi pula dengan memori eksternal yang mencapai 256 GB.

Oppo menyematkan Android 8.1 Oreo pada perangkat F9. Kapasitas daya baterai juga cukup besar atau 3500 mAh. Dengan daya sebesar itu baterai akan bertahan lama. Bahkan bisa sampai berjam-jam menonton video maupun bermain game.

Dalam pengisian batarai pun tidak memakan waktu lama. Karena smartphone ini dilengkapi dengan teknologi flash charger yang disebut VOOC flash charge. Bahkan hanya butuh waktu 5 menit untuk mengisi batarai bisa digunakan menelepon hingga 30 menit.

Kamera Oppo F9 25 MP

Bagi yang suka berfoto selfi sangat cocok apabila memiliki Oppo F9. Karena pada kamera utamanya sebesar 16 MP dan 2MP dan dilengkapi dual camera yang akan memberi pengalaman lebih menyenangkan ketika memotret. Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi mencapai 25 MP.

Harga HP Oppo F9 di pasaran kini masih di kisaran Rp. 3.3 juta sampai RP.4 jutaan. Tergantung dari fasilitas garansi yang ditawarkan. Anda bisa membelinya di berbagai perusahaan marketplace lewat belanja online atau mengunjungi outlet resmi Oppo di kota Anda.

Kekurangan Oppo F9

Di balik kelebihan Oppo F9 tampaknya masih terdapat kekurangan, terutama pada fasilitas utamanya. Seperti pada port Oppo F9, ternyata masih menggunakan microUSB. Padahal untuk sebuah produk smartphone andalah mestinya Oppo melengkapi port USB Type-C. Jika menggunakan port USB Type-C tentunya akan membuat smartphone ini lebih sempurna.

Selain itu, kekurangan Oppo F9 lainnya yaitu tidak memberikan fitur NFC. Sama seperti smartphone keluaran Oppo sebelumnya, misal F5 dan F7 yang juga tidak menggunakan fitur tersebut. Padahal untuk sebuah produk andalan seri F, Oppo mestinya menyematkan fitur tersebut pada perangkat Oppo F9. Karena merk smartphone ternama lainnya, hampir rata-rata sudah melengkapi fitur NFC pada produk terbarunya.

Pada kamera Oppo F9 pun layak dikritisi. Meski dibekali kemera depan dengan resolusi 25 MP serta memiliki sensor, namun tidak ubahnya dengan kamera Oppo F7. Mungkin Oppo berpikir kualitas kamera Oppo F7 hasilnya sangat bagus dan mumpuni, sehingga layak kembali digunakan pada Oppo F9.

Dengan begitu, apabila pengguna smartphone membeli Oppo F9 untuk kepentingan selfi agar hasil fotonya lebih sempurna, tentunya akan kecewa. Terlebih apabila sebelumnya sudah memiliki HP Oppo F7. Karena perangkat kameranya sama saja atau tidak ada perbedaan.

Seharusnya ada produk andalannya seperti Oppo F9, vendor Oppo melakukan inovasi baru pada perangkat kameranya. Misalnya dengan meningkatkan resolusi kamera depannya dengan 48 MP serta memberikan fasiltas kamera lebih dibanding seri F sebelumnya.

Begitu juga Oppo F9 hadir dengan chipset yang sama dengan Oppo F7, yaitu MediaTek Helio P60. Dengan begitu, berarti tidak ada peningkatan dari sektor dapur pacu Oppo F7 ke Oppo F9. Memang kualitas chipset MediaTek Helio P60 tidak jelek dan masih termasuk berkualitas. Namun, setidaknya seri terbaru harus lebih bagus segalanya dari keluaran seri sebelumnya.