Lupa Kata Sandi Ponsel Android? Lakukan Hal Ini!

926
cara reset factory hp android

Teknologi.info – Jika Anda lupa kata sandi layar kunci Android Anda, apakah ada cara untuk membuka kunci ponsel Anda? Jawaban singkatnya adalah tidak ada – Anda harus mengembalikan perangkat ke setelan pabrik (Reset Factory) agar dapat menggunakan ponsel lagi. Dan karena semua versi Android terbaru mengenkripsi data di ponsel Anda secara default, tidak ada cara untuk memulihkan foto, kontak, atau data lain apa pun yang belum Anda buat backupnya ke akun Google Anda; data-data tersebut akan hilang setelah dilakukan reset. Namun, setidaknya, ponsel Anda bisa dibuka kuncinya dan Anda dapat digunakan lagi.

Nah, ada dua cara untuk mengatur ulang setelan ponsel Android jika Anda lupa kata sandi dan tidak dapat melewati layar kunci. Yang pertama adalah menggunakan Google Find My Device, yang memungkinkan Anda untuk menghapus ponsel Anda dari jarak jauh secara online.

Jika ternyata fitur Temukan Perangkat Saya/Find My Device Anda tidak aktif (seharusnya sih sudah aktif secara default), Anda harus menggunakan metode kedua, “Mode Pemulihan” alias Recovery Mode Android.

Sangat penting untuk dicatat bahwa mengatur ulang telepon Anda melalui salah satu metode ini akan mengharuskan Anda untuk mengetahui akun Google dan kata sandi Anda yang digunakan untuk mengatur telepon. Jika Anda TIDAK memiliki informasi ini, perangkat akan dikunci secara permanen. Tindakan keamanan ini dilakukan untuk mencegah pencuri menggunakan perangkat Anda setelah mengatur ulang pabrik.

Cara mengatur ulang ponsel Android Anda melalui Temukan Perangkat Saya / FIND MY DEVICE

1. Buka https://www.google.com/android/find. Pastikan Anda sudah login/masuk ke akun Google Anda yang merupakan profil utama di perangkat Android Anda. Dan jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat, pilih ponsel yang ingin Anda hapus di kiri atas layar.
2. Pilih HAPUS PERANGKAT
3. Klik tombol HAPUS PERANGKAT
4. Ikuti langkah-langkah untuk mengatur telepon Anda lagi – perhatikan bahwa Anda perlu memverifikasi informasi akun Google yang Anda gunakan untuk mengatur telepon untuk melanjutkan pengaturan perangkat.

Cara mengatur ulang ponsel Android Anda melalui Mode Pemulihan / RECOVERY MODE

Langkah-langkah untuk masuk ke Recovery Mode bervariasi menurut pabrikan, tetapi kami akan memberikan instruksi untuk yang brand-brand yang umum di bawah ini:

Cara mengatur ulang stok ponsel Android (Google Pixel 3, Pixel 2, Pixel XL, atau Nexus 6P):

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Daya dan tombol Volume turun hingga ponsel Anda masuk ke Mode Fastboot. Anda akan melihat banyak info sistem, bersama dengan opsi menu di sisi kanan layar Anda.
  3. Gunakan tombol Volume naik dan Volume turun untuk menavigasi opsi menu hingga Anda masuk ke Mode Pemulihan, lalu tekan Tombol Daya untuk memilihnya.
  4. Anda akan melihat logo Google dengan latar belakang putih, kemudian maskot Android berbaring telentang dan tulisan No command.
  5. Tekan dan tahan tombol Daya, lalu tekan tombol Volume naik.
  6. Menu baru akan muncul dengan berbagai perintah sistem. Gunakan tombol Volume untuk membuka Wipe data/factory reset dan tombol Power untuk memilihnya.

Cara mengatur ulang ponsel HTC:

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume turun, lalu tekan tombol Daya.
  3. Terus tahan Volume turun hingga mode Unduh ditampilkan
  4. Menu layar akan muncul. Gunakan tombol Volume turun untuk menyorot ‘Mode Pemulihan’.
  5. Pilih ‘WIPE DATA/FACTORY RESET’. Tekan tombol Daya untuk memilih.

Cara mereset ponsel Huawei:

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan tombol Daya.
  3. Setelah layar pengaktifan muncul, lepaskan tombol Daya, dan 3 detik kemudian lepaskan tombol Volume Naik. Ponsel Anda akan memasuki mode pemulihan recovery
  4. Gunakan tombol Volume atau sentuh layar untuk memilih Wipe data/factory reset.
  5. Pada layar yang mengatakan, “Konfirmasi hapus semua data pengguna?” gunakan tombol Volume atau sentuh layar untuk memilih Wipe data/factory reset.

Cara mereset ponsel LG:

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume turun dan tombol Daya/Kunci selama kurang lebih 10 detik.
  3. Lepaskan kedua tombol saat layar Pemulihan sistem ditampilkan. (Catatan khusus untuk LG V30: Saat logo LG muncul, lepaskan dengan cepat lalu tahan kembali tombol Daya sambil terus menahan tombol Volume turun)
  4. Gunakan tombol Volume untuk menggulir ke ‘Factory Data Reset’.
  5. Tekan tombol Daya/Kunci untuk memilih.
  6. Tekan salah satu tombol Volume untuk menyorot Ya, lalu tekan tombol Daya/Kunci untuk mengonfirmasi.

Cara mereset ponsel Motorola:

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol Daya.
  3. Saat menu opsi muncul, gunakan tombol Volume untuk menggulir ke “MODE PEMULIHAN”
  4. Tekan tombol Daya untuk memulai kembali ke mode Pemulihan.
  5. Anda akan melihat gambar robot Android dengan tanda seru berwarna merah. Sambil menahan tombol Daya, tekan tombol Volume Naik.
  6. Gunakan tombol volume untuk menggulir ke “Wipe data/factory reset” dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  7. Gunakan tombol Volume untuk menggulir ke “Ya” dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.

Cara mereset ponsel Samsung:

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume naik, tombol Daya, dan tombol Rumah.
  3. Saat Anda merasakan perangkat bergetar, lepaskan HANYA tombol Daya.
  4. Menu layar akan muncul. Saat Anda melihat ini, lepaskan tombol yang tersisa.
  5. Gunakan tombol Volume turun untuk menyorot ‘Hapus semua data pengguna’. 6. Tekan tombol Daya untuk memilih. Tekan tombol Daya lagi untuk memilih Ya – hapus semua data pengguna.

Untuk ponsel Samsung tanpa tombol Home (seperti Galaxy S10, Galaxy S11, Galaxy S20, Galaxy S21, Note 20):

  1. Tahan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume naik, tombol Daya, dan tombol Bixby.
  3. Saat Anda merasakan perangkat bergetar, lepaskan semua tombol.
  4. Menu layar pemulihan Android akan muncul (mungkin memakan waktu hingga 30 detik). Gunakan tombol Volume turun untuk menyorot ‘Wipe data/factory reset’. Tekan tombol Daya untuk memilih. Tekan tombol Daya lagi untuk memilih Ya – hapus semua data pengguna.

Catatan: Beberapa telah melaporkan bahwa, dimulai dengan Android 11, perangkat Anda sekarang harus terhubung ke daya melalui USB untuk masuk ke mode pemulihan/recovery mode.


Jika merek handphone Anda tidak ada di daftar di atas (seperti Oppo, Xiaomi, RealMe, Infinix ataupun yang lain) silakan coba-coba kombinasi langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat.