Ayo Daftar Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Sekarang Juga!

468
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Teknologi.info – Saat Presiden Joko Widodo ke Silicon Valley Februari lalu, beliau ingin meningkatkan potensi industri digital di Indonesia yang sangat besar. Untuk mewujudkan itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR menggelar program bernama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Ini adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1.000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Dari jumlah startup itu didapatkan total valuasi bisnis senilai 10 miliar dollar.

Terdapat 10 kota yang menjadi pelaksanaan program ini yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Nantinya di masing-masing kota akan dibangun pusat inovasi sekaligus co-working space untuk mengumpulkan komunitas teknologi, kreatif, dan budaya.

Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto dikutip dari press release Kemenkominfo menjelaskan. “Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat kaya. Jika dipadukan dengan kekuatan teknologi digital, ini adalah modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. Mari kita berhenti bermimpi dan menolak terbuai dengan potensi. Mari kita bergerak bersama dan berkarya menciptakan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia.”

Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dalam peluncuran program ini menyatakan, “Semua ini adalah manifestasi semangat gotong royong di era digital, di mana seluruh unsur masyarakat mulai dari pelaku startup, kreator, komunitas, akademisi, media, dan pemerintah, bergerak bersama mengembangkan ekosistem dan mendorong terciptanya generasi baru yang mumpuni di bidang teknologi digital.”

Rudiantara juga mengajak semua komponen untuk mendukung program ini. “Mari dukung gerakan ini dengan menyebarkan semangat, informasi, sekaligus terus ikut mendorong perubahan hingga menjadikan Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia”.

Pendaftaran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sudah dibuka melalui websitenya. Bagi anda yang mau ikut ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Awal mula adalah Ignition yaitu 4.000 peserta yang ditargetkan mendaftar akan diikutkan pada seminar dihadiri narasumber dari tokoh bidang teknologi, kreatif dan startup.

Dari Ignition maka didapatkan 2.000 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu Workshop. Disini akan diberikan pembekalan ilmu dan keahlian untuk membuat startup digital. Terus pada tahap Hackhathon, ada 1.000 peserta yang lolos dari tahap sebelumnya, mereka disuruh untuk membuat prototype produk lewat aplikasi.

Pada tahap berikutnya ialah Bootcamp, ada 500 peserta yang tertinggal mendapatkan mentoring terdalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, tahap Inkubasi selama kurang lebih 3 bulan dengan 200 peserta yang terpilih.

Tahapan yang sedang dilaksanakan adalah Ignition berupa seminar di 10 kota. Jadwalnya yang pertama di Jakarta pada tanggal 30 Juli, selanjutnya Surabaya di tanggal 6 Agustus dan Yogyakarta pada tanggal 12 Agustus.

Informasi lebih lengkap tentang Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital melalui:

Website : http://1000startupdigital.id/
Facebook : http://facebook.com/1000startupdigital
Instagram : http://instagram.com/1000startupdigital
Twitter : http://twitter.com/1000startupID
Line : https://line.me/ti/p/@1000startupdigital
YouTube : https://www.youtube.com/channel/UCOmELv7JKzSKNQ2PaAe7mXg
Email : [email protected]

Advertisements