28.6 C
Banjarmasin
Sabtu, April 27, 2024

GoBiz – SPOTS: Perangkat Kasir, EDC dan Printer Resi dalam Satu Alat

Dalam suatu usaha apapun, sebuah transaksi bisa dinyatakan selesai jika sudah terjadi penjualan (sales) dan uang pembayaran telah diterima. Di “titik” inilah muncul istilah Point of Sale (POS). Semakin ke sini, Point of Sale tadi juga memiliki arti tempat kasir. Hal ini karena di kasir lah pelaku bisnis memperoleh uang (cash register). Sehingga, jika ada istilah sistem Point of Sale, maka akan merujuk ke mesin kasir yang tidak hanya bisa melakukan pencatatan transaksi, namun juga bisa menjadi sebuah pembukuan yang terhubung ke internet (Cloud Based POS System).

Dengan semakin pesatnya perkembangan software dan aplikasi (app), ada sistem Point of Sale yang boleh dibilang sebagai All in One Device, yaitu SPOTS (GoBiz). Bentuknya yang seukuran EDC normal, orang tidak akan menyangka bahwa alat ini juga bisa berfungsi sebagai perangkat kasir, printer resi dan EDC (Electronic Data Capture) sekaligus.

Pos System Restoran
Salah Satu Restoran yang menggunakan GoBiz

Jadi, jika Anda mencari Point of Sale Cafe, POS System Restoran, POS System Coffee Shop ATAU pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ingin menggunakan mesin kasir yang canggih agar pembukuan lebih terkontrol bisa memilih perangkat GoBiz. Pelaku bisnis akan mendapat berbagai kemudahan seperti:

  • Menerima pesanan Go-Food dengan cepat
  • Mencetak tanda terima atau receipt (orang Indonesia sering menyebutnya “resi” saja).
  • Membuat perhitungan total penjualan harian tanpa menghitung secara manual dan lain-lain.

Kemudahan di atas sesuai dengan misi GoBiz yang menginginkan para pelaku usaha semakin nyaman dan mudah dalam menjalankan bisnisnya.

Jika Anda penasaran mengapa pesanan Go-Food bisa dengan instan melalui GoBiz ini, jawabannya adalah karena GoBiz merupakan anak perusahaan GOJEK, sehingga produk yang ada di GOJEK juga bisa saling bersinergi dengan GoBiz, termasuk menerima pembayaran melalui saldo GoPay.

Jadi, tidak melulu usaha kuliner atau Point of Sale Cafe saja misalnya. Anda yang memiliki usaha potong rambut hingga loundry pun bisa menggunakan GoBiz.

Asyiknya lagi, karena juga sebagai EDC, Anda otomatis juga bisa menerima pembayaran dengan kartu debit apapun yang diterbitkan di Indonesia.

Dengan pencatatan yang baik dengan perangkat Point of Sale, pelaku usaha pada akhirnya bisa melakukan analisa untuk perkembangan usahanya. Contohnya saja, dengan GoBiz Anda bisa melihat hari atau jam berapa saja yang ramai dikunjungi. Sungguh sangat membantu, bukan? Terlebih bagi yang sedang mengembangkan POS System Restoran atau POS System Coffee Shop, pasti akan sangat terbantu.

spots point of sale barcode

Sedikitnya sudah 50.000 outlet yang menggunakan GoBiz di 50 kota di Indonesia serta terus bertambah.

Apa Kata Mereka yang Sudah Menggunakan GoBiz untuk Usahanya?

Kami mencoba menelusuri instagram resmi GoBiz dan menemukan sebuah highlight dengan judul “Testimonial”. Cukup banyak post yang mereka arsipkan terkait kepuasan para pengguna akan GoBiz. Contohnya, Merlyn dengan produknya yang bernama “Ini Salad”.

Dia mengatakan dalam tulisannya bahwa Ini Salad sangat terbantu dengan adanya mesin kasir GoBiz seperti pencatatan transaksi penjualan dan laporannya yang dikirim di email setiap hari.

“Yang paling oke sudah terintegrasi dengan pesanan GoFood. Sangat mudah dan simple”, tambahnya.

Apakah Ada Biaya untuk EDC GoBiz?

Pos system coffee shop

Biaya untuk perangkat All in One milik GoBiz ini cukup terjangkau, yakni Rp. 4.900/hari. Benar, Anda tidak salah baca. Tidak sampai 5.000 Rupiah biaya per harinya. Dan, biaya pendaftaran awal hanya sebesar Rp. 490.000. Dengan biaya seperti ini, rasanya cukup worth it untuk sebuah perangkat mesin kasir yang memiliki beragam fungsi termasuk fitur Cloud Based POS System nya.

Mencoba Berbelanja via GoBiz

Jika di awal tadi kami membahas tentang berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha dengan menerapkan GoBiz, sekarang saatnya kami mencoba posisi sebagai pembeli yang ingin membayar atau bertransaksi melalui GoBiz.

Kami mendatangi salah satu outlet minuman di Banjarmasin, begitu ada device GoBiz terlihat di meja, tanpa berpikir lama, kami langsung menghampiri.

spots digunakan di salah satu toko di Banjarmasin
SPOTS di Coffee Shop: GoBiz digunakan di salah satu outlet di Banjarmasin

Kami memesan menu yang tersedia, kemudian saat akan membayar di sini kami terkejut. Kami mengira GoBiz ini hanya bisa cashless, ternyata tetap bisa menggunakan uang tunai. Jadi, selain bisa dengan GoPay dan kartu debit (kartu kredit sebentar lagi sudah bisa juga); uang cash pun tetap dilayani. Apalagi jika Anda adalah tipe pembeli yang terbiasa membawa uang tunai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tentu akan sangat terbantu dengan adanya GoBiz ini.

So, sebagai kostumer pun kami turut merasakan kemudahan yang ditawarkan oleh GoBiz ini. Bagaimana dengan Anda? Anda pernah memiliki pengalaman dengan GoBiz? Mari berbagi di kolom komentar.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?