28.6 C
Banjarmasin
Minggu, April 28, 2024

Jalan-Jalan ke hoMMe, Kantor Baru MatahariMall

Teknologi.info – Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, MatahariMall baru saja meresmikan kantor barunya pada tanggal 10 Februari 2016. Kantor ini dinamakan “hoMMe” berlokasi di Gedung Lippo Kuningan Lantai 20, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Kantor seluas 1.635 meter persegi  merupakan perluasan dari kantor lama mereka yang hanya seluas 287 meter persegi.

Selain kantor untuk FaMMilia, sebutan pegawai MatahariMall. Ritel online ini juga memiliki kantor customer service dan gudang (warehouse) yang bertempat di kawasan Halim, Jakarta Timur. Dalam peresmiannya, dihadiri petinggi seperti John Riady (Director Lippo Group), Emirsyah Satar (Chairman MatahariMall), Rudy Ramawy (Vice Chairman MatahariMall), dan Hadi Wenas (CEO MatahariMall).

MatahariMall,
Petinggi MatahariMall saat peresmian kantor (sumber: Liputan6)

Hadi Wenas berharap dengan adanya kantor baru ini, pegawai dapat mengeluarkan karya yang kreatif  dan nyaman bekerja seperti rumah mereka. Sehingga, penyebutan hoMMe untuk kantor dianggap sebagai rumah kedua pegawai MatahariMall. Dan itu dijelaskan dengan tepat pada tema acara peresmian yaitu #WelcomeHoMMe.

Konsep yang diusung Kantor MatahariMall

Hadi Wenas menjelaskan bahwa kantor baru MatahariMall mencerminkan kultur mereka. Kultur tersebut adalah bold (berani), fast (cepat) dan fun (menyenangkan). Bold mencerminkan berani untuk membuat para FaMMilia lebih semangat untuk menjadi beda dan melakukan hal yang baru.

MatahariMall, hoMME, Lippo Group, e-commerce
suasana kantor baru MatahariMall

Fast diimplementasikan dalam desain ruang-ruang khusus untuk rapat bersifat informal dengan konsep unik yaitu hanya memiliki meja tanpa kursi atau ruangan seluruh dinding dijadikan papan tulis. Sehingga, para FaMMilia bisa mengeluarkan ide dan inovasi secara cepat.  Fun dalam kantor dijelaskan dengan empat warna cerah dengan konsep rumah sendiri plus beragam fasilitas seperti permainan.

Konsep Super Mario Kart (game balapan) ada pada kantor hoMMe. Hadi menyebutkan bahwa empat penjuru kantor didesain dengan empat warna berbeda yang dihubungkan dengan satu jalur balapan yang melambangkan kecepatan.

Empat warna tersebut merupakan warna utama kantor MatahariMall yakni merah, hijau, biru dan kuning. Warna tersebut diaplikasikan pada sudut kantor dengan tema dunia yang berbeda. Sudut merah dengan tema Volcano (gunung berapi) digunakan bagian Product & Technology. Sudut hijau dengan tema Forest digunakan bagian Marketing. Sudut biru dengan tema Deep Sea (lautan) digunakan bagian HR, GA, Legal dan Finance. Sudut kuning dengan tema Sky City digunakan bagian Merchandising.

Fasilitas yang ada di Kantor MatahariMall

MatahariMall dengan hoMMe menyediakan berbagai fasilitas untuk memberi kenyamanan FaMMilia dalam bekerja. Fasilitas tersebut seperti playground yang dilengkapi PlayStation 4, meja pingpong, samsak tinju dan lain-lain.
Terdapat juga ruangan sauna. Ruangan ini ada dua buah di setiap sisi kantor. Tapi, jangan berpikir bahwa sauna tersebut untuk mandi uap. Sauna yang ada di MatahariMall disebut untuk ruangan pertemuan bersifat informal. Ruangan ini didesain semacam aula ditambah tempat duduk berundak dan alas rumput sintetis serta ayunan untuk menunjukkan sisi ceria.

MatahariMall, hoMME, Lippo Group, e-commerce
Salah satu fasilitas yang ada di kantor MatahariMall (sumber: Detik)

Sauna bertujuan untuk para FaMMilia melakukan Brain Spa, mendapatkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk memajukan MatahariMall dan memanjakan pelanggannya. Ada juga kutipan-kutipan yang mampu menginspirasi semangat kerja terletak di setiap ruangan dan sudut kantor.

MatahariMall yang mempunyai website beralamatkan di mataharimall.com adalah perusahaan e-commerce milik pengusaha kaya raya Lippo Group. Sejak dimulai bulan September 2015, MatahariMall dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki berhasil membuat tim yang solid, jaringan O2O (Online to Offline) yang menarik, infrastruktur pengiriman yang baik, produk-produk yang bagus, dan harga yang bersaing untuk menjadi situs ritel online besar di Indonesia.

Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?