28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 26, 2024

Berikut Cara Maksimalkan Keamanan Akun Telegram

Teknologi.info – Di tengah zaman di mana semua informasi bergerak dengan cepat dalam ranah digital, kadang kita suka lupa dengan isu keamanan data. Di Indonesia, kasus seperti kebocoran data pada sektor pemerintahan, e-commerce, dan aplikasi messenger merupakan kasus yang terjadi karena lalai terhadap isu keamanan data. Hal ini menjadi sangat berbahaya karena data kita yang bocor dapat diperjualbelikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab hingga disalahgunakan untuk keperluan penipuan serta pencurian identitas. Isu kebocoran data ini juga menjadi fenomena global, di mana ada sekitar 1.862 kasus kebocoran data di seluruh dunia pada tahun 2020 menurut Identity Theft Resource Center’s 2021 Data Breach Report. Oleh sebab itu, keamanan dalam aplikasi harus menjadi prioritas utama bagi banyak orang.

Salah satu cara untuk menjaga keamanan datamu adalah melalui fitur bernama end-to-end encryption. Fitur yang sudah banyak tersedia di dalam aplikasi messenger ini akan membuat komunikasimu aman karena dapat mencegah pihak ketiga, termasuk platform aplikasi messenger, mengakses data saat data tersebut ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainnya. Jadi, fitur ini akan membuat percakapanmu aman dari kebocoran data karena hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat pesan yang dikirim.

Sebagai salah satu aplikasi messenger terdepan yang menyadari pentingnya isu keamanan data pribadi penggunanya, Telegram juga telah mengadopsi teknologi end-to-end encryption yang ada di dalam fitur Secret Chat. Selain menggunakan fitur end-to-end encryption, Secret Chat hanya bisa diakses melalui satu perangkat saja sehingga memudahkanmu untuk melakukan pengawasan terhadap akun dan riwayat percakapanmu. Cukup klik kontak orang yang ingin anda kirimkan pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon “more” untuk mengaktifkan fitur Secret Chat-mu.

Masih ragu dengan keamanan aplikasimu? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara lainnya untuk meningkatkan keamanan akun Telegram sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu, lho. Penasaran? Yuk, simak tips berikut!

Sembunyikan Nomor Teleponmu

Sekarang, anda tidak perlu lagi khawatir nomor teleponmu akan tersebar karena ada fitur untuk menyembunyikan nomor teleponmu di Telegram. Meskipun orang asing tidak dapat melihat nomor telepon anda secara default, pengguna Telegram lain dapat melihat nomor telepon anda jika nomor telepon mereka tersimpan di telepon anda dan menyinkronkan kontak anda dengan Telegram. Namun, anda masih dapat menyembunyikan nomor telepon anda untuk memaksimalkan keamanan akunmu. Untuk melakukan hal ini, anda bisa pergi ke opsi Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Nomor Telepon. Setelah itu, anda bisa langsung memilih opsi “Tidak Ada” dalam bagian “yang dapat melihat nomor telepon saya”.

Gunakan Fitur Lock Chat

Salah satu keunggulan Telegram ada pada sistem chat berbasis pada komputasi awan atau cloud chat, di mana anda bisa mengakses percakapanmu dalam beberapa perangkat dalam waktu bersamaan tanpa perlu khawatir riwayat percakapanmu akan terhapus. Hal ini juga berguna apabila anda membeli gadget baru dan ingin segera menggunakan Telegram di gadget barumu, hassle-free! Namun, memang kita perlu berhati-hati, khususnya untuk riwayat percakapan kita yang mungkin sifatnya rahasia. Selain menggunakan fitur secret chat, anda juga bisa menggunakan fitur lock chat yang dapat mengunci pesanmu secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit. Caranya, anda cukup klik tombol Setting > Privacy and Security > Passcode and Touch ID > Pasang PIN atau Touch ID. anda juga bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegrammu untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Matikan Fitur “People Nearby”

Fitur “People Nearby” memang memudahkan untuk berkenalan dengan teman baru yang ada di sekitarmu tanpa bertukar nomor telepon, namun fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh Telegram saat pengguna pertama kali menginstal aplikasi untuk memastikan privasi penggunanya. Jadi, pastikan untuk mengaktifkan fitur ini sebelum anda menggunakannya, dan jangan lupa untuk menonaktifkannya setelah anda selesai untuk mencegah lokasimu tersebar ke orang-orang yang ada di sekitarmu, ya!

Gunakan Fitur Self-Destruct Chat

Takut kalau HP anda diintip sama teman? Dengan fitur self-destruct chat dari Telegram, dijamin bahwa anda tidak akan mengalami masalah ini. Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu mengaktifkan self-destruct timer yang tersedia untuk semua pesan di Secret Chats dan untuk media di private cloud chat. Cukup klik ikon jam (di kolom input di iOS, dan bagian atas di Android), lalu pilih batas waktu yang anda inginkan. Setelah waktu habis, pesan tersebut akan hilang dari kedua perangkat. Dengan memanfaatkan fitur ini, anda bisa berkirim pesan “rahasia” bersama teman tanpa takut ada pengintip, karena Telegram juga akan memberi tahu anda jika teman chat-mu mengambil screenshot chat!

Batasi Undangan untuk Masuk Grup

Apakah anda sering merasa overwhelmed karena ada di terlalu banyak grup? Atau anda pernah mengalami kejadian diundang oleh orang tak dikenal ke grup baru? Telegram ternyata memiliki fitur yang mengatur izin menambahkan akunmu ke grup, lho. Cukup pergi ke opsi Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Grup. Selanjutnya, anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundangmu masuk grup. Dengan begini anda akan terhindar dari undangan-undangan masuk grup yang tidak anda kenal.

Aktifkan Protected Content di Grup dan Channel

Update terbaru Telegram ini membantu para creators untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan bahwa itu hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju. Pemilik grup dan channel dapat menyimpan konten mereka hanya untuk anggota grup/channel melalui fitur ini, yang membatasi pesan untuk diteruskan dari obrolan, mencegah screenshot, dan membatasi kemampuan untuk menyimpan media. Untuk mengubah kemampuan pengguna meneruskan pesan, buka halaman Info Grup atau Saluran > Grup/Jenis Saluran > Batasi Menyimpan Konten.

Hapus Pesan anda Berdasarkan Tanggal

Apakah anda ingin melindungi privasimu tanpa perlu scrolling chat anda dan menghapusnya satu per satu? Pengguna Telegram sekarang memiliki kendali penuh atas jejak digital mereka dan dapat menghapus pesan apa pun dari percakapan kapan saja. Dengan pembaruan ini, anda dapat menghapus riwayat obrolan dari hari atau rentang tanggal tertentu dalam chat anda, Iho! Untuk melakukan ini, cukup buka kalender, klik tanggal yang muncul saat anda scroll chat anda – lalu pilih hari mana yang akan dihapus. anda terlalu sibuk untuk mengurus chat history anda? Jangan khawatir, anda juga dapat mengatur pesan anda dalam mode hapus otomatis untuk satu hari, minggu, atau bulan setelah pengiriman. Praktis banget, kan!

Gimana? Sudah merasa cukup aman belum? Tidak perlu lagi deh takut sama isu kebocoran data, karena Telegram berkomitmen untuk menjaga privasi dari pengguna aplikasi sesuai dengan prinsip Telegram. Dilansir dari pernyataan Telegram beberapa waktu lalu bahwa privasi pengguna adalah prioritas terbesar untuk Telegram, dan Telegram berkomitmen pada prinsipnya sejak awal. Untuk anda yang sudah punya akun Telegram, silakan coba tips di atas. Nah, untuk anda yang belum punya, yuk coba rasakan amannya pakai Telegram!

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?
ROG Phone 8