MyJNE: Kirim, Pantau dan Transaksi Barang dengan Aplikasi di Smartphone

3642
Aplikasi MyJNE (sumber: Channel Youtube JNE)

Teknologi.info – JNE meluncurkan aplikasi terbarunya untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengirim dan memantau barang sampai ke penerima. Aplikasi yang dinamakan MyJNE sangat cocok bagi pengirim dan penerima barang karena tidak perlu capek lagi membuka website untuk mencek status barang. Cukup install di smartphone berbasis Android, kalian bisa menggunakannya dengan mudah dan cepat.

Dalam aplikasi MyJNE terdapat empat fitur yaitu My Shipment, My Tariff, My Location, dan My COD. Silakan daftar terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan fitur-fitur aplikasi dengan maksimal. Nanti setelah sukses mendaftar, akan dikirim email untuk klik link sebagai tanda sukses terdaftar. Untuk login aplikasi menggunakan nomor handphone dan password saat mendaftar sebelumnya.

Fitur My Shipment terdapat pada menu Home di aplikasi dengan tujuannya sebagai cek status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat. Masukkan nomor resi pada kotak ‘Search Air Waybill’ untuk mengetahui sampai mana status barang baik itu pengirim maupun penerima, sehingga dapat diketahui.

download myjne terbaru
My Shipment dan My Tariff dalam satu menu di Home

Bisa juga menggunakan kamera dengan menyorot pada barcode di kertas resi dengan memastikan terjangkau garis merah pada layar. Serta kamera pada smartphone mendukung memotret barcode sehingga kamu tidak capek mengetik nomor resi secara manual.

Dari My Shipment dapat diketahui nomor resi manual (connote) pengirim barang melalui histori pada tab Shipper. Pada tab Consignee diketahui connote penerima barang melalui histori. Hingga dapat dijadikan favorit untuk connote pengirim dan penerima yang sangat penting pada tab Favourite.

Fitur My Tariff juga terdapat di menu Home pada aplikasi yang bertujuan untuk mencek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia. Pada kotak ‘From’ masukkan kota asal barang dikirim seperti Banjarmasin dan kotak ‘To’ untuk kota tujuan barang diterima seperti Jakarta Timur. Lalu tekan ‘Check Tariff’ hingga muncul harga pengiriman sesuai layanan JNE seperti OKE, REG dan YES beserta estimasi waktu.

My JNE di google Store
Mencoba Cek Harga Pengiriman JNE dari Banjarmasin ke Jakarta Timur

Kamu bisa mengganti berat barang dengan menaruh kursor di angka 1 Kg, lalu ganti angkanya dengan 2 hingga seterusnya dan tekan tanda centang biru hingga proses harga berubah. Begitu juga dengan mengganti ukuran dimensi barang, tapi ketika saya coba tidak berpengaruh pada harga alias tidak berubah. Hal itu saya coba dengan kombinasi ukuran dimensi dan berat barang tetap tidak berubah, harga pengiriman tetap menurut berat barang.

Fitur My Location terdapat di menu JNE Nearby dengan tujuan untuk mencek lokasi pengiriman/counter JNE yang terdekat dengan kamu. Pastikan sebelum mencoba JNE Nearby harus mengaktifkan fitur GPS pada smartphone. Saya mencoba JNE Nearby berjalan bagus dengan menampilkan lokasi counter/agen JNE yang dekat dengan kontrakan saya di Banjarmasin tepatnya di Kayu Tangi. Ada sekitar 13 lokasi yang dekat dengan saya tinggal.

My JNE Google playstore
JNE Nearby menemukan lokasi agen atau counter JNE terdekat

Fitur My COD untuk membuat order dari toko online pengguna aplikasi dan menggunakan aplikasi ini sebagai perantara pembayaran. Fitur ini cocok bagi kamu yang mempunyai toko online atau UKM yang jual produk melalui internet. Fitur ini terdapat pada menu My COD dan My COD Wallet.

Untuk menggunakan fitur My COD, pengguna menuju ke My COD Wallet untuk melengkapi profilnya di bagian pojok kanan atas pilih ‘Edit Profile’. Lengkapi nama toko pada kotak ‘Store Name’ dan alamat toko pada kotak ‘Address’. Masukkan nomor KTP pada kotak ‘No KTP’. Masukkan juga nomor rekening bank dengan pilih ‘Add Bank Account’, nomor rekening bank maksimal 3 buah. Selanjutnya tanggal lahir dan jenis kelamin. Terakhir simpan profil kamu.

Di menu My COD terdapat tab My Shop untuk toko dan tab My Order untuk pesanan pada toko.

myjne android
Membuat Order untuk pembeli di menu My COD

Terus pengguna menuju menu My COD buat pesanan/order baru dengan pilih tanda ‘+’. Lengkapi nama order, nomor telepon pembeli, item barang, biaya pengiriman, biaya lainnya lanjut buat order.

Sedangkan menu My COD Wallet bertujuan sebagai rekening bersama antara pengirim dan penerima barang dengan syarat pengguna harus terdaftar di aplikasi, menu ini mempunyai fasilitas sebagai berikut :

  • Transfer ialah pemindahan uang sesama pengguna My COD Wallet
  • Top Up ialah pengisian atau penambahan dana di virtual account
  • Cash Out ialah pencairan dana ke rekening yang ditunjuk
  • History ialah riwayat transaksi yang dilakukan di My COD Wallet
cara cek transaksi via myjne
My COD Wallet menampilkan empat pilihan untuk pembayaran

Sejauh saya gunakan aplikasi ini dapat dikatakan tidak ada hambatan seperti error dan sejenisnya. Saya merasa user interface (UI) dan user experience (UX) pada aplikasi sudah bagus, hal ini terjadi ketika memasukkan nomor resi atau mengetik apapun pada kotak sangat lancar dan halus.

Sebagai perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia, patut diacungi jempol inovasi JNE dalam teknologi untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan dalam memonitoring status barangnya hingga sampai ke tujuan. Hal itu sesuai dengan tagline aplikasinya, “Kirim, Pantau, dan Transaksi dalam Genggamanmu”.

Masih belum yakin untuk mendownload aplikasi MyJNE? Yuk lihat video dibawah ini.

Nah, gimana sudah nonton kan? Untuk kemudahan segala hal dalam pengiriman dan penerimaan barang. Ayo segera download aplikasi MyJNE di Google Play Store.

Informasi lebih lanjut tentang JNE baik MyJNE serta produk lainnya :

Website : www.jne.co.id
Facebook : JNE
Twitter : @JNE_ID
Instagram : JNE
Youtube : JNE
Aplikasi MyJNE : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indivara.jneone