Blog Samsung Display tampilkan Layar Lipat Tiga dan Layar yang Bisa Digulung?

224
Render Samsung Z Fold 3
Render Samsung Z Fold 3 | Sumber: LetsGoDigital

Teknologi.info – Samsung mungkin secara tidak langsung “memancing” reaksi dari dua perangkat terakhirnya. Di blog Samsung Display, Samsung telah merilis dua sketsa perangkat baru yang jika dipikir-pikir dengan seksama, mungkin bisa diwujudkan Samsung pada tahun-tahun mendatang.

sketsa layar samsung lipat 3 | sumber: SamsungDisplay.com

Dalam ilustrasi pertama, terlihat perangkat dengan layar lipat tiga pada model Galaxy Fold. Desain baru ini menyembunyikan tampilan eksternal Fold karena dapat melipat hingga 3 bagian. Logo kecil di bagian bawah sketsa bertuliskan “Samsung OLED”.

Gambar berikutnya adalah sketsa layar yang dapat digulung dan bisa disimpan dalam ukuran tabung.

sketsa layar gulung Samsung
Sketsa Layar Gulung Samsung | Sumber: SamsungDisplay.com

Konsep layar yang dapat digulung yang dapat disimpan dalam bentuk kecil ini bisa sangat menarik, tetapi satu-satunya batasan yang tampak adalah bahwa tampilan yang seperti itu hanya mungkin dapat digunakan pada permukaan desktop. Daya tarik di sini adalah “portabilitas” lebih dari “mobilitas” dari produk semacam itu.

Meskipun Samsung tidak secara eksplisit mengumumkan bahwa mereka akan merilis perangkat seperti yang ada pada sketsanya, hal tersebut menggambarkan gagasan bahwa bisa saja Samsung Display mampu membuat panel untuk perangkat tersebut.

Salah satu perangkat mungkin akan menjadi kenyataan lebih cepat seperti layar lipat 3. LetsGoDigital berhasil membuat beberapa render mock up untuk layar lipat 3 ini. Perangkat lipat tiga ini akan dilengkapi dengan papan ketik geser dan dapat digunakan pada berbagai posisi.

Jika ini bisa terwujud, tentu inovasi ponsel pintar akan semakin menarik. Terus terang, dengan bentuk smartphone yang hanya berbentuk batangan (candy bar) dengan layar besar, ini sudah terlalu “biasa”. Apakah Anda tidak rindu dengan bentuk-bentuk ponsel ketika Nokia berjaya dahulu? Atau bentuk yang saat ini memang sudah yang terbaik? Mari kita tunggu bersama gebrakan dari Samsung.