Tips Merawat Panel Surya Supaya Awet

113
cara merawat solar panel

Teknologi.info – Pada dasarnya, panel surya tidak membutuhkan perawatan yang istimewa. Namun, sebagai teknologi buatan manusia, panel surya juga sama seperti perangkat lain yang bisa saja rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Menurut para pakar, panel surya bisa tetap awet pemakaiannya lebih dari 20 tahun.

Itulah mengapa, banyak orang yang mulai melirik pemanfaatan panel surya sebagai penyedia energi listrik terbarukan. Anda bisa mulai mencari informasi mengenai tempat yang jual panel surya jika ingin mencoba memasang panel surya di rumah. Namun, ada beberapa hal penting diingat agar perawatan panel surya lebih awet dalam jangka panjang. Baca terus, ya!

1. Membersihkan Debu dan Kotoran

Selalu berada di luar ruangan dan udara terbuka, memungkinkan banyak debu dan kotoran yang menempel di permukaan panel surya. Maka itu, usahakan untuk membersihkan permukaan panel surya ini secara teratur.

Permukaan panel surya yang kotor dapat menghalangi penyerapan energi cahaya matahari karena terhalang kotoran atau debu yang tebal. Selanjutnya, perhatikan pula kondisi sekitar. Apabila terdapat pohon besar yang tumbuh menghalangi pancaran cahaya matahari, lebih baik pohon tersebut ditebang.

Sebab, daun-daun pohon yang berguguran bisa menumpuk di atas panel surya dan bayangan pohon bisa menghalangi penyerapan cahaya matahari.

2. Menjaga Kinerja Panel Surya

Untuk mengetahui sejauh mana kinerja panel surya, Anda juga perlu memasang sistem monitor. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengetahui seberapa besar energi yang telah dimanfaatkan dari panel surya tersebut.

Tak hanya itu, apabila terjadi kendala pada panel surya, juga lebih mudah dideteksi dan ditangani. Biasanya, ada dua cara yang dipakai untuk memeriksa panel surya ini. Melalui layar LED atau LCD dan memakai bluetooth/koneksi internet.

3. Hindari Pembersihan Dengan Air Sabun

Sebenarnya tidak ada larangan khusus untuk membersihkan panel surya dengan air sabun. Akan tetapi, sebaiknya berhati-hati jika memakai air larutan sabun karena kandungan kimia sabun bisa membekas di atas panel surya dan menempel. Sehingga lebih sulit dihilangkan.

Selain itu, banyak toko yang jual panel surya menyarankan agar tidak memakai air panas saat membersihkan panel surya. Cukup gunakan saja air bersih bersuhu dingin, sehingga lebih aman untuk panel surya dan menjaganya tetap awet.

4. Hubungi Jasa Perawatan Panel Surya Profesional

Bagi Anda yang tidak mau ribet dengan perawatan panel surya atau mungkin Anda merasa masih awam, maka tidak ada ruginya menghubungi teknisi profesional. Jasa profesional pemasangan panel surya, umumnya juga meliputi konsultasi, perawatan panel surya, hingga pemantauan dan survey lokasi.

Dengan begitu, Anda sebagai pelanggan akan dimanjakan dengan jasa perawatan panel surya profesional tanpa ribet menangani instalasi atau perawatan panel surya sendiri. Sehingga, Anda bisa lebih fokus pada aktivitas Anda lainnya yang lebih penting.

Nah, itu dia cara merawat panel surya supaya tetap awet dan tidak mudah rusak dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda berminat memasang atau masih ragu dengan perawatan panel surya di rumah, segera hubungi supplier yang jual panel surya di https://www.indotrading.com/.

Patut diingat bahwa memasang panel surya merupakan investasi besar yang sepadan dengan uang yang telah Anda keluarkan. Maka itu, pastikan untuk memilih supplier yang jual panel surya berpengalaman dan kredibel hanya di Indotrading. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, ya.