28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Maret 19, 2024

Update Windows 10 di April 2018; Apa Saja yang Baru?

Teknologi.info – Kita semua memiliki waktu 24 jam yang sama. Dan kini, lebih dari sebelumnya, waktu terasa tidak pernah cukup. Saat ini kita merasa lebih kewalahan dibanding sebelumnya dan banyak dari kita menginginkan waktu yang lebih banyak – bukan untuk mengerjakan lebih banyak hal, tetapi untuk melakukan apa yang kita inginkan. Microsoft ingin membantu Anda mewujudkan hal tersebut.

Dengan Windows 10, Microsoft telah memfokuskan diri ­untuk menghadirkan sistem operasi yang paling modern dan paling aman. Sejak peluncuran awal, Microsoft telah menghadirkan dua pembaharuan (updates) dengan fitur-fitur yang dirancang untuk menghadirkan kemampuan kreativitas di dalam diri kita masing-masing. Dengan peluncuran Windows 10 April 2018 Update terbaru, Microsoft ingin mengembalikan kepada Anda harta yang paling berharga, yaitu waktu Anda. Harapan Microsoft adalah Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal yang terpenting bagi Anda – menciptakan sesuatu, bermain, bekerja, atau apapun yang Anda suka.

Windows 10 April 2018 Update akan tersedia untuk diunduh secara gratis mulai hari ini, Senin, 30 April.

Timeline Membantu Anda Menemukan Hal yang Penting Bagi Anda Pada Perangkat Anda

Banyaknya perangkat, dikombinasikan dengan informasi yang sangat banyak, menyebabkan menumpuknya waktu penggunaan komputer. Faktanya, saat ini, secara praktis semua waktu senggang digunakan di depan layar. Informasi Anda tersebar di banyak perangkat, membuat semakin sulit untuk menemukan yang Anda butuhkan. Kita semua pernah menggali ke dalam e-mail dan folder untuk mencari dokumen yang Anda tahu telah Anda buat, tapi tidak dapat ditemukan. Atau mencari foto dan video yang Anda pernah lihat dan suka, tapi tidak dapat ditemukan. Timeline dapat membantu Anda mengembalikan waktu yang terbuang tersebut.

Dengan Timeline, komputer Windows 10 Anda akan kembali ke waktu hingga 30 hari untuk menemukan data Anda, meskipun Anda mengerjakan hal tersebut hari ini, minggu lalu, atau beberapa minggu lalu. Karena kebanyakan aktivitas kita terus berlangsung, Anda bahkan dapat melanjutkan apa yang Anda sedang kerjakan sebelumnya jika Anda telah masuk ke akun Microsoft Anda sambil menggunakan Microsoft Edge atau Office 365 pada perangkat iOS atau Android ketika Anda kembali ke Komputer Windows 10 Anda. Bayangkan melihat pilihan meja rias kamar mandi untuk renovasi rumah saat menggunakan ponsel Anda, dan kemudian menyelesaikan pembelian tersebut ketika Anda kembali menggunakan komputer Anda. Atau mengerjakan sebuah dokumen dalam perjalanan Anda di bus dan dengan mudah melanjutkannya di meja kerja Anda.

Focus Assist Mengembalikan Fokus Anda

Saat ini, kebanyakan dari kita menghabiskan waktu antara 3-6 jam per harinya di depan layar monitor. Kebanyakan waktu tersebut kita habiskan di media sosial, dimana terdapat banyak gangguan yang konstan pada berbagai perangkat yang kita punya sehingga sulit untuk fokus. Dengan kata lain perhatian kita sedang diretas, menarik kita ke dalam aliran informasi yang terus-menerus, namun mengalihkan kita dari apa yang paling penting. Tantangan untuk memberikan perhatian ini sangat nyata – di lingkungan kerja, jumlah waktu rata-rata yang orang habiskan pada sebuah pekerjaan sebelum diganggu atau pergantian tugas adalah tiga menit (di luar rapat). Karena orang rata-rata membutuhkan sekitar 23 menit untuk fokus kembali setelah diganggu, produktivitas dan kreativitas kita berkurang.

Dengan Windows 10 April 2018 Update, Microsoft akan memperkenalkan Focus Assist untuk membantu Anda tetap fokus. Nyalakan Focus Assist kapanpun Anda ingin menyelesaikan tugas tanpa gangguan, seperti media sosial atau notifikasi lainnya. Atau atur fitur tersebut untuk menyala secara otomatis pada waktu-waktu tertentu ketika Anda membutuhkan waktu untuk fokus. Ketika Anda selesai, Anda akan mendapatkan ringkasan apa saja yang telah Anda lewatkan, baik itu notifikasi, e-mail, ataupun pembaharuan (updates), saat Anda sedang fokus. Jika Anda sedang menantikan telepon atau email tertentu, pilih orang-orang yang Anda ingin loloskan notifikasinya.

Microsoft juga membantu Anda fokus saat membuka web dengan pembaharuan (updates) untuk Microsoft Edge. Anda sekarang dapat meng-klik pada ikon audio untuk mematikan atau menghidupkan suara sebuah tab yang memiliki suara. Buku, PDF dan halaman baca dapat dibuka secara layar penuh untuk pengalaman membaca tanpa gangguan. Berbelanja menjadi lebih mudah karena alamat, pembayaran dan informasi lainnya dapat disimpan dengan aman dengan pilihan untuk mengisi secara otomatis pada formulir pembayaran dalam web. Anda kini dapat menghilangkan hal-hal yang menodai hasil cetak Anda dengan mencetak halaman web menggunakan format yang lebih bersih dengan pilihan pemncetakan bebas noda terbaru. Terakhir , setiap orang yang membutuhkan bantuan untuk membaca dapat menggunakan pilihan Grammar Tools untuk menyalakan bantuan komprehensi. Grammar Tools dapat membagi kata-kata pada halaman tersebut menjadi suku kata, serta menyoroti  bagian-bagian percakapan yang penting seperti kata benda, kata kerja dan kata sifat.

Suara sebagai Input Alami

Pengalaman komputasi alamiah memungkinkan kita untuk berbicara langsung kepada perangkat kita untuk menyelesaikan pekerjaan, tanpa mengetik. Microsoft melihat potensi input suara untuk mengubah secara signifikan bagaimana orang berinteraksi dengan perangkatnya, jauh melebihi wahana atau hiburan terbaru.

Satu cara yang telah Microsoft lakukan untuk hal ini pada April 2018 Update adalah dengan Dictation. Kini sangat mudah untuk membuat catatan, atau menulis sebuah tugas, hanya dengan suara Anda. Dengan kursor pada halaman teks apa saja baik pada Windows 10 maupun aplikasi, tekan tombol Win+H dan mulai berbicara. Fitur Dictation yang sudah ditingkatkan pada Windows 10 akan menangkap pembicaraan Anda secara cepat dan secara akurat sehingga ide cemerlang Anda atau pidato yang Anda telah latih untuk pernikahan teman baik Anda tidak akan hilang selamanya.

Dengan Windows 10 April 2018 Update dan Cortana terpasang pada Komputer Windows 10 Anda, Anda dapat mengatur rumah pintar Anda dari komputer menggunakan suara Anda. Sebagai contoh, ingin pulang ke rumah yang hangat setelah hari yang panjang di kantor? Ketuk saja Cortana pada komputer Anda dan katakana “Hai Cortana, atur termostat ruang keluarga ke 72 derajat” untuk mengatur thermostat ecobee, Honeywell, Nest Learning Anda.

Tentu saja, dengan fitur-fitur baru pada April 2018 Update termasuk simplified IT management tools untuk perusahaan pelanggan Microsoft, fitur baru untuk Photos, 3D dan Windows Mixed Reality, cara baru untuk menjaga Anda tetap aman secara online dan meningkatkan pengalaman bermain game di komputer Anda.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?