Inilah Aplikasi Pesan Terpopuler di Berbagai Negara, Indonesia Apa?

Share:

Teknologi.info – SimilarWeb adalah perusahaan yang menyediakan layanan untuk market intelligence, analisis web, data mining dan business intelligence untuk perusahaan-perusahaan internasional. SimilarWeb mempunyai platform dengan teknologi big data untuk mengumpulkan, mengukur, menganalisis dan menyediakan statistik keterlibatan pengguna di web dan aplikasi mobile.

SimilarWeb melalui blog resminya merilis laporan tentang Aplikasi Pesan Terpopuler di Berbagai Negara. Yang kita ketahui bahwa aplikasi pesan di mobile seperti Line, WhatsApp, Messenger, Viber, WeChat, BBM, KakaoTalk dan masih banyak lagi.

Menggunakan data berupa data aplikasi pesan di Android dari 187 negara, SimilarWeb melakukan analisis yang menentukan aplikasi pesan apa yang terpopuler di seluruh dunia. Dari analisis itu juga diketahui aplikasi pesan apa saja yang terpopuler di negara-negara tersebut.

apps messenger paling populer di bebagai negara

Representasi Negara-Negara yang Aplikasi Pesan Terpopuler (sumber: SimilarWeb)

Hasil analisis didapatkan bahwa dari 187 negara yang diambil datanya, aplikasi WhatsApp sebagai pemuncak juara aplikasi pesan terpopuler di dunia yang terdapat di 109 negara alias 55,6% dari keseluruhan dunia. WhatsApp terkenal di Brazil, Meksiko, India, Rusia, dan negara di Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Oseania.

Di posisi kedua yaitu aplikasi pesan dari Facebook ialah Messenger dimana ada di 49 negara seperti Australia, Kanada, dan Amerika Serikat. Selanjutnya, nomor ketiga ada Viber terdapat di lebih 10 negara yang kebanyakan di Eropa Timur seperti Belarusia, Moldova, Ukraina dan lain-lain. Kabar terbaiknya, Viber telah terinstal sebanyak 65% di perangkat Android di Ukraina serta digunakan rata-rata 16 menit per hari. Viber terkenal juga di negara seperti Irak, Libya, dan Sri Lanka.

Sedangkan Line, WeChat, dan Telegram masing-masing menjadi juara di negara China, Iran, dan Jepang. Line memang sangat terkenal di Jepang sampai penggunanya memakai dengan rata-rata 40 menit dalam sehari. Terakhir, ada aplikasi yang hanya juara di satu negara saja seperti KakaoTalk di Korea Selatan, imo di Kuba, Zalo di Vietna, ChatOn di Eritrea, dan BBM di Indonesia.

Nah, akhirnya pemenang di Indonesia untuk aplikasi pesan terpopuler adalah BBM (BlackBerry Messenger). Tercatat di April 2016, aplikasi ini terinstal di 87,5% semua perangkat Android di tanah air, jauh melebihi di negara lain.

Apalagi jika dibandingkat tingkat menginstal BBM dengan negara-negara lain, betapa jauhnya perbedaan tersebut. Di Amerika Serikat hanya 0,42% perangkat Android yang menginstal BBM, sedangkan untuk Australia dan Inggris masih lebih tinggi daripada AS.

Inilah Aplikasi Pesan Terpopuler di Berbagai Negara, Indonesia Apa? | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar