Layanan Streaming Musik Spotify Masuk ke Indonesia

1246
streaming musik, spotify, indonesia
Aplikasi Streaming Musik, Spotify hadir di Indonesia

Teknologi.info – Akhirnya yang dinanti sudah hadir masuk ke Indonesia. Yaitu layanan streaming musik populer di dunia yaitu Spotify. Dengan menawarkan lebih dari 30 juta lagu baik dari Indonesia dan mancanegara serta fitur eksklusif seperti  playlist musik pilihan, top charts, party, running, dan preview lagu semuanya gratis.

Tidak hanya bisa diputar di web browser, Spotify menyediakan untuk di smartphone berupa aplikasi mobile Android dan iOS, playstation, TV dan Android Wear. Spotify menyedia dua pilihan yaitu gratis dan Premium.

Spotify yang gratis dapat menikmati lagu dengan iklan sesekali muncul. Sedangkan untuk Spotify Premium dengan biaya Rp 49.990 per bulan dengan putar lagu on-demand, dengarkan musik secara offline, tanpa iklan dan kualitas suara yang lebih baik. Pengguna bisa mencoba Premium dengan gratis selama 30 hari.

Spotify memberikan paket untuk keluarga yang dinamakan Spotify Family. Saat dipantau di web, ada diskon 50% untuk meng-upgrade paket ini. Fitur yang didapatkan adalah playlist terpisah, musik secara offline, bebas iklan, dan dapat memutar musik saat bersamaan.

Pembayaran bagi yang memilih Spotify Premium dilakukan melalui kartu kredit, transfer bank via ATM, transfer bank via internet banking, Doku Wallet, Alfamart, Lawson dan Dan+Dan. Spotify saat diakses oleh saya dengan jaringan internet dari Indonesia sudah mengarahkan web untuk Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Sunita Kaur sebagai Direktur Spotify untuk Asia menyatakan, “Kami sangat bangga membawa layanan musik terbaik di dunia untuk Indonesia. Dimana layanan musik yang gratis untuk semua penggemar musik. Spotify membawa pengalaman dan kenikmatan bermusik ke suatu level baru. Belum ada sebelumnya cara lebih mudah atau menyenangkan untuk mencari musik yang disuka.”

Pilihan musik tersedia mulai dari berbagai genre baik berasal dari mancanegara dan Indonesia, termasuk musik dangdut. Spotify ketika membuka layanannya di suatu negara pasti membuat musik-musik lokal. Seperti yang dikutip dari Detik.com, “Kami tidak akan merilis layanan kami di suatu negara sampai negara itu memiliki konten lokal yang kuat. Karena ketika membawa layanan ke suatu negara, sebagai contoh Indonesia, kami juga bertanggung jawab membawa dan memperkenalkan musik Indonesia kepada masyarakat di luar,” tutur Sunita Kaur.

Spotify sekarang mengklaim telah memiliki pengguna sebanyak 75 juta di seluruh dunia, 30 juta subscriber, 2 miliar playlist dan telah tersedia di 64 negara. Kebanyakan pengguna baru yang menggunakan Spotify di mobile dan desktop, umumnya sebanyak 25% langsung menjadi pelanggan premium.

Kerjasama dengan Indosat Ooredoo

Spotify, Indosat Ooredoo
Kerjasama Indosat Ooredoo dan Spotify

Spotify Indonesia dalam peluncurannya mengajak kerja sama dengan Indosat Ooredoo. Dengan menawarkan paket Freedom Combo bagi pelanggan Indosat, akan didapatkan kemudahan bagi pelanggan prabayar yaitu Spotify Premium. Dari harga Rp 24.999 sampai Rp 39.999, serta mendapatkan gratis data tanpa kuota, panggilan telepon dan SMS.

Sedangkan untuk pelanggan Indosat Ooredoo pasca bayar terutama pengguna Matrix Super Plan. Mereka akan mendapatkan enam bulan gratis Spotify Premium dan gratis data Spotify. Indosat Ooredoo juga tawarkan pembayaran melalui tagihan operator untuk pelanggan. Informasi lebih lanjut kunjungi https://indosatooredoo.com/id/personal/freedommusic.

Alexander Rusli sebagai President Director dan CEO Indosat Ooredoo mengatakan, “Kami merasa bangga bekerja sama dengan Spotify. Kami adalah pelopor dalam membawa pengalaman digital yang terbaik di Indonesia dan bangga untuk mengubah cara orang-orang Indonesia dalam mendengarkan musik.”

Ditambahkan Alexander Rusli, “Dengan paket Matrix Super Plan dan IM3 Ooredoo Freedom Combo, Indosat Ooredoo memberikan kuota gratis bagi pengguna Spotify.”

Aplikasi Spotify Palsu di App Store

Hal yang tidak mengenakkan dialami Spotify Indonesia saat di hari peluncurannya. Dimana ditemukannya aplikasi Spotify yang palsu dan berbayar di App Store. Aplikasi yang dihargai Rp 75.000 tersebut mempunyai nama dan logo yang hampir sama dengan Spotify yang asli.

Sunita Kaur meminta maaf akan hal tersebut, “Saya baru mendapatkan informasi pagi ini muncul aplikasi berbayar Spotify palsu di App Store, untuk itu kami minta maaf kepada semua pengguna iOS dan memastikan bahwa Spotify bisa diunduh gratis di Android dan iOS.”

Sunita menegaskan lagi, “Jangan diunduh, Anda rugi Rp 75.000 nanti. Untuk saat ini bisa download aplikasi melalui situs web kami langsung.”

Setelah dilihat, aplikasi Spotify di App Store sudah tersedia tapi masih di urutan ke-9. Sunita menjelaskan bahwa, “Butuh waktu agar aplikasi kami muncul di peringkat teratas. Butuh proses dan bergantung dari jumlah unduh dan semoga kami bisa cepat menyingkirkan aplikasi palsu itu.”

Spotify didirikan 9 tahun lalu tepatnya April 2006 di Swedia oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon. Diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2008. Spotify adalah layanan streaming musik selain itu juga melayani podcast dan video. Musik tersedia dari label rekaman dan berbagai perusahaan musik terbesar.

Untuk mengikuti perkembangan dari Spotify, bisa mengikuti social media mereka. Facebook: Spotify, Twitter: @SpotifyID, dan Instagram: @spotifyid.

Comments