28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

Pengaturan Keamanan dan Privasi Terbaru Samsung Galaxy

Konsumen Sekarang Bisa Dengan Mudah Menentukan Transparansi Data dengan Pengaturan Keamanan dan Privasi Terbaru Samsung Galaxy

Teknologi.info – Di zaman sekarang yang semakin terhubung, data memegang peranan yang sangat penting dalam hampir semua kegiatan yang kita lakukan. Data mempengaruhi cara kita mencari informasi, berbelanja, dan bahkan mengakses aktivitas di dunia maya. Selain itu, data juga mempengaruhi cara perangkat kita bekerja. Tak heran jika sekarang banyak orang yang lebih sadar akan pentingnya melindungi informasi pribadi mereka. Namun, orang-orang juga sadar bahwa informasi tersebut memiliki nilai dan dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman online mereka. Menurut penelitian terbaru, lebih dari setengah (53%) konsumen di seluruh dunia percaya bahwa pertukaran data penting untuk kegiatan masyarakat. Hampir sama banyaknya (47%) juga dengan senang hati berbagi data dengan bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang jelas.

Untuk itu, pengguna Samsung Galaxy sekarang dapat memutuskan siapa yang boleh melihat data mereka dan bagaimana data tersebut digunakan. Sebagai bagian dari update untuk One UI 5, Dashboard Keamanan dan Privasi di perangkat Galaxy telah ditingkatkan untuk membuat pengelolaan data lebih mudah.

Dashboard Security dan Privacy Teknologi.info

Menu keamanan dan perlindungan informasi pribadi sekarang digabungkan menjadi satu, sehingga pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa saja yang mungkin berisiko. Pada satu menu yang mudah diakses, Dashboard dapat menampilkan status keamanan untuk setiap item, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengubah pengaturan dan mengelola risiko. Item-item yang paling berpengaruh terhadap keamanan digital seperti Lock Screen, Accounts, SmartThings Find, App Safety, dan Updates sekarang dapat diakses langsung di bagian atas dashboard. Selain itu, peringatan berwarna merah, kuning, atau hijau yang intuitif juga akan muncul untuk memberikan informasi singkat tentang masalah keamanan yang mungkin terjadi. Dashboard yang ditingkatkan juga mencakup prompt aksi instan seperti memberikan izin kepada aplikasi, sehingga pengguna dapat dengan lebih transparan mengelola data mereka.

Saat membahas perlindungan informasi pribadi, salah satu cara paling sederhana untuk memastikan data Anda tidak tersebar tanpa sepengetahuan Anda adalah dengan memonitor pemberian izin ke aplikasi. Berikut adalah empat pemberian izin penting yang membantu pengguna memegang kembali penyebaran data mereka hanya dengan beberapa klik pada perangkat Galaxy mereka:

  1. Mengelola Iklan dengan Mudah: Belanja online semakin populer, dan dengan banyaknya platform dan aplikasi yang tersedia, iklan dan rekomendasi dapat dengan cepat membanjiri konsumen. Bagi yang tidak ingin diserang iklan saat berbelanja atau menggunakan aplikasi favorit, mereka dapat membuka Security and Privacy Dashboard, lalu pada tab Privacy, buka menu Ads dan pilih “Delete AD ID”. Ini akan membantu menghindari rekomendasi yang tidak diinginkan saat berbelanja atau menggunakan aplikasi.
  2. Membatasi Akses Lokasi: Sebagian besar aplikasi membutuhkan akses ke lokasi Anda untuk berfungsi dengan baik. Namun, terkadang aplikasi juga dapat membagikan informasi lokasi Anda dengan pihak ketiga tanpa sepengetahuan Anda. Untuk membatasi akses lokasi, buka Security and Privacy Dashboard, lalu pada tab Privacy, buka menu Location dan pilih “Location Data Sharing”. Disini, Anda dapat membatasi akses lokasi untuk setiap aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.
  3. Mengontrol Akses Kamera dan Mikrofon: Sebagian aplikasi membutuhkan akses ke kamera dan mikrofon untuk berfungsi dengan baik, namun terkadang aplikasi juga dapat mengakses kamera dan mikrofon Anda tanpa sepengetahuan Anda. Untuk mengontrol akses kamera dan mikrofon, buka Security and Privacy Dashboard, lalu pada tab Privacy, buka menu Camera and Microphone dan pilih “Camera and Microphone Data Sharing”. Disini, Anda dapat membatasi akses kamera dan mikrofon untuk setiap aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.
  4. Menjaga Update Preferensi Aplikasi: Banyak orang mengunduh aplikasi untuk keperluan tertentu, tapi lalu membiarkannya terinstall dan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Seringkali, pengguna tidak menyadari bahwa aplikasi tersebut mungkin terus melacak aktivitas dan data mereka meskipun tidak aktif digunakan. Untuk mencegah aplikasi ini mengakses lebih banyak data dari yang dibutuhkan, perangkat Samsung Galaxy akan proaktif melindungi privasi pengguna dengan menghapus izin dari aplikasi yang tidak digunakan setelah beberapa waktu. Namun, jika pengguna ingin memulihkan pemberian izin, Security and Privacy Dashboard memudahkan pengguna untuk melakukannya sesuai keinginan mereka.

Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, pengguna Samsung Galaxy dapat dengan mudah mengelola dan mengontrol penyebaran data mereka hanya dengan beberapa klik saja. Hal ini membuat pengalaman online mereka lebih aman dan nyaman.

 

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!