Bhinneka.com Di Ulang Tahun ke-23 Siapkan Berbagai Strategi

Share:

Teknologi.info – Bhinneka pada bulan Februari ini masuk di usia yang ke-23 tahun. Pada tanggal 23 Februari 2016, bertempat di Terrace Café Senayan, pelopor e-Commerce di Indonesia merayakan hari jadinya.

Berawal pada tahun 1993 menjadi perusahaan distributor, Bhinneka melihat ada peluang bisnis di dunia maya dengan meluncurkan Bhinneka.com pada tahun 1999. Banyak tantangan dan cobaan untuk mengenalkan bisnis mereka saat belum terlalu banyak menggunakan internet untuk transaksi jual beli.

Pada mulanya, fokus penjualan utama Bhinneka.com adalah computer, communications, dan consumer electronics  yang sering disingkat Market 3C. Seiring waktu, akhirnya mereka menambahkan berbagai produk untuk memberikan banyak pilihan terhadap konsumen. Hal itu membuat Bhinneka.com menjadi sebuah marketplace seperti sekarang kita lihat.

Bhinneka yang sekarang berumur 23 tahun, siap mengembangkan marketplace mereka dengan berbagai macam perencanaan. Bhinneka tidak hanya mengembangkan marketplace untuk konsumen biasa tetapi untuk perusahaan bisa menggunakan layanan mereka nantinya.

Targetkan IPO dan Tambah Investor

Bhinneka akan menargetkan IPO tahun 2018 atau 2019 dalam kategori perusahaan papan atas seperti dikutip di CNN Indonesia. Selain itu, Bhinneka akan menambah kantor cabang di seluruh Provinsi di Indonesia. Salah satu contoh kegunaan kantor cabang untuk memudahkan pelanggan mengembalikan barang saat dibeli.

Bhinneka berencana untuk menambah investor yang nanti dananya dipergunakan untuk pengembangan teknologi, SDM serta pemasaran online dan offline. Sebelumnya tahun lalu, Bhinneka mendapatkan pendanaan dari Ideosource sebesar Rp 300 miliar.

Buka Marketplace Khusus Fotografi

Bhinneka pernah memiliki toko fotografi di kawasan Gunung Sahari, Jakarta. Tapi toko tersebut terbakar pada tahun 2014 lalu. Untuk menghidupkan kembali, Bhinneka berencana membuka toko online dalam bentuk marketplace.
Walaupun di Bhinneka.com mereka telah menjual alat fotografi, tapi itu hanya primary device saja. Sehingga dalam versi marketplacenya nanti, yang dijual lengkap alat-alat fotografinya mulai dari kamera, tripod, payung, aksesoris dan lain-lain.

Berikut ini bagi anda yang ingin melihat marketplace Bhinneka khusus fotografi di link ini.

Bhinneka Bisnis untuk Korporasi

Bhinneka ingin mencari peluang di segmen perusahaan, untuk itulah menyediakan marketplace khusus untuk konsumen dari korporasi. Jadi, merchant-merchantu diberikan kesempatan untuk menjual produk mereka kepada perusahaan.

Keinginan Bhinneka ini akan membuat mereka menjadi marketplace di bidang B2B (Business to Business), selain sebelumnya mereka fokus pada bidang B2C (Business to Consumer). Oleh karena itu, Bhinneka siap memberikan tawaran harga yang kompetitif, sistem pembayaran yang mudah, sistem tracking yang jelas, dengan sevice center yang handal.

Menyediakan Toko Online Samsung

Bhinneka juga akan menghadirkan toko online khusus Samsung. Sehingga pengguna bisa membeli produk-produk resmi dari Samsung termasuk aksesorisnya lewat satu tempat.

Promo Ultah ke-23 Bhinneka

Bhinneka dalam merayakan hari jadinya ke-23 menadakan program Festival Ulang Tahun Bhinneka. Program pertama yang berlangsung sejak tanggal 15-23 Februari 2016, pengguna mendapatkan tawaran berupa cashback, Flash Sales, dan eCoupon. Program kedua yang berlangsung dari tanggal 24-29 Februari 2016 yang diberi nama Promo Kabisat (Kejutan Harga Bhinneka Super Hemat). Jadi, segera belanja ke www.bhinneka.com.

Bhinneka.com Di Ulang Tahun ke-23 Siapkan Berbagai Strategi | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar