Facebook dan Microsoft Sama-Sama Bangun Kabel Bawah Laut

Share:

Teknologi.info – Kerja sama yang tidak biasa dilakukan oleh kedua perusahaan besar IT dunia ini. Yaitu Microsoft dan Facebook bersama-sama membangun kabel di bawah laut sepanjang 6.600 kilometer di Samudera Atlantik. Kabel ini terhampar dari Virginia, Amerika Serikat hingga Spanyol.

Proyek pembangunan kabel raksasa bawah laut itu mempunyai nama. Nama kabel bawah laut itu adalah MAREA yang artinya gelombang dalam bahasa Spanyol. Dengan adanya kabel tersebut kecepatan yang dihasilkan mencapai 160 terabit per detik. Ini akan menjadi tercepat sepanjang jalur Virginia-Spanyol.

Kolaborasi ini juga melibatkan pihak ketiga yaitu Telefonica yang merupakan perusahaan telekomunikasi dari Spanyol sebagai mitra. Perusahaan tersebut memiliki divisi infrastruktur yang akan mengatur sistem operasional MAREA. Telefonica juga berhak menjual kapasitas dari kabel besar bawah laut ini kepada perusahaan-perusahaan yang berminat dengan koneksi internet yang cepat dan tinggi.

Untuk proyek kabel bawah laut akan dimulai tahun ini dengan target selesai dalam waktu satu tahun. Memang tidak hanya MAREA yang menaruh kabel di bawah laut, karena ada banyak kabel lainnya yang saling berhubungan untuk meningkat konektifitas di seluruh dunia.

Dengan adanya MAREA, Eropa dan pantai timur Amerika Serikat akan terhubung. Dimana, Virginia adalah tempat yang berperan penting bagi Facebook dan Microsoft karena disanalah mereka memiliki pusat data. Sedangkan Spanyol menjadi gerbang untuk menyalurkan jaringan ke Asia dan Afria, dimana negara-negara di kedua benua itu menjadi target karena penambahan pengguna internet.

Facebook dan Microsoft setiap hari selalu berurusan dengan data yang mempunyai kapasitas sangan besar. Oleh karena itu, dengan kerja sama kedua perusahaan ini memilih untuk meningkatkan kapasitas bandwith tanpa bantuan perusahaan telekomunikasi.

Menurut Director of Global Network Acquisition Microsoft, Frank Rey melalui pernyataannya bahwa untuk memberikan pelayanan lebih baik dan menawarkan konektivitas yang bisa diandalkan, Microsoft akan berinvestasi dalam berbagai cara inovatif untuk meningkatkan kualitas sistem komputasi awan seperti Microsoft Cloud dan infrastruktur internet dunia secara menyeluruh.

Kerja sama Microsoft dan Facebook tidak hanya untuk pertama kalinya saja, karena sebelumnya mereka berdua bergabung untuk mengembangkan balon raksasa serta drone dengan laser untuk menyajikan internet bagi wilayah pedalaman.

Tidak hanya kedua perusahaan itu saja yang sibuk untuk membangun infrastruktur jaringan bawah laut. Google pun juga menanam kabel di bawah laut yang menghubungkan Amerika Serikat ke Jepang, Amerika Selatan dan sebagian dari Asia.

Facebook dan Microsoft Sama-Sama Bangun Kabel Bawah Laut | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar