Akun CEO Google Diretas!

704
Sundar Pichai CEO Google dihack
Akun Quora Sundar Pichai, CEO Google diretas!

Teknologi.info – Kelompok peretas OurMine yang dulu pernah “bermain” dengan akun social media Mark Zuckerberg kini beraksi kembali. Tidak tanggung-tanggung, sasaran mereka kali ini adalah akun Quora dari Sundar Pichai; yang tidak lain adalah CEO Google.

Kelompok tersebut mempublikasikan pesan melalui akun pribadi Sundar Pichai. Sialnya, akun Quora milik CEO mesin pencari tercanggih di dunia tersebut terkoneksi ke akun Twitter @sundarpichai. Dapat ditebak kejadian berikutnya adalah sekitar 500ribu lebih followers CEO yang memiliki darah India tersebut merasa heran atas isi tweet sang bos besar Google.

Isi kicauan tersebut saat ini telah dihapus. Meski demikian, screenshot hasil retasan masih bisa kita lihat sebagai berikut:

Akun Quora Sundar Pichai CEO Google diretas

Meski yang diretas adalah situs Quora (sebuah situs tanya-jawab), akan tetapi karena terhubung ke twitter si pemilik, sehingga pengikut Sundar Pichai bisa membacanya. Beberapa isinya adalah sebagai berikut:

#OurMine We are just testing your security !? (Kami hanya mengetes tingkat keamanan web -Quora- Anda)

Dari posting yang ikut ter-publish ke Twitter itu bisa dilihat bahwa kelompok OurMine “hanya” sedang menguji celah keamanan dari situs Quora.

“OurMine tidak pernah merubah kata sandi akun milik korban, OurMine melakukannya sebab ada hacker lain yang bisa melakukan apapun,” tambah OurMine seperti yang dikutip dari TheNextWeb.

Pihak OurMine juga mengatakan meretas akun milik Sundar Pichai melalui bug atau celah keamanan dari situs Quora. OurMine telah mengirimkan report ke pihak Quora terkait celah keamanan pada sistem atau platform milik Quora, meski belum memperoleh tanggapan dari Quora. Bagi user/pengguna situs Quora, OurMine menyarankan untuk sesegera mungkin merubah kata sandi masing-masing akun.

Akun sosial media milik Daniel Ek (Spotify) juga pernah menjadi incaran kelompok OurMine. Mereka tampaknya menargetkan orang-orang penting di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Belum diketahui seperti apa cara teknis untuk meretas akun-akun di atas. Mereka hanya mengklaim bahwa mereka memanfaatkan kelemahan yang ada pada sistem platform.

OurMine juga tidak ingin disebut sebagai peretas (hacker). Mereka mengatakan akan menawarkan bantuan dalam bidang keamanan situs web, karena mereka adalah perusahaan jasa keamanan.

Advertisements