Beranda » News » Kapan Kantor Anda Membutuhkan Metro Ethernet?

Kapan Kantor Anda Membutuhkan Metro Ethernet?

Teknologi.info – Metro Ethernet adalah salah satu komunikasi data pada lingkup kota ataupun wilayah. Menurut istilah, Metro Ethernet berasal dari metropolitan area ethernet, yang bisa dilihat sebagai sebuah penerapan dari teknologi Ethernet, namun bedanya adalah Metro Ethernet memiliki jangkauan yang lebih luas, seperti dapat menyambungkan kota-kota besar.

Apabila dibandingkan dengan jaringan lainnya, Metro Ethernet memiliki kelebihan yaitu lebih mudah untuk dikelola. Hal ini disebabkan Metro Ethernet WAN berdasar pada teknologi yang sudah digunakan pada jaringan lokal atau yang biasa disebut dengan LAN. Maka dari itu, hampir seluruh tenaga profesional IT di dalam perusahaan sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan mengenai teknologi yang mendasari jaringan Metro Ethernet. Bahkan tidak hanya itu, hampir seluruh tenaga profesional IT dalam perusahaan biasanya tidak akan mengalami banyak masalah teknis apabila perusahaan tersebut sudah mengadopsi Metro Ethernet.

Sebenarnya, tidak semua perusahaan membutuhkan konektivitas Metro Ethernet. Namun, banyak kasus yang menyatakan bahwa kebutuhan konektivitas perusahaan Anda akan lebih baik apabila mengadopsi Metro Ethernet.

Lantas, dalam kondisi apa perusahaan Anda membutuhkan jaringan Metro Ethernet? Sebelum mengetahui hal tersebut, mari pelajari terlebih dahulu pengertian dan manfaat dari Metro Ethernet.

ethernet

Apa itu Metro Ethernet?

Metro Ethernet adalah salah satu perkembangan dari teknologi Ethernet, perbedaan Metro Ethernet dengan teknologi Ethernet biasa adalah Metro Ethernet dapat menempuh jarak yang jauh lebih luas, bahkan sampai dengan skala perkotaan serta dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya.

Kenapa harus menggunakan Metro Ethernet?

  • Melakukan komunikasi secara point to point, yang berarti dari titik satu ke titik yang lain dan juga titik ke beberapa titik.
  • Cakupan wilayah yang sangat luas melalui Virtual LAN atau yang biasa disebut dengan VLAN berbasis teknologi Ethernet.
  • Terintegrasi untuk layanan pengiriman suara, data, gambar dan juga video di beberapa lokasi yang berbeda.
  • Koneksi terjamin hingga 99%.

ilustrasi metro ethernet

Tanda Ketika Kantor Anda Sudah Membutuhkan Jaringan Metro Ethernet

– Sudah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di dalam satu kota ataupun wilayah

Terdapat beberapa perusahaan yang memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di dalam satu kota ataupun wilayah. Contohnya, suatu bank memiliki satu kantor pusat di suatu kota, ditambah dengan beberapa kantor cabang pembantu. Selain itu, instansi pemerintahan juga biasa memiliki beberapa kantor dalam satu wilayah guna untuk mempermudah pelayanan yang akan diberikan ke masyarakat. Contoh terakhir, perguruan tinggi juga tidak jarang memiliki lebih dari satu kampus dalam satu kota yang dikarenakan oleh beberapa hal.

Agar dapat bekerja sama dan bertukar data dengan lebih optimal, maka lebih baik apabila setiap kantor cabang dalam satu kota dapat terhubung dengan saluran data berkecepatan tinggi, seperti Metro Ethernet.

– Terbiasa menggunakan aplikasi internal yang menuntut koneksi harus optimal

Banyak perusahaan yang sudah memakai bahkan mengandalkan aplikasi internal yang membutuhkan saluran data dengan performa yang terbaik. Seperti streaming video, komunikasi suara, bahkan sampai dengan transfer berkas yang berukuran besar antar kantor cabang. Hal ini dilakukan agar bisnis dan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Setelah mempelajari beberapa hal diatas, Anda dapat mengetahui kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Salah satu layanan yang menyediakan Metro Ethernet adalah Metro Ethernet Telkom. Dengan Metro Ethernet Telkom, perusahaan Anda dapat menghubungkan kantor-kantor yang tersebar di beberapa lokasi dalam satu jaringan Metro Ethernet.

Photo of author
Penulis
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.