Kemungkinan Tahun Depan Windows 10 Bisa Menjalankan Aplikasi Android

*.apk Android bisa langsung dibuka tanpa perlu emulator?

687
Buka APK Android di Windows 10

Teknologi.info – Dulu, Windows merupakan sistem operasi yang “menguasai” dunia, dengan Mac OS di peringkat kedua dan Linux yang memegang dunia jaringan dan server. Saat ini, bagaimanapun, tidak hanya Linux dan macOS yang peringkatnya naik, ada juga Android, iOS, iPadOS, dan bahkan Chrome OS juga selalu melakukan improvisasi. Alih-alih mengakui “kekalahan”, Microsoft malah merangkul beberapa platform saingan ini, dengan rumor integrasi yang lebih dalam terhadap Android, paling cepat 2021 seharusnya aplikasi Android sudah bisa langsung dijalankan di Windows 10.

Sekarang, aplikasi Android memang sudah bisa dijalankan di Windows dengan bantuan Emulator. Ada emulator seperti Bluestack yang lebih fokus pada games. Berdasarkan uraian singkat Windows Central, Microsoft mungkin menginginkan sesuatu yang bahkan lebih memudahkan pengguna agar bisa langsung meng-install aplikasi Android dari Microsoft Store langsung.

Pada beberapa poin tertentu, kemampuan ini membuat Windows 10 “mirip” dengan Chrome OS dalam hal kemampuan menjalankan aplikasi Android. Mengingat Android yang berlisensi Open Source dan keahlian Microsoft sendiri, menjalankan aplikasi Android secara langsung, bagaimanapun, seharusnya tidak terlalu sulit bagi raksasa Microsoft. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Windows jika memang nanti APK Android bisa jalan tanpa emulator.

Yang menjadi tanda tanya terbesar adalah dukungan Google Play, sesuatu yang mungkin tidak akan diizinkan oleh Google. Tanpa Google Play Store dan layanannya, Microsoft harus mengikuti Huawei atau, setidaknya, membuat store aplikasinya sendiri seperti Samsung. Namun, keduanya bukanlah langkah yang ideal.

Apapun itu, permasalahan utama Chrome OS seharusnya bisa menjadi pelajaran jika Windows 10 ingin mengintegrasikan aplikasi Android langsung. Chrome OS yang nyata-nyata buatan Google pun memiliki kendala terhadap aplikasi Android yang dijalankan di OS-nya. Semoga Windows 10 bisa lebih baik.