Kamera Keren dan Kekinian yang Bisa Kamu Jadikan Referensi dalam Membeli

346
Kamera Keren dan Kekinian
Yang Mana Kamera Idaman Anda?

Teknologi.info – Di Indonesia atau mungkin dunia, kamera DSLR (Digital SLR), Mirrorless, Pocket Camera; mulai dari merek Fujifilm, Nikon, Canon, hingga Cybershot milik Sony; dengan info harga jual seken (bekas) dari 500 ribu, 1 jutaan dan di bawah 2 juta sampai produk baru beli semua lengkap tersedia. Anda tinggal menentukan budget, mau yang terbaik atau mau yang termahal sekalipun tersedia di tempat penjualan. Bagi yang tidak berdomisili di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan lain-lain, tentu tidak perlu berkecil hati karena jaman sekarang keberadaan toko online seperti Tokopedia, Lazada, Bhinneka, Bukalapak, Shopee dsb bisa membantu Anda berburu untuk mendapatkan produk kamera, hingga aksesoris seperti lensa, aplikasi, atau digicam mini video. Asyiknya lagi, semua bisa diakses melalui HP saja berkat aplikasi yang disediakan. Selain itu, dengan adanya internet, kita bukan saja bisa menentukan mana yang murah, kita bahkan bisa membandingkan mana yang TERMURAH dari sekian banyak daftar yang disajikan. Bahkan, pada event-event tertentu, jika beruntung, Anda bahkan bisa membeli kamera dengan harga diskon sebesar 99ribu saja!

Kamera di era digital saat ini bukan lagi masuk ke kebutuhan tersier; mungkin sudah masuk ke sekunder bagi sebagian orang terutama para influencer marketing. Didukung dengan semakin canggihnya sebuah smartphone yang memiliki kamera mumpuni, keberadaan kamera “betulan” tidak serta merta bisa ditinggalkan. Apalagi yang memang berprofesi sebagai fotografer atau yang sekedar pencinta dunia jepret-menjepret.

Seiring berjalannya waktu, jenis dan tipe kamera yang hadirpun kian beragam. Para pembuat seakan berlomba-lomba dalam menerapkan terobosan baru pada kamera yang diproduksinya. Jadi, jangan heran jika hasil foto yang dihasilkan juga berkualitas. Tentu saja selain kamera, skill individu sang photographer turut mengambil peran.

Nah, jika Anda saat ini sedang mencari atau memilah-milah jenis kamera apa yang sesuai dengan kebutuhan, mungkin daftar kamera kekinian di bawah ini bisa menjadi referensi Anda dalam membeli.

7 Kamera Keren dan Populer di Tahun 2019

1. Sony CyberShot RX100 VI

Sony CyberShot RX100 VI merupakan kamera kompak, ringkas dan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Fitur unggulannya adalah Autofocus yang luar biasa cepat dan akurat. Kemampuan zoom-nya pun cukup lumayan yakni 24mm-200mm. Pengambilan gambar yang cepat bahkan ketika menggunakan mode beruntun. Kamera dari Sony ini juga merekam dalam format video yang bisa Anda lihat langsung di layar sentuh LCD.

Sony CyberShot RX100 VI

Kamera ini masuk kategori camera pocket. Kekurangan yang paling sering dikeluhkan adalah ukuran yang terbilang cukup kecil sehingga resiko selip atau terjatuh sangat besar jika tidak hati-hati. Ukuran yang compact ini juga malah bisa menjadi kelebihannya. Tergantung kehati-hatian masing-masing pengguna.

2. Panasonic Lumix FZ2000/FZ2500

Panasonic Lumix FZ2000-FZ2500

Panasonic Lumix FZ2000/FZ2500 bisa dikelompokkan ke dalam jenis kamera bridge. Dengan kontrol semi manual ataupun full manual, Lumix FZ2000/2500 ini menawarkan kualitas hasil foto yang istimewa. Bagaimana dengan kemampuan merekamnya? Video berkualitas 4K bisa dilahap kamera Lumix ini. Kamera ini sangat disarankan untuk pengguna dengan level menengah ke atas.

Khusus yang gemar bepergian, mungkin pilihan bisa jatuh ke Travel Camera Panasonic seri Lumix ZS200/TZ200.

3. Olympus OM-D E-M10 Mark III

Olympus OM-DE E-M10 Double Zoom Kit
Olympus OM-DE E-M10 dengan Double Zoom Kit

Masuk ke ranah mirrorless camera, kamera ini memiliki kestabilan gambar yang baik. Viewfinder juga lumayan. Shutter speed di angka 8.6fps serta mampu mengambil video dengan resolusi 4K. Tidak dipungkiri jika kamera ini cukup menarik peminat entry level. Anda yang belum pernah memiliki kamera mirrorless, sepertinya akan cepat akrab dengan tipe Olympus ini. Oh iya, jika Anda pencinta pabrikan Olympus namun masih dalam proses belajar, sepertinya kamera Olympus Tough TG-5 lebih cocok untuk pemula 😉

4. Nikon D3500

Ini adalah golongan entry-levelnya si Nikon untuk pasar DSLR Camera. Harganya juga cukup terjangkau untuk seorang beginner yang ingin mengasah skill fotografi-nya. Beberapa fitur memang mirip dengan saudaranya D3400, hanya saja, versi D3500 ini memiliki pembaharuan pada sensor kamera yang sekarang sudah menyentuh angka hampir 25MP (tepatnya 24.2MP). Pembaharuan juga terjadi pada ketahanan baterai yang sanggup menjepret hingga 1500.

Nikon D3500

Tersedia juga mode “Guide” agar para pemula bisa semakin mudah menggunakan kamera ini. Kekurangan yang paling terasa adalah absennya touchscreen. Ini hanya masalah selera dan kebiasaan saja. Untuk versi di atasnya, Anda bisa melirik Nikon Z6.

5. GoPro Hero 7 Black

Mendengar nama GoPro, tentu akan langsung terlintas Kamera Aksi (Action Camera). Yup, benar. GoPro Hero 7 Black ini memang terbilang mahal untuk sekelasnya. Hanya saja, fitur yang ditawarkan juga tidak membuat Hero7 Black ini menjadi overprice. Fitur yang menjadi Andalan adalah pengambilan gambar bergerak (video) dengan 60fps dan kualitas 4K. Kemampuan slow motionnya bahkan bisa 240fps pada resolusi 1080p. HyperSmooth yang menjamin kestabilan video juga turut disematkan. Dibanding versi sebelumnya Hero 6 Black, sekarang hasilnya lebih baik meski pada situasi kurang cahaya sekalipun.

GoPro Hero 7 Black

Yang lebih gila, GoPro ini bisa dibawa menyelam sampai sejauh 10 meter di bawah air. Benar-benar action camera yang bisa di Andalkan. GoPro ini disarankan untuk user dengan tingkat intermediate ke bawah.

6. Fujifilm X100F

Fujifilm X100F

Fujifilm tidak ingin ketinggalan untuk turut merebut hati para milenials. Dengan desain klasik, Anda bisa saja kepincut style X100F. Tergolong compact camera namun dengan gaya yang lebih retro. Yang paling membedakan X100F dengan generasi sebelumnya yaitu penerapan sensor XTrans 24.3MP. Overall, kamera ini disarankan untuk para expert.

7. Canon PowerShot G7X Mark II

Canon PowerShot G7X Mark II

Anda yang merasa pada level pemula hingga penggemar dunia fotografi dan menginginkan pocket camera premium, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan ke Canon PowerShot G7X Mark II. Dengan zoom 24mm–100mm dan aperture f/1.8-2.8 plus layar sentuh lengkap dengan kendali otomatis ataupun manual, jelas kamera berkekuatan 20.1MP ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Demikianlah 7 kamera keren dan kekinian. Beberapa ada yang mahal, beberapa ada yang cukup terjangkau di kelasnya. Sehingga, ingin keren dan hits, tidak perlu harus yang termahal. Sesuaikan dengan keperluan saja agar tidak membebani pos-pos biaya yang lain. Jadi, adakah kamera incaran Anda pada daftar di atas? Atau Anda memiliki kamera idaman lain? Boleh berbagi di kolom komentar di bawah ini ^_^